Sabtu, 30 Maret 2013

Tanya Jawab Tentang Manusia Kain Kafan dari Turin = Yesus Kristus?


1. Apa itu Kain Kafan Turin?



Kain Kafan Kudus, yang dalam bahasa Italia biasa disebut “La Santa Sindone” (= Kafan Kudus), adalah sehelai kain linen berukuran kurang lebih 4,36 x 1,10 meter; pada kain kafan terlihat gambar, baik bagian depan maupun bagian belakang, dari seorang laki-laki yang wafat setelah mengalami serangkaian aniaya dengan didera, dimahkotai duri, dipakukan pada salib, dan lambungnya ditikam dengan tombak. Kain ini diyakini sebagai kain yang dipergunakan Yusuf dari Arimatea untuk membungkus tubuh Yesus Kristus (Matius 27:59).


2. Bagaimana Sejarah Singkat Ditemukannya Kain Kafan?


Dalam hal ini perlu kita ingat dua peristiwa penting. Pertama: kota Yerusalem dihancurkan oleh balatentara Roma pada tahun 70 Masehi; semua penduduknya melarikan diri, termasuk Gereja awali. Kedua: peristiwa yang sama dan bahkan terlebih dahsyat terjadi pada tahun 132. Seluruh Palestina dihancurkan; sebagian besar penduduknya dibunuh sementara sebagian lainnya berhasil melarikan diri dan dilarang kembali ke kampung halaman mereka. Sepanjang kejadian ini, Kain Kafan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dan akhirnya dilarikan ke luar Palestina.

Pada abad kedua, di kota Edessa, Turki selatan, didapati suatu gambar khusus di atas kain yang diyakini sebagai Wajah Yesus.

Pada tahun 525, sewaktu diadakan renovasi Gereja Santa Sofia di Edessa, ditemukan kembali gambar “Wajah Yesus” di atas kain yang disebut Mandilion (= sapu tangan); gambar Wajah Yesus diyakini sebagai acheropita (= tidak dibuat oleh tangan manusia). Wajah Kudus Edessa dijadikan model untuk ratusan gambar Yesus pada masa itu.

Pada tanggal 16 Agustus 944, Mandilion dibawa dengan perarakan meriah ke kota Konstantinopel. Setelah Mandilion dibuka untuk perbaikan bingkainya, ternyata kain didapati lebih besar dari yang nampak. Ternyata, kain itu dilipat delapan kali (= tetradiplon), dan gambar yang terdapat pada kain bukan hanya gambar Wajah Yesus, melainkan seluruh tubuh-Nya, bagian depan dan belakang. Sejak tahun 1578, Kain Kafan disimpan di Kapel Kerajaan di Katedral Santo Yohanes Pembaptis di kota Turin (= Torino), Italia.


3. Apa yang Menarik dari Kain Kafan?

Pameran pertama Kain Kafan di Turin diadakan pada tahun 1898. Pada kesempatan itu, Secondo Pia, seorang fotografer Italia, diijinkan untuk membuat foto pertama Kain Kafan. Hasilnya amat menghebohkan; hasil foto itu seharusnya kelihatan seperti foto negatif, tetapi ternyata kelihatan sebagai foto positif, dengan demikian dapat dilihat lebih banyak hal yang sebelumnya tak terlihat oleh mata telanjang.

Setelah foto pertama itu, banyak lagi dibuat foto Kain Kafan oleh orang-orang lain juga dengan alat-alat yang semakin canggih sehingga semakin banyak detail yang dapat dilihat. Dari sana, dimulailah penelitian-penelitian seksama atas Kain Kafan oleh berbagai cabang ilmu pengetahuan hingga sekarang ini.


4. Apa saja yang Ditemukan Para Ilmuwan?

Pada Kain Kafan para ahli mendapati noda-noda darah dan serum yang tidak bisa dibuat manusia. Darah adalah darah yang membeku di atas kulit seorang yang terluka, dan yang kemudian mencair kembali (= fibrinolisis) karena bersentuhan dengan kain lembab. Darah dari golongan AB; jenis golongan darah yang paling langka. Warna darah adalah merah kendati darah telah mengering, hal mana disebabkan karena Manusia Kain Kafan mati dalam penyiksaan yang hebat.

Darah Manusia Kain Kafan sama dengan darah pada Kain Peluh yang disimpan di Oviedo (Spanyol), yakni kain berukuran kurang lebih 83 x 52 cm dengan noda-noda darah sama seperti pada Kain Kafan. Menurut tradisi, Kain Peluh Oviedo yang biasa disebut Sagrado Rostro atau Wajah Kudus ini datang ke Spanyol dalam sebuah peti melalui Afrika Utara. Darah pada Sagrado Rostro memiliki golongan darah dan profil genetik yang sama dengan yang didapati pada Kain Kafan dan sama juga dengan darah pada Mukjizat Lanciano.

Gambar pada Kain Kafan merupakan foto negatif. Gambar hanya pada permukaan kain, tridimesional dan stabil secara ilmiah. Gambar didapati stabil juga dalam air, tanpa pigmen, tanpa arah, dan tidak terjadi karena tubuh bersentuhan dengan kain. Jadi, didapati juga gambar di tempat-tempat di mana kain tidak bersentuhan dengan tubuh. Hitam-putihnya gambar tergantung dari jarak dekat-jauh antara tubuh dan kain. Para ahli menyimpulkan bahwa gambar terjadi karena suatu radiasi cahaya dari tubuh itu sendiri.


5. Ada Begitu Banyak Teori dan Hipotesa, lalu Apa yang Pasti Mengenai Kain Kafan?

Banyak ilmuwan berusaha membuat gambar yang sama seperti pada Kain kafan, bertolak dari kemungkinan bahwa Kain kafan adalah palsu atau sekedar lukisan. Dilakukan eksperimen vaporograi, kontak, atau dengan strinatura, namun tak satu eksperimen pun berhasil membuat gambar sama seperti gambar pada Kain Kafan.

Eksperimen serupa dilakukan Dr Sebastianus Rodante dengan menyemprotkan cairan kering dan darah pada wajah mayat, lalu ditutup dengan kain yang sudah dibasahi dengan cairan mur dan aloe. Gambar terjadi setelah kontak selama 36 jam. Tetapi, gas amoniak yang keluar dari mulut mayat, akibat proses pembusukan, merusakkan hasilnya. Gas amonia menyebar ke segala arah, bukan hanya ortogonal (atas bawah) seperti terjadi pada Kain kafan. Sementara pada Kain Kafan sama sekali tidak didapati adanya tanda-tanda terjadinya pembusukan.

[Image: 1f3C0.jpg]

Jadi, gambar PASTI bukan hasil alat-alat artifisial. Bukan lukisan dan bukan cetakan; sama sekali tidak didapati adanya pigmen. Bukan hasil vaporografi, yakni proses dimana campuran rempah-rempah, gaharu, serta minyak menimbulkan reaksi dengan amonia yang dikeluarkan tubuh sehingga membentuk suatu gambar pada kain. Bukan juga hasil strinatura, yakni kain ditempelkan pada patung panas, sebab gambar hasil strinatura tembus pada kain, condong hilang dan pantulan cahayanya berbeda dengan yang ada pada Kain kafan.


6. Jadi, Kain Kafan Bukan Hasil Rekayasa Seniman Abad Pertengahan?

Pada Abad Pertengahan sama sekali tidak ada pengetahuan tentang pencambukan dan penyaliban, sebab hukuman itu sudah tidak dipakai lagi sejak akhir abad pertama. Seandainya Kain Kafan adalah hasil pemalsuan dari abad pertengahan, si jenius pemalsu tentunya tidak membuat sesuatu yang bertentangan dengan ikonografi pada masa itu, yakni: mahkota duri seperti helm, memikul patibulum (= palang, dan bukan salib), paku pada pergelangan tangan, telanjang total dan tanpa kayu penahan kaki. Mestinya juga ia memperhatikan adat pemakaman orang Yahudi pada masa Kristus.

Si pemalsu haruslah memakai mikroskop untuk menambah beberapa elemen yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, seperti sari bunga, serum, rempah-rempah, aragonit; padahal mikroskop baru ditemukan pada akhir abad keenambelas. Ia juga harus mengenal alat foto, padahal alat foto baru ditemukan pada abad kesembilanbelas. Ia harus mengenal pula dua jenis aliran darah, vena dan arteri, yang baru dikenal pada tahun 1593, dan menodai Kain Kafan dengan dua jenis aliran darah tersebut tepat pada tempatnya. Lagi, seandainya si pemalsu memiliki segala teknologi yang disebutkan di atas, ia seharusnya juga memiliki kecakapan serta alat-alat yang diperlukan untuk membuat gambar seperti Kain Kafan. Dan si pemalsu itu, yang luar biasa jeniusnya, tidak meninggalkan bekas, atau catatan, atau sesuatu yang di kemudian hari dapat dideteksi menggunakan alat-alat canggih seperti sekarang ini.

Yang pasti adalah bahwa Kain Kafan telah dipergunakan untuk membungkus jenasah. Itu berarti, jika Kain Kafan itu hasil rekayasa, maka si pemalsu adalah seorang pembunuh. Dalam kasus ini, tingkat kesulitan akan lebih tinggi.

Pikirkan:
si pemalsu memakai seorang yang bentuk wajahnya sangat mirip dengan semua ikon “Wajah Kudus” yang beredar sebelumnya. Ia harus menyiksa korbannya begitu rupa demi mendapatkan luka-luka sesuai dengan ikon-ikon yang beredar. Ia harus menikam lambung korbannya dengan tombak Romawi dan membubuhkan darah dan serum. Ia harus membungkus jenasah korbannya selama kurang lebih 35 jam, tanpa membiarkannya mengalami pembusukan; hal mana sangat sulit, sebab tubuh orang yang mati karena penyiksaan akan lebih cepat membusuk. Dan akhirnya, ia harus “mengeluarkan” jenasah dari Kain Kafan tanpa mengakibatkan pergeseran dan merusak bekuan darah. Untuk ukuran saat ini saja, abad teknologi yang serba canggih, sangat sulit melakukan hal-hal seperti di atas, apalagi pada Abad Pertengahan!


7. Bagaimana Disimpulkan bahwa Kain Kafan berasal dari Palestina?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan para ahli menarik kesimpulan bahwa Kain Kafan berasal dari daerah Palestina:
  1. cara kerja pembuatannya agak kasar: benang diputar arah Z (searah jarum jam); tenunannya 3 a 1, adanya bekas-bekas katun Mesir yang sangat kuno; tidak didapati serat binatang (wol), sesuai ketetapan hukum Yahudi yang tidak memperbolehkan mencampur benang alami dengan benang wol;
  2. didapati banyak sekali jenis sari bunga yang berasal dari Timur Tengah, di antaranya aloe (= gaharu) dan mur;
  3. didapati adanya aragonit, yaitu sejenis kalsium yang banyak ditemukan di gua-gua sekitar Yerusalem;
  4. didapati adanya bekas gambar mata uang yang diedarkan oleh Ponsius Pilatus pada tahun 29 M pada mata kanan dan kiri Manusia Kain Kafan.


8. Bukti2 Apa Saja yang Menguatkan bahwa Kain Kafan Sungguh Digunakan untuk Membungkus Tubuh Yesus?

Front


  1. Crown of thorn wounds
  2. Crease in linen
  3. Burns from 1532 fire
  4. Scourge marks
  5. Repair from fire
  6. Side wound from Spear
  7. Water marks (from the fire)
  8. Blood flow on arms
  9. Nail wounds
  10. Water marks (from the fire)
  11. Nail wounds in feet


Back (dorsal)


  1. Burns
  2. Crown of thorn wounds
  3. Crease in linen
  4. Scourge marks
  5. Shoulder wound
  6. Left shoulder-blade wound
  7. Repair from fire
  8. Blood flow from side wound
  9. Nail wound

Terdapat banyak kecocokan sempurna antara kisah Injil Sengsara dengan apa yang ditemukan pada Kain Kafan:
  •  penderaan tersendiri, terlalu banyak deraan sebagai pendahuluan penyaliban
  •  mahkota duri, hal yang tak lazim
  •  memikul patibulum
  •  dipaku, bukan diikatkan, pada salib
  •  luka pada lambungnya dan keluarnya darah dan serum
  •  kakinya tidak dipatahkan
  •  jenasahnya tidak dimandikan sebelum dimakamkan
  •  jenasahnya dibungkus dengan Kain Kafan baru yang mahal, bukan dibuang dalam lubang umum sebagaimana lazimnya
  •  tubuhnya tidak lama tinggal dalam Kain Kafan

Mustahil ada orang lain yang mengalami hal-hal yang persis sama dengan yang dialami Yesus. Mari kita lihat satu-persatu dengan lebih seksama kesamaan antara sengsara Manusia Kain Kafan dan sengsara Yesus Kristus:


A. Penderaan

Pada tanggal 4 Desember 1532 terjadi kebakaran di Kapel Kastil Chambery di mana Kain Kafan disimpan. Kain Kafan selamat, tetapi terbakar di bagian pinggir lipatannya ketika reliquary perak - tempat Kain Kafan disimpan - mulai meleleh. Para suster Klaris yang diminta menambal Kain Kafan dan yang sempat mengamati gambar dengan seksama, mengatakan bahwa sekujur tubuh Manusia Kain Kafan penuh luka-luka hingga nyaris tidak ada tempat tanpa luka. Sekarang, berkat penelitian dan peralatan canggih dapat direkonstruksi bagaimana penderaan yang diderita Manusia Kain Kafan.



Manusia Kain Kafan menanggung lebih dari 120 deraan, sementara hukum Yahudi memperbolehkan hanya 40 dikurangi satu deraan. Berarti hukuman dilakukan menurut hukum Romawi yang tidak membatasi jumlah deraan.
Setiap deraan dilakukan secara sistematis, bukan sembarangan, berarti dilakukan oleh orang-orang yang profesional.

Cambuk yang digunakan dilengkapi dengan dua bulatan timah atau tulang pada ujungnya.

Manusia Kain Kafan didera dalam keadaan telanjang, kelihatan bekasnya di mana-mana di sekujur tubuh, dalam posisi terikat dan membungkuk. Ia didera sebelum memikul salib, berarti hukuman penderaan merupakan hukuman tersendiri. Barulah kemudian ia memikul palang salib (= patibulum) seperti terlihat dari luka-luka memar pada pundaknya di atas luka cambuk.


B. Mahkota Duri


The Crown of Thorns - click to view larger image

Terdapat banyak luka tusukan akibat mahkota duri pada kepala Manusia Kain Kafan. Mahkota ini bukan terdiri dari satu atau dua lingkaran, melainkan lebih merupakan suatu mahkota berbentuk helm yang menutup seluruh kepala. Mahkota duri seperti tampak pada gambar atau patung yang banyak beredar sekarang adalah hasil devosi dan gaya lukis artis Eropa abad pertengahan.

Kepala, baik `kiri maupun kanan' menderita lebih dari 50 tusukan duri. Duri-duri itu menembusi juga beberapa pembuluh darah, vena dan arteri, seperti terlihat dari jenis darah yang membasahi seluruh kepala Manusia Kain Kafan. Ada dua noda darah akibat tusukan duri yang perlu kita beri perhatian secara khusus: Pertama, darah berbentuk angka tiga yang mengalir dari dahi Manusia Kain Kafan. Darah itu adalah jenis darah vena yang memancar dari pembuluh vena di dahi; berbentuk demikian sebab terhalang oleh kerut dahi akibat menahan rasa sakit karena tusukan duri. Yang Kedua adalah darah yang mengalir di bagian kanan atas kepala Manusia Kain Kafan. Darah itu memancar dari pembuluh arteri, dan karena tekanan yang kuat, maka mengalir lebih jauh.

Permasalahannya adalah: adanya dua jenis tekanan darah pada manusia, yakni vena dan arteri, baru ditemukan pada tahun 1595 oleh Andrea Cesalpino. Seandainya Kain Kafan adalah hasil rekayasa manusia abad ke-13, bagaimana mungkin si pemalsu bisa menempatkan kedua jenis darah itu tepat pada tempatnya, padahal ia tidak mengenal tekanan darah vena dan arteri?


C. Manusia Kain Kafan Memikul Patibulum


The Cross - click to view larger image

Sebagian besar lukisan Yesus memikul salib menggambarkan salib yang lengkap, dengan tiang dan palang. Lukisan macam itu merupakan hasil devosi dan bukan berdasarkan pengetahuan ilmiah. Dari penelitian cermat atas Kain Kafan, terlihat dua luka memar pada punggung Manusia Kain Kafan; yang kiri lebih rendah dari yang kanan. Seandainya ia memikul seluruh salib, luka akan terjadi di bagian atas bahu, dan bukan pada punggung. Mengingat si terhukum harus berjalan ke tempat eksekusi, maka bisa dipastikan bahwa kedua luka memar adalah akibat gesekan punggung dengan kayu patibulum.


D. Luka-luka pada Lutut


Dalam perjalanan menuju tempat eksekusi, Kalvari, apabila pesakitan yang hendak disalibkan lebih dari satu orang, maka mereka akan diikatkan satu dengan yang lain agar tak dapat melarikan diri. Manusia Kain Kafan berjalan tertatih-tatih, sebab ia telah begitu lemah akibat penderaan, pemahkotaan duri, serta segala perlakuan kasar dan brutal yang dideritanya seperti terlihat jelas dalam Kain Kafan. Ditambah lagi, posisinya berada di urutan paling belakang dalam iring-iringan ketiga orang yang dijatuhi hukuman mati, membuat ia rentan jatuh berkali-kali dengan lutut dan wajahnya menghantam batu jalanan yang keras. Pada Kain Kafan ditemukan banyak “tanah lumpur” pada lutut, hidung dan tumit, jelas akibat benturan dengan batu jalanan.


E. Wajah Manusia Kain Kafan

[Image: egjHQ.jpg]

[Image: sWQDW.jpg]

Wajah Manusia Kain Kafan merupakan bagian tubuh yang paling dahsyat mengalami kerusakan. Tetapi wajah itu tetap memancarkan cahaya keagungan; sedih namun tetap tenang. Bukan seperti wajah orang yang telah mengalami sekian banyak penyiksaan.

Pada wajah Manusia Kain Kafan nampak sangat jelas akibat dari bermacam-macam siksaan, di antaranya:
  •  dipukul dengan tongkat kayu; lihat pipi kanan dan hidung
  •  mata kiri tertutup darah; darah juga terdapat pada mata kanan
  •  memar pada tulang pipi
  •  darah memancar dari hidung
  •  memar pada kelopak mata kiri dan kanan
  •  darah memancar dari bawah bibir atas

Setelah mengetahui apa yang terjadi pada wajah Manusia Kain Kafan, kita jadi lebih mudah memahami mengapa tradisi devosi Kristiani menempatkan seorang perempuan di jalan salib, Veronica, yang mengusap Wajah Kudus Yesus! Perhentian Jalan Salib ke-VI mencoba mengungkapkan justru devosi, hormat dan cinta terhadap Wajah Kudus itu.


F. Luka pada Tangan dan Kaki

Manusia Kain Kafan memperlihatkan tangan yang bersilang, tangan kiri di atas tangan kanan, sehingga kita bisa melihat luka paku hanya pada tangan kiri. Dari luka ini para ahli berkesimpulan bahwa paku menembusi pergelangan tangan di tempat yang disebut Destot. Dari luka pada pergelangan tangan ini terpancar tiga aliran darah: dua aliran langsung ke pinggir dan jatuh ke tanah, sementara satu aliran sampai ke siku.


Destots Point - click to view larger image


Arah aliran darah yang berbeda ini bisa dijelaskan sebagai berikut: Manusia Kain Kafan dipaku tangannya dalam posisi berbaring di tanah pada patibulum, kemudian diangkat ke atas stipes (= tiang) sehingga posisi tangan berubah dari horisontal menjadi vertikal. Tangan kanan terlihat lebih tersiksa dari tangan kiri. Punggung tangan kelihatan rusak akibat gesekan dengan kayu. Pada tangannya tidak terlihat ibujari sebab ibujari tertekuk ke dalam akibat tarikan paku di pergelangan tangan.

X-Ray image - click to view larger image

Nailing the feet - click to view larger image

Kaki kiri Manusia Kain Kafan tampak lebih pendek dari kaki kanan. Hal ini disebabkan kaki kiri ditempatkan di atas kaki kanan dalam penyaliban. Karena Manusia Kain Kafan menjadi kaku setelah kematiannya, maka kaki kiri tetap kelihatan lebih pendek.


G. Sakrat Maut dan Wafat di Salib

Crucifiction - click to view larger image

Crucifiction - click to view larger image

Biasanya orang yang disalibkan mati setelah mengalami sakrat maut yang panjang. Bapa Gereja Origenes mengatakan bahwa orang yang disalibkan bertahan “satu malam dan hari berikutnya.” Tetapi Yesus bertahan cuma beberapa jam saja. Apakah yang mengakibatkan-Nya wafat begitu cepat?

Beberapa hipotesa:
  1. Asfissia: Manusia Kain Kafan tak dapat bernafas dalam posisi tergantung di atas salib seperti itu sehingga mengalami kejang otot dan akhirnya mati.
  2. Kolaps ortostatik: yaitu tensi tiba-tiba turun, mengakibatkan kondisi tak sadar hingga koma dan mati.
  3. Emotoraks: karena benturan keras pada dada (akibat jatuh) maka terjadi pendarahan pada paru-paru. Darah yang keluar dari luka-luka dalam itu terkumpul dalam pleura (kantung pembungkus paru-paru). Akibat terlalu banyak darah yang terkumpul di sana, Manusia Kafan tak dapat bernafas dan akhirnya mati.
  4. Jantung pecah: sekarang sebagian besar para ahli yang mempelajari fenomena kematian Manusia Kain Kafan, dengan mempertimbangkan sebab-sebab intern dan ekstern Manusia Kain Kafan selama sengsara, berkesimpulan bahwa kematian terjadi akibat jantung pecah diikuti pendarahan cukup besar pada emoperikardium, yaitu kantong elastis yang membungkus jantung.

Mereka mengajukan bukti-bukti sebagai berikut:
  1. Seruan nyaring yang keluar dari tenggorokannya sebelum wafat, “Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya” (Markus 15:37)
  2. Kematian-Nya yang cepat mengherankan Pilatus: “Pilatus heran waktu mendengar bahwa Yesus sudah mati. Maka ia memanggil kepala pasukan dan bertanya kepadanya apakah Yesus sudah mati” (Markus 15:44)
  3. Noda darah dan air dari luka lambung.
  4. “segera mengalir keluar darah dan air” (Yohanes 19:34); banyaknya darah dan air yang menyembur dari luka merupakan suatu hal yang aneh bagi orang yang sudah mati dan sudah kehilangan banyak darah.
  5. “Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri” (Yohanes 10:17-18). Alasan yang paling cocok dengan Injil dan seluruh rencana Allah adalah bahwa Yesus wafat karena Ia Sendiri menyerahkan nyawa-Nya demi kasih-Nya. Sebab Ia datang untuk menyerahkan Diri-Nya karena cinta-Nya kepada manusia.

Penjelasan Lanjut mengenai teori ini:
Orang yang mati karena jantung pecah diikuti emoperikardium akan berseru kesakitan sebelum mati; perikardiumnya dipenuhi darah hingga lebih dari satu liter. Jika orang yang mati demikian dibiarkan selama satu setengah atau dua jam dalam posisi vertikal, maka darah dalam perikardium akan terpisah menjadi dua bagian: yang merah di bagian bawah dan yang putih / kuning di bagian atas. Jika perikardium ditusuk, maka akan segera menyembur keluarlah isinya: darah dan air, yang dilihat oleh Yohanes.   


H. Luka pada Lambung


Pada lambung kanan kita melihat sebuah luka terbuka; luka itu ternganga, artinya luka terjadi setelah orangnya mati. Luka itu panjangnya 4,5 cm, lebarnya 1,5 cm, dan dalamnya diperkirakan 5 atau 6 cm. Luka terjadi karena tombak, yang membuat luka itu masuk dari bawah ke atas dan menembusi perikardium sehingga “darah dan air” tersembur keluar. Semua yang dialami Manusia Kain Kafan, seperti tergambar pada Kain Kafan, kelihatan cocok sempurna dengan apa yang dialami Yesus seperti dicatat dalam Injil.


9. Adakah Penemuan-penemuan Terbaru?


Dr John Jackson dan Eric Jumper menemukan bahwa gambar Kain Kafan merupakan foto tiga dimensi. Di samping itu, mereka menegaskan beberapa hal berikut:
  • gambar terjadi karena “bulu” Kain Kafan berubah warna. Di mana gambar lebih hitam, di situ didapati lebih banyak bulu berubah warna. Perubahan warna terjadi karena bulu mengalami dehidrasi (= kehilangan air)
  • gambar adalah proyeksi vertikal pada meja horizontal
  • tidak ada gambar kiri-kanan, sedangkan ada noda darah samping
  • di bawah noda darah tidak didapati gambar. Artinya: darah melekat terlebih dahulu, sehingga menghalangi gambar terjadi di bawahnya.


10. Apa yang Masih Belum Diketahui Mengenai Kain Kafan?

Pada Kain Kafan tidak didapati adanya tanda-tanda pembusukan, berarti Manusia Kain Kafan hanya tinggal dalam Kain Kafan sekitar 30-36 jam. Tidak didapati tanda-tanda adanya pergeseran tubuh dalam Kain Kafan; tubuh seperti lenyap begitu saja dari Kain Kafan. Gambar terjadi karena suatu pancaran cahaya. Sebagian orang mengaitkan pancaran cahaya ini dengan peristiwa kebangkitan. Yang belum diketahui adalah mekanisme fisik-kimia yang menyebabkan terjadinya gambar, yakni pancaran sinar yang tidak menembus kain, yang semakin berkurang apabila semakin jauh dari sumber.


BEBERAPA CATATAN KHUSUS:


  1. Manusia Kain Kafan dimakamkan secara layak dan pantas, sesuatu yang tak lazim bagi seorang yang dihukum mati disalib.
  2. Manusia Kain Kafan tidak dimandikan.
  3. Hanya orang kaya atau terpandang saja yang dapat menghadap penguasa meminta jenasah orang yang dihukum mati. Itulah Yosef dari Arimatea yang berani menghadap Pilatus, meminta jenasah Yesus, dan memakamkan-Nya secara pantas.
  4. Manusia Kain Kafan tinggal hanya beberapa jam saja dalam makam, antara duapuluh sampai tigapuluh jam. Lebih lama dari tenggang waktu itu, pastilah jenasahnya sudah mulai mengalami proses pembusukan, sementara tidak didapati tanda-tanda pembusukan pada Kain Kafan.
  5. Jenasah terpisah dari Kain Kafan secara istimewa atau luar biasa, sebab Kain Kafan pastilah melekat pada seluruh tubuh orang yang dibungkusnya, namun demikian tidak didapati adanya tanda-tanda jenasah dikeluarkan atau digeser pada Kain Kafan.
  6. Kain Kafan disimpan orang kendati berlumuran darah. Hal ini secara historis tak dapat dimengerti, sebab bagi orang Yahudi, menyentuh makam atau benda-benda dalam makam menajiskan orang. Di samping itu, mengambil barang dari makam, selain menajiskan, juga diancam hukuman mati. Pastilah ada suatu alasan yang sungguh luar biasa, sehingga orang menyimpan Kain Kafan.


KESIMPULAN


Secondo Pia, fotografer yang pertama kali memotret Kain Kafan, membangkitkan amat banyak reaksi, terutama di kalangan para ilmuwan. Para ahli ini telah mendekati Kain Kafan terdorong keinginan untuk menyingkapkan misterinya. Dan justru pada abad teknologi ini, tersedianya peralatan-peralatan paling canggih memungkinkan manusia datang mempelajari misteri Kain Kafan dengan terlebih cermat dan seksama. Yesus menyapa setiap orang melalui “foto negatif Diri-Nya” yang ditinggalkan-Nya sebagai tanda kasih bagi kita, dengan berkata “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah” (Yohanes 20:27).

Puluhan sektor ilmu pengetahuan telah mempelajari Kain Kafan. Anehnya, semakin dipelajari dan diselidiki oleh semakin banyak orang dengan berbagai ragam bentuk metode yang dilakukan justru dalam upaya untuk menyangkalnya, semakin terbuktilah kesesuaiannya dengan apa yang dicatat dalam Kitab Suci. Bapa Suci Paus Paulus VI mengatakan bahwa Kain Kafan merupakan “satu ikon Sengsara Yesus.” Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa Kain Kafan merupakan Injil Kelima, sebab di sana “tertulis” dalam gambar-gambar yang sangat hidup seluruh pengalaman sengsara Yesus.

[Image: fZ7JW.jpg]

Orang-orang pertama yang menyangkal keaslian Kain Kafan adalah justru orang-orang Katolik. Tetapi, telah bangkit menentang mereka, banyak ilmuwan dari berbagai aliran kepercayaan dan ilmu pengetahuan. Lihat saja Ives Delage (agnostik); Max Frei (protestan); Adler (Yahudi); Pellicori (agnostik); Vernon Miller (mormon). Mereka ini semua yang telah mendekati Kain Kafan lebih sebagai peninggalan sejarah daripada reliqui, dan mempelajarinya dengan berbagai metode dan teknik yang berbeda, telah menyatakan bahwa Kain Kafan adalah asli. Pada tahap ini, kekaguman para ilmuwan haruslah diganti dengan kekaguman iman. Tidaklah cukup membuat daftar tanda-tanda sengsara seperti yang tergambar pada Kain Kafan; tidaklah cukup mengatakan bahwa gambar itu adalah gambar Yesus dari Nazaret. Tetapi, lebih jauh, semuanya itu hendaknyalah menghantar kita pada iman yang lebih mendalam kepada Dia, Yesus Kristus yang kita imani, yaitu Dia yang telah menderita sengsara, wafat dan bangkit demi menebus umat manusia.

sumber : “Seminar Kain Kafan” oleh Pastor Gabriele Antonelli, CP.Lic.Thel.
Edit dan tambahan: YESAYA: www.indocell.net/yesaya

Jumat, 29 Maret 2013

Autosi Kain Kafan Turin.



Ilmuwan banyak telah menggunakan pengetahuan tentang kedokteran forensik untuk menentukan karakteristik dan menyebabkan kematian orang dari Kain Kafan. Di sini, kita menunjukkan beberapa data yang diterbitkan dalam "The Otentikasi dari Kain Kafan Turin:... Sebuah Isu di Epistemologi Arkeologi oleh William Meacham Lancar Antropology-Vol 24 - N ° 3 - (Juni 1983) Diterbitkan oleh University of Chicago Press "Meskipun tidak ada kesepakatan umum di kalangan para ulama tentang semua rincian yang disajikan dalam artikel ini,. kami pikir itu adalah panduan yang baik untuk mendekati masalah. 


Otopsi:
Resolusi gambar 2286 × 613, klik untuk memperbesar.


"Tubuh Manusia dalam kain kafan adalah seorang laki-laki dewasa, telanjang, dengan jenggot, kumis, dan rambut panjang jatuh ke bahu dengan rambut ditarik di belakang. Tinggi diperkirakan antara 5 ft 9 in dan 5 ft 11 inci (175-180 cm), berat badan pada 165-180 pon (75-81 kg), dan usia 30 sampai 45 tahun. Tubuh adalah baik proporsional dan berotot, tanpa cacat. 


Kematian telah terjadi beberapa jam sebelum pemakaman mayat, yang diletakkan di atas setengah dari Kain Kafan, setengah lainnya kemudian ditarik atas kepala untuk menutupi tubuh. Hal ini jelas bahwa kain itu dalam kontak dengan tubuh setidaknya selama beberapa jam, tetapi tidak lebih dari dua sampai tiga hari, dengan asumsi dekomposisi yang maju pada tingkat normal Kedua gambar frontal dan dorsal telah. tanda-tanda tetes kecil dari cairan serosa postmortem memancarkan dari pori-pori Ada, bagaimanapun, tidak ada bukti dekomposisi awal tubuh, tidak ada masalah cairan dari lubang, dan tidak ada penurunan rigor mortis menyebabkan mendatarkan jejak kembali dan kabur atau ganda..

R igor mortis terlihat dalam kekakuan ekstremitas, pencabutan ibu jari (dibahas di bawah), dan distensi kaki. Ini telah membekukan sikap kematian sementara tergantung oleh lengan, tulang rusuk tidak normal diperluas, otot-otot dada yang besar dalam sikap inspirasi ekstrim (diperbesar dan ditarik ke arah tulang selangka dan lengan), perut bagian bawah yang buncit, dan lubang epigastrium digambarkan dalam tajam. Penonjolan dari paha depan dan otot pinggul femoralis konsisten dengan kematian perlahan-lahan dengan cara digantung, di mana korban harus menaikkan tubuhnya oleh tenaga dari kaki untuk menghembuskan napas.

Posisi tubuh sesuai dengan Isabel Piczek

T ia bukti kematian dalam posisi suspensi oleh lengan ditambah dengan luka karakteristik dan aliran darah menunjukkan bahwa individu telah disalibkan. The rigor mortis posisi lengan terentang akan harus dipatahkan untuk menyeberangi tangan di panggul untuk dimakamkan, dan kemungkinan hasil terlihat dalam dislokasi kecil dari siku kanan dan bahu. Para kaki mengindikasikan sesuatu posisi asli mereka di kayu salib, kiri ditempatkan pada punggung kaki kanan dengan paku pun impaling keduanya. Rupanya ada beberapa fleksi lutut kiri untuk mencapai posisi ini, meninggalkan kaki kiri agak lebih tinggi dari kanan. Dua teori, masing-masing didukung oleh pengamatan eksperimental atau perang, bersaing dalam hal menyebabkan kematian: asphyxiation karena spasme otot, kekakuan progresif, dan ketidakmampuan untuk menghembuskan napas (Barbet, Hynek, Bucklin) atau kegagalan sirkulasi dari menurunkan tekanan darah dan penyatuan darah di ekstremitas bawah (Moedder, Willis).

O f bunga terbesar dan pentingnya adalah luka. Seperti dengan anatomi umum gambar, luka-luka, darah mengalir, dan noda sendiri tampaknya patolog forensik sempurna dan unfakeable. "Setiap luka yang berbeda bertindak secara karakteristik Setiap berdarah dengan cara yang berhubungan dengan sifat cedera.. Darah mengikuti gravitasi dalam setiap contoh" (Bucklin 1961:5). Noda darah yang sempurna, gambar berbatasan bekuan darah, dengan konsentrasi sel darah merah di sekitar tepi bekuan dan area kecil di dalam serum.

Sebuah putaran kulit kepala atas dan memanjang sampai vertex nya adalah aliran darah setidaknya 30 dari tusukan paku. Luka-luka menunjukkan realisme sama dengan tangan dan kaki: pendarahan sangat karakteristik luka kulit kepala dengan pencabutan pembuluh robek, darah memenuhi penghalang karena arus dan kolam renang di dahi dan rambut, dan ada tampaknya pembengkakan sekitar titik dari laserasi. Gumpalan beberapa memiliki karakteristik khas dari salah satu vena atau darah arteri, seperti yang terlihat dalam kepadatan, keseragaman, atau modalitas koagulasi (Rodante).

Kaki dan kaki kanan

Posterior bagian dari kepala dan depan

T ia tubuh dibumbui dengan tanda dari deraan parah diperkirakan antara 60 dan 120 cambukan dari cambuk dengan dua atau tiga kancing pada akhir thong. Memar masing-masing sekitar 3,7 cm, dan ini ditemukan di kedua sisi tubuh dari bahu ke betis, dengan hanya lengan terhindar.

Detail tanda di belakang. Luka-luka memiliki ukuran yang tepat dan bentuk dari mereka yang akan diproduksi oleh taxillatum flagrum, cambuk Romawi tidak digunakan pada Abad Pertengahan.

S uperimposed pada tanda dari hukuman cambuk di bahu kanan dan daerah scapular kiri adalah dua daerah excoriated luas, umumnya dianggap telah dihasilkan dari gesekan atau tekanan dari permukaan datar, seperti dari membawa mistar gawang atau menggeliat di kayu salib.

Luka-luka dari penyaliban itu sendiri terlihat dalam aliran darah dari pergelangan tangan dan kaki. Salah satu fitur yang paling menarik dari Kain Kafan adalah bahwa luka kuku berada di pergelangan tangan, bukan di telapak seperti yang digambarkan dalam seni tradisional. Bereksperimen dengan mayat dan tangan diamputasi, Barbet menunjukkan bahwa memaku pada titik yang ditunjukkan pada gambar Kain Kafan, ruang yang disebut Destot antara tulang-tulang pergelangan tangan, membiarkan berat badan harus didukung, mana-sebagai telapak tangan akan merobek dari paku di bawah sebagian kecil dari berat badan. Sava menyatakan bahwa tulang pergelangan tangan dan tendon akan rusak parah akibat dipaku dan bahwa sosok Kain Kafan dipaku sampai akhir pergelangan lengan bawah, namun sepakat pendapat yang paling medis di positing yang memaku pada pergelangan tangan. Barbet juga mengamati bahwa saraf median selalu terluka oleh kuku, menyebabkan ibu jari untuk menarik kembali ke telapak tangan. Jempol tidak terlihat pada Kain Kafan, posisi mereka di telapak tangan mungkin ditahan oleh rigor mortis. (T di sini banyak pendapat tentang masalah ini, tentu kita melihat luka keluar dari kuku sekitar daerah pergelangan tangan tapi kita tidak tahu di mana luka entri terletak)

Rincian luka di tangan kiri dan darah di lengan

T dia aliran darah dari pergelangan jalur menuruni lengan di dua sudut, kira-kira 55 ° dan 65 ° dari poros lengan, sehingga memungkinkan posisi penyaliban lengan yang akan direkonstruksi. Hal ini umumnya sepakat bahwa aliran terpisah dari pergelangan tangan kiri dan sungai terganggu sepanjang lengan adalah karena posisi yang sedikit berbeda diasumsikan oleh tubuh di kayu salib. Ini gerak jungkat-jungkit diartikan sebagai diperlukan hanya untuk bernapas atau sebagai upaya untuk meringankan rasa sakit di pergelangan tangan (nervus medianus juga sensorik dan rasa sakit dari cedera itu menyiksa). Sebuah darah postmortem aliran dengan pemisahan serum terlihat di sekitar pergelangan tangan kiri dan lebih deras di kaki, mungkin dari penghapusan kuku (Ada akuntansi penjelasan yang lebih sederhana untuk aliran darah ini:. Aliran oleh gravitasi darah postmortem sekali tubuh dibaringkan ke bawah dan tangan disilangkan di atas panggul).


B etween tulang rusuk kelima dan keenam di sisi kanan adalah tusuk oval sekitar 4,4 cm X 1,1. Darah telah mengalir turun dari luka ini dan juga ke punggung bawah, menunjukkan arus keluar kedua ketika tubuh dipindahkan ke posisi horizontal. Semua pihak berwenang setuju bahwa luka ini ditimbulkan setelah kematian, menilai dari sejumlah kecil darah yang dikeluarkan, pemisahan bekuan dan serum, kurangnya pembengkakan, dan warna yang lebih dalam dan konsistensi lebih kental dari darah. Noda cairan tubuh yang bercampur dengan darah, dan sejumlah teori telah ditawarkan sebagai ke asalnya: cairan perikardial (Judica, Barbet), cairan dari kantung pleura (Moedder), atau cairan serosa dari darah menetap di rongga pleura ( Saval, Bucklin).
Side luka (anehnya dengan dimensi yang sama dari lanset Romawi) dan dorsal bagian tubuh mana aliran kedua dihasilkan sebagai tubuh dipindahkan ke posisi horizontal dapat dilihat.

[Image: fZ7JW.jpg]

[Image: egjHQ.jpg]

[Image: sWQDW.jpg]

Sebuah LSO dilihat sejumlah luka di wajah, terdaftar oleh Willis sebagai pembengkakan kedua alis, kelopak mata kanan robek, pembengkakan besar di bawah mata kanan, hidung bengkak, memar di pipi kanan, bengkak di pipi kiri dan sisi kiri dagu.

Beberapa rincian dapat dilihat pada wajah.

S meyakinkan o adalah realisme luka-luka dan hubungan mereka dengan rekening Alkitab yang Delage, agnostik, menyatakan mereka "seikat memaksakan probabilitas" dan menyimpulkan bahwa sosok Kain Kafan memang Kristus. Asistennya, Vignon (1937), menyatakan identifikasi Kain Kafan untuk menjadi "seyakin foto atau set sidik jari."

Dengan mempertimbangkan semua data dan bahkan mempertimbangkan bahwa berbeda pendapat ada di antara ulama tentang rincian tertentu, tidaklah sulit untuk menarik kesimpulan sebagai berikut: Kain Kafan dari Turin dibungkus pria sejati yang disiksa dan menderita kematian dengan cara disalib.

Tidak ada penjelasan lain.

O f pendapat yang sama adalah Pierre Barbet (dokter bedah di Rumah Sakit Paris), Giovanni Judica Cordiglia (Profesor Hukum Kedokteran di University of Milan), Robert Bucklin (Patolog, Los Angeles Hospital, California), Rudolf W. Hynek (Kedokteran Academy Praha) dan Pier Luigi Baima Bollone (Profesor Hukum Kedokteran di University of Turin).

N o artis bisa direproduksi semua rincian pada Abad Pertengahan, ketika itu tidak diketahui, misalnya, adanya dua jenis darah, akumulasi bilirubin dalam tubuh disiksa atau rincian tentang sirkulasi darah.


Di sisi lain, tampaknya tidak mungkin bahwa seseorang bisa diproduksi dalam waktu itu gambar yang sangat populer dari Yesus dan telanjang dengan luka di pergelangan tangan, bukan di tangan sebagai citra dari Kristus yang disalibkan telah digambarkan secara tradisional.

Sumber : diterjemahkan dari : http://www.theholyshroud.net/Body.htm

Kisah Penyerbuan Yesus ke Neraka Sesaat Setelah Wafat di Salib.



Artikel berikut adalah kelanjutan dari kisah sengsara Yesus dalam Injil Nekodemus atau biasa disebut "Tindakan Pilatus". Kisah ini tidak akan anda temui di ke-4 injil Sinoptik. Artikel berikut saya ambil dari : http://www.gnosis.org/library/gosnic.htm dan saya terjemahkan secara kasar lewat "Google Translate", bagi anda yang bisa memperbaikinya bantuanya saya tunggu.


TINDAKAN PILATUS  BAGIAN II. Keturunan KE NERAKA

Ini tulisan, atau inti dari itu, kisah Descent ke neraka tidak awalnya bagian dari Kisah Pilatus. Hal ini-terlepas dari pengaturan-kemungkinan dokumen yang lebih tua. Ketika pertama kali melekat Kisah Pilatus tidak pasti. Obyek ini catatan pendahuluan adalah untuk mengatakan bahwa kita memiliki teks dalam tiga bentuk, [Namun, hanya teks Latin akan diberikan. Untuk daftar lengkap dari semua tiga teks melihat MR James apokrif Perjanjian Baru].

[Part. I, topi. xvi, berakhir dengan kata-kata dari para penguasa rumah ibadat, & c. Semua bangsa akan melayani-Nya, dan raja-raja akan datang dari jauh dan menyembah pembesar dirinya. Bagian II, topi. i, berjalan dari ini.

Saya (XVII)

1 Yusuf bangkit dan berkata kepada Hanas dan Kayafas: "Sesungguhnya dan hak apakah kamu mengagumi karena kamu telah mendengar bahwa Yesus telah terlihat hidup setelah kematian, dan bahwa ia telah naik ke surga. Namun demikian itu adalah lebih mengagumkan bahwa ia tidak sendirian bangkit dari antara orang mati, tetapi membangkitkan keluar hidup-hidup mati banyak lainnya kuburan mereka, dan mereka telah terlihat banyak di Yerusalem. Dan sekarang dengarkanlah aku, karena kita semua tahu Simeon diberkati, imam besar yang menerima anak Yesus di tangannya di kuil. Dan Simeon ini memiliki dua putra, saudara dalam darah dan kita semua berada di jatuh tertidur dan mereka menghadiri pemakaman mereka. Karena itu pergilah, memandang kuburan mereka, karena mereka terbuka, karena mereka telah meningkat, dan lihatlah mereka berada di kota tempat tinggal Arimatea bersama-sama dalam doa. Dan memang pria mendengar mereka berteriak, namun mereka berbicara dengan seorang pun, tetapi diam seperti orang mati. Tapi datang, marilah kita pergi kepada mereka dan dengan semua kehormatan dan kelembutan membawa mereka kepada kami, dan jika kita minta mereka, barangkali mereka akan memberitahu kita tentang misteri naik mereka lagi."

2 Ketika mereka mendengar hal-hal ini, mereka semua bersukacita. Dan Hanas dan Kayafas, Nikodemus dan Yusuf dan Gamaliel pergi dan menemukan mereka tidak dalam kuburan mereka, tetapi mereka pergi kepada kota Arimatea, dan menemukan mereka di sana, berlutut di lutut mereka dan memberi diri mereka kepada doa. Dan mereka mencium mereka, dan dengan hormat semua dan di dalam takut akan Allah mereka membawa mereka ke Yerusalem ke rumah ibadat. Dan mereka menutup pintu dan mengambil hukum Tuhan dan memasukkannya ke dalam tangan mereka, dan mereka adjured oleh Adonai Allah dan Allah Israel yang berbicara kepada nenek moyang kami oleh para nabi, dengan mengatakan: "Berimanlah kamu bahwa itu adalah Yesus yang dibangkitkan Anda dari kematian? Beritahu kami bagaimana kamu telah muncul dari antara orang mati."

3 Dan ketika Karinus dan Leucius mendengar adjuration ini, mereka gemetar dalam tubuh mereka dan mengerang, yang bermasalah dalam hati. Dan melihat bersama-sama sampai ke langit mereka membuat segel (tanda) salib dengan jari-jari mereka pada lidah mereka, dan segera mereka berfirman keduanya, berkata: Beri kami masing-masing volume kertas, dan mari kita menulis apa yang kita lihat dan dengar. Dan mereka memberi mereka kepada mereka, dan masing-masing dari mereka duduk dan menulis, mengatakan:

II (XVIII)

1 O Jesu Christ Tuhan, kehidupan dan kebangkitan orang mati (kebangkitan al. orang mati dan kehidupan hidup), menderita kita untuk berbicara tentang misteri keagungan-Mu yang telah Engkau lakukan setelah kematian-Mu di kayu salib, sebab seperti yang kita telah adjured oleh Nama-Mu. Untuk Engkau perintah kami hamba-Mu untuk memberitahu seorang pun rahasia keagungan ilahi-Mu yang Engkau wroughtest di neraka.

Sekarang ketika kami siap bersama dengan nenek moyang kita semua di dalam, dalam ketidakjelasan kegelapan, tiba-tiba ada pada datang panas keemasan matahari dan cahaya ungu dan kerajaan bersinar atas kita. Dan segera ayah dari seluruh ras manusia, bersama-sama dengan semua bapa dan para nabi, bersukacita, mengatakan: Lampu ini adalah awal (penulis) cahaya abadi yang telah berjanji untuk mengirim kepada kami co-kekal cahayanya. Dan Yesaya berseru: Ini adalah cahaya dari Bapa, bahkan Anak Allah, menurut seperti yang aku bernubuat ketika saya hidup di bumi: Tanah Zabulon dan tanah Nephthalim seberang sungai Yordan, Galilea dari bangsa-bangsa lain, orang-orang yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, dan mereka yang diam di tanah yang dinaungi oleh kematian, setelah mereka melakukan cahaya bersinar. Dan sekarang Maha itu datang dan bersinar atas kita yang duduk dalam kematian.

2 Dan seperti yang kita semua bersukacita dalam cahaya yang bersinar kepada kita, datanglah kepada kami Simeon ayah kami, dan ia bersukacita berkata kepada kita: Glorify kamu Tuhan Yesus Kristus, Anak Allah, karena saya menerima dia di tangan saya dalam Candi ketika dia lahir seorang anak, dan dipindahkan dari Roh Kudus saya membuat pengakuan dan berkata kepadanya: Sekarang memiliki mataku melihat keselamatan-Mu yang telah Engkau disiapkan hadapan semua orang, cahaya untuk meringankan bangsa-bangsa, dan untuk menjadi kemuliaan umat-Mu Israel. Dan ketika mereka mendengar hal ini, orang banyak seluruh orang kudus bersukacita namun lebih.

Halaman 125

3 Dan setelah itu datanglah salah satu seperti itu adalah penghuni di padang gurun, dan ia bertanya oleh semua: Siapakah engkau? Dan ia menjawab mereka dan berkata: Akulah John, suara dan nabi yang paling tinggi, yang datang di hadapan kedatangan beliau untuk menyiapkan jalan-Nya, untuk memberikan pengetahuan keselamatan kepada umat-Nya, untuk pengampunan dosa-dosa mereka. Dan ketika aku melihatnya datang kepadaku, dipindahkan dari Roh Kudus, aku berkata: Lihatlah Anak Domba Allah, tiba-tiba dia yang menghapus dosa dunia. Dan saya membaptis dia di Sungai Yordan, dan melihat Roh Kudus turun kepadanya dalam rupa burung merpati, dan mendengar suara dari sorga berkata: Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan. Dan sekarang saya telah datang sebelum wajahnya, dan turun untuk menyatakan kepadamu bahwa dia sudah dekat untuk mengunjungi kami, bahkan musim semi hari, Anak Allah, yang datang dari atas kepada kita yang duduk dalam kegelapan dan bayangan kematian.

III (XIX)

1 Dan ketika ayah Adam yang pertama kali diciptakan mendengar ini, bahkan bahwa Yesus dibaptis di Yordania, ia berseru kepada Seth anaknya, dengan mengatakan: Menyatakan kepada anak-anakmu para bapa dan para nabi semua yang engkau Engkau telah membeli mendengar dari malaikat Michael, saat Aku mengutus engkau kepada gerbang surga yang mightest engkau memohon Tuhan untuk mengutus engkau malaikat-Nya untuk memberikan kepadamu minyak dari pohon rahmat untuk mengurapi tubuh saya ketika saya sakit. Kemudian Seth mendekat kepada bapa suci dan nabi, dan berkata: Ketika saya, Seth, sedang berdoa di gerbang surga, lihatlah Michael malaikat Tuhan menampakkan diri kepadaku, mengatakan: Saya dikirim kepadamu dari Tuhan: itu adalah saya yang sedang terbenam di atas tubuh manusia. Dan Aku berkata kepadamu, Seth, tidak menyusahkan dirimu sendiri dengan air mata, berdoa dan memohon untuk minyak pohon belas kasihan, supaya engkau mengurapi ayahmu Adam untuk nyeri tubuh-Nya, karena engkau tidak dapat menerimanya menyimpan pada hari-hari dan waktu terakhir, simpan ketika lima ribu lima ratus (al. 5952) tahun yang dicapai: kemudian akan Anak yang paling dicintai Allah datang ke atas bumi untuk membangkitkan tubuh Adam dan tubuh orang mati, dan Ia akan datang dan dibaptis di Yordania. Dan ketika ia telah berangkat keluar dari air sungai Yordan, maka ia akan mengurapi dengan minyak rahmat semua yang percaya kepada-Nya, dan bahwa minyak belas kasihan menjadi orang asing bagi semua generasi dari mereka yang akan dilahirkan dari air dan Roh Kudus , kepada hidup yang kekal. Kemudian akan Anak yang paling dicintai Allah, bahkan Yesus Kristus, datang ke bumi dan akan membawa kita ke surga ayah Adam kepada pohon belas kasihan.

Dan ketika mereka mendengar semua hal dari Seth, semua bapa dan nabi bersukacita dengan sukacita yang besar.


IV (XX)

1 Dan sementara semua orang kudus bersukacita, lihatlah Setan pangeran dan kepala kematian berkata kepada Hell: Membuat dirimu siap untuk menerima Yesus yang boasteth dirinya bahwa ia adalah Anak Allah, sedangkan ia adalah orang yang takut akan kematian, dan sayeth: jiwaku berduka bahkan sampai mati. Dan Ia telah musuhku sudah banyak, melakukan saya sakit besar, dan banyak yang saya telah membuat buta, lumpuh, bisu, lepra, dan memiliki Ia telah sembuh dengan kata: dan beberapa yang saya telah membawa kepadamu mati, mereka dahulu sudah diambil jauh dari padamu.

2 Neraka menjawab dan berkata kepada Iblis pangeran: Siapakah yang begitu perkasa, jika dia menjadi orang yang takut akan kematian? untuk semua yang perkasa di bumi yang diadakan di tunduk dengan kekuatan saya, bahkan mereka yang Engkau telah membawa saya ditundukkan oleh kekuatan-Mu. Jika, maka, engkau perkasa, apa macam manusia ini Yesus yang, meskipun ia takut mati, resisteth kuasa-Mu? Jika dia begitu perkasa di kejantanannya, sesungguhnya Aku berfirman kepadamu dia Mahakuasa pada tuhan kepala-nya, dan tidak ada seorangpun yang dapat menahan kekuasaannya. Dan ketika ia berkata bahwa ia takut akan kematian, ia akan menjerat engkau, dan celakalah menimpa Engkau selama berabad-abad yang kekal. Tapi Setan pangeran Tartarus mengatakan: Mengapa engkau doubtest dan takuti untuk menerima Yesus yang adalah musuh-Mu dan saya? Sebab aku menggodanya, dan telah membangkitkan orang-orang kuno tambang orang-orang Yahudi dengan kecemburuan dan murka terhadap dirinya. Saya telah mempertajam tombak untuk mendorong dia melalui, empedu dan cuka telah saya bercampur memberinya minum, dan saya telah mempersiapkan salib untuk menyalibkan dia dan kuku untuk menembus kepadanya: dan kematiannya sudah di depan mata, supaya aku membawanya kepadamu menjadi subjek kepadamu dan aku.

3 Neraka menjawab dan berkata: Engkau mengatakan kepada saya bahwa itu adalah dia yang memiliki diambil orang mati dari saya. Karena ada akan banyak yang sementara mereka tinggal di bumi telah mengambil orang mati dari saya, namun tidak dengan kekuatan mereka sendiri tetapi oleh doa kepada Allah, dan mereka Mahakuasa Allah telah mengambil mereka dari saya. Siapakah Yesus yang dengan kata sendiri tanpa doa beroleh diambil orang mati dari saya? Barangkali itu adalah dia yang oleh firman komandonya tidak mengembalikan hidup Lazarus yang sudah mati empat hari dan berbau dan korup, yang saya diadakan di sini mati. Setan pangeran kematian menjawab dan berkata: Ini adalah Yesus yang sama. Ketika Hell mendengar bahwa ia berkata kepadanya: Aku menyumpahi engkau dengan kekuatan-Mu dan saya sendiri bahwa kamu tidak membawanya kepadaku. Karena pada waktu itu saya, ketika saya mendengar perintah dari firman-Nya, terjadilah gempa dan kewalahan dengan rasa takut, dan semua kementerian saya dengan saya yang bermasalah. Baik bisa kita terus Lazarus, tapi dia seperti elang gemetar dirinya melompat keluar dengan semua kelincahan dan kecepatan, dan berangkat dari kami, dan bumi juga yang memegang mayat Lazarus segera memberinya hidup-hidup. Oleh karena itu sekarang saya tahu bahwa orang itu yang mampu melakukan hal-hal adalah Allah yang kuat dalam perintah dan perkasa dalam kedewasaan, dan bahwa ia adalah penyelamat umat manusia. Dan jika engkau membawa dia kepada saya ia akan membebaskan semua yang disini terkurung dalam penjara keras dan terikat dalam rantai dosa-dosa mereka yang tidak dapat rusak, dan akan membawa mereka kepada kehidupan kepala allahnya untuk selama-lamanya.

V (XXI)

1 Dan sebagai Setan pangeran, dan Neraka, berbicara ini bersama-sama, tiba-tiba datanglah suara seperti guntur dan menangis spiritual: Hapus, pangeran O, gerbang Anda, dan akan mengangkat kamu, kamu pintu yang kekal, dan Raja kemuliaan akan masuk neraka Ketika mendengar bahwa dia berkata kepada Iblis pangeran: Berangkat dari saya dan pergi keluar dari tempat tinggal saya: jika engkau pahlawan perang, melawan engkau melawan Raja Kemuliaan. Tapi apa engkau mendatangkan lakukan dengan dia? Dan Neraka cor Iblis keluar dari tempat tinggalnya. Lalu kata Neraka kepada menteri jahat: Diam kamu gerbang keras kuningan dan menempatkan mereka jeruji besi dan menahan tegas, jangan sampai kita yang memegang penangkaran diambil tawanan.

2 Tapi ketika semua banyak orang kudus mendengarnya, Mereka berbicara dengan suara menegur kepada Neraka: Buka gerbang-Mu, bahwa Raja kemuliaan dapat masuk Daud berseru, mengatakan: Apakah aku tidak ketika saya masih hidup pada bumi, meramalkan kepadamu: Biarkan mereka bersyukur kepada Tuhan, bahkan rahmat dan keajaiban-Nya kepada anak-anak manusia, yang akan merobohkan gerbang kuningan dan dipukul jeruji besi di sunder? ia telah membawa mereka keluar dari jalan kedurhakaan mereka. Dan selanjutnya dalam seperti Yesaya dengan cara mengatakan: Bukankah saya ketika saya masih hidup di bumi meramalkan kepadamu: Orang mati akan muncul, dan mereka yang berada di dalam kuburan akan bangkit, dan mereka yang ada di bumi akan bersukacita, untuk embun yang datang dari Tuhan adalah penyembuhan mereka? Dan lagi Aku berkata: Hai maut, di manakah kemenanganmu? O Neraka, dimanakah kemenanganmu?

3 Ketika mereka mendengar bahwa Yesaya, semua orang kudus berkata kepada Neraka: Buka Mu gerbang: Sekarang engkau akan diatasi dan lemah dan tidak bertenaga. Lalu datanglah suara besar sebagai guntur, dengan mengatakan: Hapus, pangeran O, gerbang Anda, dan jadilah kamu mengangkat pintu kamu neraka, dan Raja kemuliaan akan masuk Neraka Dan ketika melihat bahwa mereka jadi menangis dua kali, katanya, seolah-olah ia tidak mengetahuinya: Siapakah Raja Kemuliaan? Daud menjawab Neraka dan berkata: Kata-kata seruan ini apakah saya tahu, karena dengan semangat aku bernubuat sama, dan sekarang Aku berkata kepadamu apa yang saya katakan sebelumnya: Tuhan yang kuat dan perkasa, Tuhan yang perkasa dalam pertempuran, ia adalah Raja Kemuliaan. Dan: Tuhan memandang ke bawah dari surga bahwa ia mungkin mendengar keluhan-keluhan dari mereka yang berada dalam belenggu dan memberikan anak-anak mereka yang telah dibunuh. Dan sekarang, Hell O yang paling busuk dan bau engkau, terbuka gerbang-Mu, bahwa Raja kemuliaan dapat masuk Dan seperti David berbicara demikian kepada neraka, Tuhan dari keagungan muncul dalam bentuk manusia dan meringankan kegelapan abadi dan rem obligasi yang tidak bisa dilepaskan: dan bantuan dari kekuatan abadi nya mengunjungi kami yang duduk di kegelapan pelanggaran kita dan dalam bayang-bayang kematian dosa-dosa kita.

VI (XXII)

1 Ketika Neraka dan kematian dan menteri yang jahat melihat bahwa, mereka terserang rasa takut, mereka dan petugas yang kejam mereka, saat melihat kecerahan cahaya begitu besar di wilayah mereka sendiri, melihat Kristus tiba-tiba di tempat tinggal mereka, dan mereka berseru: Kami diatasi dengan engkau. Siapakah engkau bahwa seni dikirim oleh Tuhan untuk kebingungan kita? Siapakah engkau bahwa tanpa semua kerusakan korupsi, dan dengan tanda-tanda (?) Keagungan-Mu bercacat, tidakkah dalam murka mengutuk kekuatan kita? Siapakah engkau yang begitu besar dan begitu kecil, baik rendah hati dan ditinggikan, baik tentara dan komandan, seorang prajurit yang luar biasa dalam bentuk hamba, dan Raja kemuliaan mati dan hidup, siapa telanjang lintas dibunuh atasnya seni? Engkau bahwa Engkau telah membeli kebohongan mati di kubur engkau turun kepada kita hidup dan pada saat kematian-Mu semua ciptaan gemetar dan semua bintang yang terguncang dan Engkau telah menjadi bebas antara kekalahan mati dan dost legiun kami. Siapakah engkau bahwa settest bebas para tahanan yang diselenggarakan terikat oleh dosa asal dan restorest mereka ke dalam kebebasan mereka sebelumnya? Siapakah engkau yang sheddest Mu cahaya ilahi dan terang kepada mereka yang buta dengan kegelapan dosa-dosa mereka? Setelah cara yang sama semua legiun setan yang terserang seperti ketakutan dan berteriak bersama-sama dalam teror kebingungan mereka, dengan mengatakan: Dari mana engkau, Yesus, seorang pria begitu perkasa dan terang dalam keagungan, sehingga sangat baik tanpa cacat dan bersih dari dosa? Untuk itu dunia bumi yang telah membangkitkan selalu tunduk kepada kita sampai sekarang, dan melakukan membayar upeti untuk keuntungan kami, Dialah pernah dikirimkan kepada kami orang mati seperti engkau dan tidak pernah dikirim seperti hadiah kepada neraka. Lalu siapa engkau yang begitu tanpa rasa takut enterest perbatasan kita, dan tidak hanya takuti tidak kami siksaan, tapi selain essayest untuk menanggung segala orang dari obligasi kita? Barangkali engkau bahwa Yesus, di antaranya Setan pangeran kami mengatakan bahwa dengan kematian-Mu dari engkau salib menerima shouldest kekuasaan dari seluruh dunia.

2 Pada waktu itu Raja kemuliaan dalam keagungan-Nya menginjak-injak kematian, dan menangkapnya pada Setan pangeran dan menyerahkan-Nya kepada kekuatan neraka, dan menarik Adam kepadanya kepada kecerahan sendiri.

VII (XXIII)

Kemudian neraka, Setan menerima pangeran, dengan celaan sakit berkata kepadanya: O pangeran dari kebinasaan dan kehancuran kepala, Beelzebub, cemoohan dari para malaikat dan meludah orang benar mengapa engkau berpegang melakukan ini? Engkau berpegang menyalibkan Raja kemuliaan dan pada Engkau telah membeli kepergian nya janji kita rampasan besar kematiannya: seperti orang bodoh engkau tidak apa yang Engkau. Karena lihatlah sekarang, ini Menyingkirkan Yesus untuk penerbangan oleh kecerahan mulia semua kegelapan kematian, dan akan merobohkan kedalaman kuat dari penjara, dan biarkan keluar tahanan dan dilepaskan mereka yang terikat. Dan semua yang mendesah dalam siksaan kami tidak bersukacita melawan kita, dan pada doa-doa mereka kekuasaan kami kalah dan kami menaklukkan alam, dan sekarang tidak ada bangsa laki-laki takut akan kita lagi. Dan di samping ini, orang mati yang tidak pernah wont menjadi kemenangan bangga atas kami, dan tawanan yang tidak pernah bisa menyenangkan melakukan mengancam kita. O Pangeran Setan, ayah dari semua berpegang karenanya jahat dan fasik dan murtad engkau melakukan hal ini? Mereka yang dari awal sampai sekarang telah putus asa dari kehidupan dan keselamatan-sekarang tidak ada roarings terbiasa mereka didengar, tidak Sesungguhnya setiap erangan dari mereka terdengar di telinga kita, juga tidak ada tanda-tanda air mata pada wajah salah satu dari mereka. O Pangeran Setan, pemegang kunci neraka, mereka kekayaan Mu yang engkau tadinya diperoleh oleh pohon pelanggaran dan kehilangan surga, engkau hilang oleh pohon salib, dan semua sukacita-Mu binasa. Ketika Engkau menutup Yesus Kristus Raja kemuliaan engkau wroughtest terhadap dirimu sendiri dan terhadap saya. Selanjutnya engkau tahu apa yang kekal siksaan dan nyeri yang tak terbatas engkau menderita dalam menjaga saya untuk selama-lamanya. O Pangeran Setan, penulis kematian dan kepala kebanggaan, engkau oughtest pertama yang mencari masalah kejahatan dalam Yesus: Engkau telah membeli petualangan Mengapa juga engkau mau tanpa sebab untuk disalibkan tidak adil terhadap siapa engkau foundest menyalahkan tidak ada, dan untuk membawa ke ranah kami yang bersalah dan benar, dan kehilangan bersalah dan orang fasik dan jahat dari seluruh dunia? Dan ketika Neraka telah berbicara demikian kepada Iblis pangeran, kemudian berkata Raja kemuliaan kepada Neraka: Setan pangeran akan berada dalam kekuasaan-Mu kepada segala usia sebagai pengganti Adam dan anak-anaknya, bahkan mereka yang yang benar saya.

VIII (XXIV)

1 Dan Tuhan peregangan tangan-Nya, mengatakan: Marilah kepada-Ku, kamu semua orang kudus saya yang menanggung citra tambang dan rupa saya. Kamu bahwa dengan pohon dan iblis dan kematian yang dikutuk, lihatlah sekarang iblis dan kematian dikutuk oleh pohon. Dan segera semua orang kudus yang berkumpul di salah satu di bawah tangan Tuhan. Dan Tuhan memegang tangan kanan Adam, berkata kepadanya: Damai sejahtera kepadamu dengan semua anak-Mu yang saleh yang saya. Tapi Adam, casting dirinya di lutut dari Tuhan mengabulkan doa dia dengan air mata dan beseechings, dan berkata dengan suara nyaring: Saya akan memperbesar Mu, ya Tuhan, karena Engkau telah menjebakku dan tidak memberi musuh-musuhku menang atas aku: O Tuhanku Allah aku menangis kepadamu dan engkau menyembuhkan saya, Tuhan, engkau membawa jiwaku dari neraka, engkau melepaskan aku dari mereka yang turun ke lubang. Menyanyikan pujian kepada Tuhan semua orang kudus hai nya, dan berterima kasih kepadanya untuk mengingat kekudusan-Nya. Sebab tidak ada gusar di geram-Nya dan hidup dalam keridhaan-Nya. Dengan cara semua orang kudus Allah berlutut dan melemparkan diri di kaki Tuhan, mengatakan dengan sehati: Engkau datang, ya Penebus dunia: apa yang Engkau meramalkan oleh hukum dan oleh para nabi-Mu, bahwa Engkau yang telah dicapai dalam akta. Engkau membebaskan hidup dengan salib-Mu, dan dengan kematian Engkau lintas turun kepada kami, bahwa Engkau mightest menyelamatkan kita dari neraka dan kematian melalui keagungan-Mu. Ya Tuhan, seperti sebagai engkau menetapkan nama kemuliaan-Mu di langit dan mendirikan salib-Mu untuk token penebusan atas bumi, sehingga, Tuhan, Engkau mengatur sampai tanda kemenangan salib-Mu di neraka, bahwa kematian mungkin tidak memiliki kekuasaan lagi.

2 Dan Tuhan mengulurkan tangannya dan membuat tanda salib atas Adam dan atas semua orang kudus-Nya, dan ia mengambil tangan kanan Adam dan pergi keluar dari neraka, dan semua orang kudus mengikutinya. Lalu apakah suci David menangis keras dan berkata: Nyanyikanlah bagi Tuhan sebuah lagu baru, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa. Tangan kanan-Nya beroleh keselamatan tempa baginya dan lengan-Nya yang kudus. Tuhan telah diketahui kesehatan tabungan, sebelum menghadapi semua bangsa beroleh ia mengungkapkan kebenarannya. Dan banyak seluruh orang kudus menjawab, dengan mengatakan: kehormatan tersebut memiliki semua orang kudus-Nya. Amin, Haleluya.

3 Dan setelah Habacuc nabi berteriak dan berkata: Engkau wentest sebagainya untuk keselamatan umat-Mu untuk mengatur Mu bebas dipilih. Dan semua orang kudus menjawab, mengatakan: Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan. Allah adalah Tuhan dan beroleh menunjukkan kepada kita cahaya. Amin, Haleluya. Demikian juga setelah itu nabi Micheas juga menangis, mengatakan: Apa yang Allah seperti Engkau, ya Tuhan, menghilangkan kesalahan dan menghapus dosa? dan sekarang murka-Mu Engkau withholdest untuk kesaksian bahwa Engkau penuh belas kasihan dari kehendak bebas, dan kamu menyembah berpaling dan kasihanilah kami, Engkau forgivest semua kejahatan kita dan engkau tenggelam segala dosa kita di kedalaman laut, sebagaimana engkau swarest kepada kami ayah di hari tua. Dan semua orang kudus menjawab, dengan mengatakan: Ini adalah Allah kita sampai selama-lamanya, ia akan menjadi pemandu kami, dunia tanpa akhir. Amin, Haleluya. Dan begitu berfirman semua nabi, dan menyebut kata-kata suci keluar dari puji-pujian mereka, dan semua orang kudus mengikuti Tuhan, menangis Amin, Haleluya.

IX (XXV)

Tetapi Tuhan memegang tangan Adam menyerahkan dia kepada Michael malaikat, dan semua orang kudus diikuti Michael malaikat, dan ia membawa mereka semua ke dalam kemuliaan dan keindahan (anugerah) dari surga. Dan ada bertemu dengan mereka dua orang, dahulu hari, dan ketika mereka ditanya orang-orang kudus: Siapakah kamu yang belum mati di neraka dengan kami dan diatur di surga dalam tubuh? kemudian salah satu dari mereka menjawab, mengatakan: Saya Henokh yang diterjemahkan ke mari oleh firman Tuhan, dan ini yaitu dengan saya adalah Elias Thesbite yang diambil di sebuah kereta api: dan sampai hari ini kita belum merasakan kematian, tetapi kami menerima sampai kepada kedatangan Antikristus untuk melawan dia dengan tanda-tanda dan keajaiban Tuhan, dan dibunuh dia di Yerusalem, dan setelah tiga hari, dan setengah yang akan diambil lagi hidup di awan.

X (XXVI)

Dan seperti Henokh dan Elias berbicara sehingga orang-orang kudus, lihatlah ada datang seorang pria lain, kebiasaan keji, bantalan pada bahu tanda salib, yang ketika mereka melihat, semua orang kudus mengatakan kepadanya: Siapakah engkau? untuk penampilan Mu adalah pada perampok, dan karenanya adalah bahwa Engkau bearest tanda di atas bahu-Mu? Dan ia menjawab mereka dan berkata: Kamu telah benar mengatakan: karena aku adalah seorang perampok, melakukan segala macam kejahatan di atas bumi. Dan orang-orang Yahudi menyalibkan saya dengan Yesus, dan aku melihat keajaiban dalam penciptaan yang datang melewati salib Yesus ketika ia disalibkan, dan saya percaya bahwa ia adalah pembuat dari semua makhluk dan Raja Mahakuasa, dan saya meminta dia , mengatakan: Ingat saya, Tuhan, apabila Engkau datang sebagai Raja. Dan segera ia menerima doa saya, dan berkata kepadaku: Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, ini Sesungguhnya hari ini juga engkau akan bersamaku di surga: dan dia memberi saya tanda salib, dengan mengatakan: Beruang ini dan pergi kepada surga, dan jika malaikat yang menaati surga menderita engkau tidak masuk, menunjukkan kepadanya tanda salib, dan engkau akan berkata kepadanya: Yesus Kristus, Anak Allah yang kini disalibkan mengutus Aku. Dan ketika aku telah begitu selesai, aku berbicara segala hal ini kepada malaikat yang menaati surga, dan ketika ia mendengar hal ini dari saya, segera ia membuka pintu dan membawa saya masuk dan menempatkan aku di sebelah kanan dari surga, mengatakan: Lo sekarang , tinggal sedikit, dan Adam bapak semua umat manusia akan masuk dengan semua anak-anaknya yang kudus dan benar, setelah kemenangan dan kemuliaan TUHAN naik ke atas dari Kristus yang disalibkan. Ketika mereka mendengar semua kata-kata perampok, semua bapa suci dan nabi berkata dengan satu suara: Terpujilah TUHAN semesta alam, Bapa hal-hal baik yang kekal, Bapa yang penuh belas kasihan, Engkau bahwa Engkau diberi rahmat seperti kepada-Mu orang berdosa dan engkau membawa mereka kembali ke keindahan surga dan masuk ke padang rumput yang baik Mu: untuk ini adalah hidup yang paling suci roh. Amin, Amin.

XI (XXVII)

Ini adalah misteri ilahi dan suci yang kita lihat dan dengar, bahkan aku, Karinus, dan Leucius: tapi kami tidak menderita untuk berhubungan lebih lanjut sisa misteri Allah, menurut Michael sebagai penghulu malaikat ketat dikenakan kita, mengatakan: Ye harus pergi dengan saudara-saudaramu kepada Yerusalem dan tetap dalam doa, menangis dan memuliakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, yang telah membangkitkan Anda dari kematian bersama-sama dengan dia: dan kamu tidak akan berbicara dengan siapa pun, tetapi duduk sebagai orang bodoh, sampai jam datang ketika Tuhan sendiri akan membiarkannya Anda untuk menyatakan misteri kepala Tuhannya. Tetapi kepada kita Michael malaikat memberikan perintah bahwa kita harus pergi ke Yordania kepada tempat yang kaya dan subur, di mana banyak yang bangkit kembali bersama-sama dengan kami untuk kesaksian tentang kebangkitan Kristus Tuhan. Selama tiga hari hanya diizinkan kepada kita yang bangkit dari kematian, untuk merayakan Paskah dari Tuhan di Yerusalem dengan sanak kita (orang tua) yang hidup sebagai suatu kesaksian tentang kebangkitan Kristus Tuhan: dan kami dibaptis di kudus sungai Yordan dan menerima jubah putih, setiap orang dari kita. Dan setelah tiga hari, ketika kita telah merayakan Paskah bagi Tuhan, semua mereka terperangkap dalam awan yang telah bangkit kembali dengan kami, dan diambil alih Jordan dan tidak lebih terlihat dari siapapun. Tapi bagi kami itu mengatakan bahwa kita harus tetap di kota Arimatea dan terus dalam doa.

Ini menjadi segalanya yang Tuhan menyuruh kita menyatakan kepadamu: memberi pujian dan syukur (pengakuan) kepada-Nya, dan bertobat bahwa ia mungkin memiliki belas kasihan kepada Anda. Damai sejahtera bagi kamu dari Tuhan Yesus Kristus yang sama yang merupakan Juruselamat kita semua. Amin.

Dan ketika mereka telah selesai menulis segala sesuatu dalam beberapa volume kertas mereka muncul, dan Karinus memberikan apa yang ia telah menulis ke tangan Hanas dan Kayafas dan Gamaliel, juga Leucius memberikan apa yang ia telah menulis ke tangan Nikodemus dan Yusuf . Dan tiba-tiba mereka dimuliakan dan menjadi putih dan sangat tidak lebih terlihat. Tapi tulisan-tulisan mereka ditemukan untuk menjadi sama (lit. sama), tidak lebih dan tidak kurang oleh satu huruf.

Dan ketika semua rumah ibadat orang Yahudi mendengar semua ucapan mengagumkan Karinus dan Leucius, mereka berkata satu sama lain: Dari kebenaran semua hal yang dikerjakan oleh Tuhan, dan terpujilah Tuhan, dunia tanpa akhir, Amin. Dan mereka pergi keluar semua dari mereka dalam kesulitan besar pikiran, smiting payudara mereka dengan takut dan gentar, dan berangkat setiap pria dalam rumahnya.

Dan semua hal yang diucapkan oleh orang-orang Yahudi di rumah ibadat mereka, Yusuf dan Nikodemus segera menyatakan kepada gubernur. Dan Pilatus sendiri menulis semua hal yang dilakukan dan dikatakan tentang Yesus oleh orang Yahudi, dan diletakkan semua kata dalam buku-buku umum aula penilaiannya (praetorium).

XII (XXVIII)

Bab ini tidak ditemukan di sebagian besar salinan.

Setelah hal-hal Pilatus masuk ke dalam kuil Yahudi dan mengumpulkan semua imam kepala, dan guru (grammaticos) dan ahli-ahli Taurat dan dokter dari hukum, dan pergi dengan mereka ke tempat suci kuil dan memerintahkan semua pintu untuk menutup, dan berkata kepada mereka: Kami telah mendengar bahwa kamu miliki di candi ini tertentu besar Alkitab, oleh karena itu saya meminta Anda bahwa itu akan disajikan di hadapan kita. Dan ketika itu Alkitab besar dihiasi dengan permata emas dan berharga dibawa oleh empat menteri, Pilatus berkata kepada mereka semua: Aku menyumpahi kamu demi Allah nenek moyangmu yang memerintahkan Anda untuk membangun candi ini di tempat-Nya yang kudus, yang kamu sembunyikan tidak kebenaran dari saya. Kamu tahu semua hal yang ditulis dalam Alkitab, tetapi katakan sekarang jika kamu telah ditemukan dalam tulisan suci bahwa Yesus yang kamu salibkan itu adalah Anak Allah yang akan datang demi keselamatan umat manusia, dan dalam apa tahun ini kali ia harus datang. Menyatakan kepada saya apakah kamu salibkan dia dalam ketidaktahuan atau sengaja.

Dan Hanas dan Kayafas ketika mereka sehingga adjured diperintahkan semua sisa yang akan mereka untuk pergi keluar dari Bait Allah, dan mereka sendiri menutup semua pintu candi dan kudus, dan berkata kepada Pilatus: Engkau adjured kami, O baik hakim, dengan bangunan candi ini guna menunjukkan kepadamu kebenaran dan alasan (atau account yang benar). Setelah itu kami telah menyalibkan Yesus, tahu bukan bahwa ia adalah Anak Allah, tetapi mengandaikan bahwa secara kebetulan dia beberapa karya ajaib-Nya, kami membuat perakitan besar (sinagog) di candi ini, dan seperti yang kita berunding satu dengan yang lain yang menyangkut tanda-tanda mujizat yang Yesus lakukan, kami menemukan banyak saksi bangsa kita sendiri yang mengatakan bahwa mereka telah melihat Yesus hidup setelah penderitaan-Nya, dan bahwa ia masuk ke ketinggian langit. Selain itu, kami melihat dua orang saksi yang Yesus dibangkitkan dari antara orang mati, yang menyatakan kepada kita hal-hal yang luar biasa banyak yang Yesus lakukan di antara orang mati, yang hal-hal yang kita miliki secara tertulis di tangan kita. Sekarang kebiasaan kami adalah bahwa setiap tahun sebelum perakitan kami membuka Alkitab suci dan menanyakan kesaksian Allah. Dan kami telah menemukan dalam buku pertama Tujuh Puluh bagaimana Michael malaikat telah berbicara kepada anak ketiga dari Adam manusia pertama mengenai lima ribu lima ratus tahun, dimana harus datang Anak yang paling dicintai Allah, bahkan Kristus: dan selanjutnya kami telah berpikir bahwa barangkali ini sama adalah Allah Israel yang berkata kepada Musa: Buatlah bagimu sebuah bahtera dari perjanjian panjang dua hasta dan setengah, dan lebarnya satu setengah hasta, dan tingginya satu hasta dan setengah. Karena dengan lima hasta dan setengah kita telah memahami dan mengetahui mode tabut perjanjian lama, untuk itu dalam lima ribu dan seribu setengah tahun Yesus Kristus harus datang dalam tabut tubuhnya: dan kami telah menemukan bahwa ia adalah Allah Israel, bahkan Anak Allah. Karena setelah penderitaan-Nya, kita kepala para imam, karena kami kagum pada tanda-tanda yang datang untuk menyampaikan rekeningnya tidak membuka Alkitab, dan mencari semua generasi kepada generasi Yusuf, dan Maria ibu Yesus, mengambil dia menjadi keturunan Daud: dan kami menemukan bahwa dari hari ketika Tuhan menciptakan langit dan bumi dan manusia pertama, dari saat itu sampai air bah adalah 2.212 tahun: dan dari Banjir kepada pembangunan menara 531 tahun : dan dari bangunan menara kepada Abraham 606 tahun: dan dari Abraham sampai kepada kedatangan orang Israel keluar dari Mesir 470 tahun: dan dari pergi dari orang Israel keluar dari Mesir sampai bangunan candi 511 tahun : dan dari bangunan candi kepada kehancuran kuil yang sama 464 tahun: sejauh menemukan kita dalam Alkitab dari Esdras: dan bertanya dari pembakaran candi sampai kepada kedatangan Kristus dan kelahirannya kami menemukan itu menjadi 636 tahun, yang bersama-sama lima ribu lima ratus tahun seperti sebagai kami menemukan itu tertulis di dalam Alkitab bahwa Michael malaikat dideklarasikan sebelum Seth kepada putra ketiga dari Adam, bahwa setelah lima ribu dan seribu setengah tahun Kristus Anak Allah telah ( harus)? datang. Sampai sekarang telah kita mengatakan tidak ada orang, supaya harus ada perpecahan dalam rumah-rumah ibadat kami, dan sekarang, hakim O baik, engkau adjured kita oleh Alkitab ini suci dari kesaksian Allah, dan kita lakukan mendeklarasikan kepadamu: dan kami juga memiliki adjured engkau dengan nyawamu dan kesehatan yang engkau menyatakan tidak kata-kata kepada setiap orang di Yerusalem.

XIII (XXIX)

Dan Pilatus, ketika ia mendengar kata-kata Hanas dan Kayafas, meletakkan mereka semua di antara tindakan Tuhan dan Juruselamat dalam buku-buku umum ruang pengadilan, dan menulis surat kepada raja Claudius kota Roma, mengatakan:

[Surat berikut atau Laporan Pilatus dimasukkan dalam bahasa Yunani ke dalam Kisah akhir Peter dan Paul (40) dan Gairah Pseudo-Marcellus dari Peter dan Paul (19). Dengan demikian kita memilikinya dalam bahasa Yunani dan Latin, dan Yunani yang digunakan di sini sebagai dasar versi.]

Pontius Pilatus kepada Claudius, ucapan.

Ada menimpa akhir-akhir ini masalah yang saya sendiri dibawa ke cahaya (atau membuat percobaan): untuk orang-orang Yahudi karena dengki telah menghukum diri mereka dan keturunan mereka dengan ketakutan penilaian dari kesalahan mereka sendiri, karena sementara ayah mereka memiliki janji (al. telah mengumumkan kepada mereka) bahwa Tuhan mereka akan mengirim mereka keluar dari surga satu Nya yang kudus yang harus hak disebut raja mereka, dan melakukan janji bahwa ia akan mengirim dia atas bumi dengan perawan, ia, maka (atau ini Allah orang Ibrani, kemudian) , datang ketika saya menjadi gubernur Yudea, dan mereka melihat dia mencerahkan buta, pembersihan kusta, menyembuhkan, setan lumpuhnya mengemudi keluar dari laki-laki, membangkitkan orang mati, memarahi angin, berjalan di atas gelombang laut kering-bersepatu, dan melakukan keajaiban lain, dan semua orang-orang Yahudi memanggilnya Anak Allah: para imam-imam kepala, bergerak dengan iri hati terhadap dia, membawanya dan menyerahkan-Nya kepada saya dan diajukan terhadap dia satu tuduhan palsu demi satu, mengatakan bahwa ia adalah seorang penyihir, dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum mereka.

Tapi aku, percaya bahwa hal-hal begitu, setelah menyuruh orang menyesah Dia, menyerahkan-Nya kepada kehendak mereka, dan mereka menyalibkan Dia, dan ketika ia dikuburkan mereka menetapkan penjaga atasnya. Tapi sementara tentara saya menyaksikan dia bangkit lagi pada hari ketiga: namun begitu banyak adalah kebencian orang Yahudi menyalakan bahwa mereka memberi uang kepada para prajurit, dengan mengatakan: Katakanlah kamu, bahwa murid-muridnya mencuri pergi tubuhnya. Tapi mereka, meskipun mereka mengambil uang, tidak dapat berdiam diri mengenai apa yang telah terjadi, karena mereka juga telah bersaksi bahwa mereka melihat dia muncul dan bahwa mereka menerima uang dari orang-orang Yahudi. Dan hal-hal yang telah saya melaporkan untuk alasan ini, agar beberapa lainnya harus berada kepadamu (lat. supaya kebohongan apapun sebaliknya) dan engkau akan dianggap tepat untuk percaya cerita-cerita palsu Yahudi.

Sumber : diterjemahkan dari : http://www.gnosis.org/library/gosnic.htm