Jumat, 19 April 2013

Serba-serbi tentang Paus


File: Coat of arms Kudus See.svg

Paus merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang merujuk pada seorang figur pemimpin Gereja Katolik Roma. Paus dari bahasa Latin : papa, dari bahasa Yunani : πάππας pappas, sebuah kata anak untuk sebutan bapa (ayah). Paus adalah Uskup dari Roma dan pemimpin di seluruh dunia Gereja Katolik. 

Kantor paus dikenal sebagai Kepausan. Nya yurisdiksi gerejawi sering disebut " Tahta Suci "(Sancta Sedes dalam bahasa Latin), atau" Tahta Apostolik "didasarkan pada tradisi Gereja bahwa Rasul Saint Peter dan Saint Paul yang martir di Roma. Paus juga kepala negara dari Kota Vatikan,  yang berdaulat negara-kota seluruhnya enclaved dalam kota Roma.

Kepausan merupakan salah satu lembaga yang paling abadi di dunia dan memiliki bagian penting dalam sejarah dunia. Para Paus di zaman kuno membantu dalam penyebaran agama Kristen dan resolusi berbagai perselisihan doktrinal. Di Tengah usia mereka memainkan peran penting sekuler di Eropa Barat , sering bertindak sebagai arbiter antara Kristen raja.


Sejarah.



Katolik mengakui Paus sebagai penerus Santo Petrus , yang, menurut ajaran Katolik Roma, Yesus disebut sebagai "gembala" dan "batu" dari Gereja Katolik, yang menurut dogma Katolik adalah Gereja yang benar didirikan oleh Kristus. Petrus pernah menanggung gelar "Paus", yang mulai dipakai tiga abad kemudian, tapi Katolik tradisional mengenalinya sebagai Paus pertama, meskipun deklarasi resmi Gereja hanya berbicara tentang paus sebagai memegang dalam perguruan tinggi dari Uskup peran analog dengan yang dimiliki oleh Petrus dalam perguruan Para Rasul, di mana perguruan tinggi Para Uskup, entitas yang berbeda, adalah penerus.

Gereja Katolik mengajarkan bahwa Yesus secara pribadi menunjuk Petrus sebagai pemimpin Gereja dan yang dogmatis konstitusi Lumen Gentium membuat perbedaan yang jelas antara rasul dan para uskup, penyajian terakhir sebagai penerus dari mantan, dengan Paus sebagai pengganti Petrus karena ia adalah kepala uskup sebagai Peter adalah kepala para rasul.  Beberapa sejarawan berpendapat bahwa gagasan bahwa Petrus adalah uskup Roma pertama dan mendirikan episkopal melihat ada dapat ditelusuri kembali tidak lebih awal dari abad ke-3.  Tulisan-tulisan dari Bapa Gereja Irenaeus yang menulis sekitar tahun 180 mencerminkan keyakinan bahwa Petrus "didirikan dan terorganisir" Gereja di Roma.  Selain itu, Irenaeus bukanlah yang pertama untuk menulis kehadiran Petrus di Gereja Roma awal. Clement Roma menulis dalam sebuah surat kepada jemaat di Korintus, c 96,.  tentang penganiayaan orang Kristen di Roma sebagai "perjuangan di zaman kita" dan disajikan kepada jemaat di Korintus pahlawan, "pertama, terbesar dan paling hanya kolom" , "nabi yang baik" Petrus dan Paulus.  St Ignatius dari Antiokhia menulis tak lama setelah Clement dan dalam suratnya dari kota Smirna kepada jemaat di Roma ia mengatakan ia tidak akan memerintahkan mereka seperti Petrus dan Paulus.  Mengingat ini dan bukti lain, banyak sarjana setuju bahwa Petrus menjadi martir di Roma di bawah Nero, meskipun beberapa sarjana berpendapat bahwa ia mungkin telah mati syahid di Palestina.

Beberapa Protestan umumnya sepakat bahwa Yesus dikhususkan Petrus sebagai titik fokus dari abad Gereja 1. Namun, mereka berpendapat bahwa Perjanjian Baru tidak memberikan bukti bahwa Yesus mendirikan kepausan atau bahkan bahwa ia mendirikan Petrus sebagai uskup pertama Roma. [35] Lainnya, menggunakan kata-kata Petrus sendiri, berpendapat bahwa Kristus dimaksudkan dirinya sebagai fondasi gereja dan bukan Petrus. Lain berpendapat bahwa gereja memang dibangun di atas Yesus dan iman, tetapi juga pada murid sebagai akar dan fondasi gereja atas dasar ajaran Paulus dalam Roma dan Efesus, meskipun tidak terutama Petrus.

Komunitas Kristen abad pertama akan memiliki sekelompok imam-uskup berfungsi sebagai pemimpin dari gereja lokal mereka. Secara bertahap, episcopacies didirikan di daerah metropolitan. Antiokhia mungkin telah mengembangkan struktur seperti sebelum Roma.  Di Roma ada banyak yang mengaku sebagai uskup yang sah meskipun lagi Irenaeus menekankan keabsahan satu baris uskup dari waktu Santo Petrus sampai nya kontemporer Paus Victor I dan terdaftar mereka.  Beberapa penulis mengklaim bahwa munculnya uskup tunggal di Roma mungkin tidak terjadi sampai pertengahan abad ke-2. Dalam pandangan mereka, Linus, Cletus dan Clement yang mungkin menonjol presbiter-uskup uskup tetapi tidak selalu monarkis.

Pada abad ke-1 dan awal abad ke-2, yang Takhta Suci memiliki keunggulan dan menonjol dalam Gereja secara keseluruhan.


Pada abad-abad awal Kekristenan, gelar ini diterapkan, terutama di timur, kepada semua uskup dan pendeta senior lainnya, dan kemudian menjadi milik di barat ke Uskup Roma, pemesanan yang dilakukan resmi hanya di abad ke-11. Catatan paling awal dari penggunaan judul ini adalah sehubungan dengan saat itu almarhum Patriark Alexandria , Paus Heraclas dari Alexandria (232-248). mencatat paling awal penggunaan judul "Paus" tanggal bahasa Inggris di pertengahan abad ke-10, ketika digunakan dalam referensi untuk Paus Vitalian dalam terjemahan bahasa Inggris Lama Bede 's Historia ecclesiastica Gentis Anglorum .

File: Gregorythegreat.jpg
Gregorius Agung (c 540-604) yang didirikan tema abad pertengahan di Gereja, dalam lukisan oleh Carlo Saraceni , c. 1610, Roma.

Gelar itu dari awal abad ke-3 istilah umum yang digunakan untuk merujuk kepada semua uskup.  Dari abad ke-6 judul mulai digunakan terutama Uskup Roma, dan pada akhir abad ke-11 Paus Gregorius VII mengeluarkan sebuah deklarasi yang telah banyak ditafsirkan sebagai menyatakan ini dengan kemudian mendirikan konvensi Barat.  Pada abad ke-6 yang sama, ini juga merupakan praktek normal dari kekaisaran kearsipan Konstantinopel.


Saat ini, selain perluasan iman Kristen dan doktrin, para paus berdedikasi untuk ekumenisme dan dialog antar agama , pekerjaan amal, dan pembelaan hak asasi manusia .

Paus secara bertahap telah dipaksa menyerahkan kekuasaan duniawi , dan otoritas kepausan kini hampir secara eksklusif dibatasi untuk masalah-masalah agama.  Selama berabad-abad, klaim paus dari otoritas rohani telah semakin tegas dinyatakan, yang berpuncak pada tahun 1870 dengan proklamasi dengan dogma dari infalibilitas kepausan untuk kesempatan langka ketika Paus berbicara ex cathedra -harfiah "dari kursi (dari Saint Peter ) "-untuk mengeluarkan definisi formal iman atau moral.  Satu-satunya eksplisit kesempatan tersebut setelah proklamasi adalah definisi dari dogma Maria Diangkat ke Surga pada tahun 1950.


  • Siapakah yang menetapkan paus pertama?


Paus adalah penerus St Petrus, dan para uskup adalah penerus para rasul. Kristus menjadikan Petrus “batu karang” GerejaNya. Ia menjadikan Petrus sebagai gembala dari segenap kawanan domba-Nya.

File: Kristus Penyerahan Kunci untuk St Peter oleh Pietro Perugino.jpg
Pemberian Kunci untuk Santo Petrus dilukis oleh Pietro Perugino (1492)

“Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” (Mat 16:18-19).

“Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: `Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?' Jawab Petrus kepada-Nya: `Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.' Kata Yesus kepadanya: `Gembalakanlah domba-domba-Ku.' Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: `Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?' Jawab Petrus kepada-Nya: `Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.' Kata Yesus kepadanya: `Gembalakanlah domba-domba-Ku.' Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: `Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?' Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: `Apakah engkau mengasihi Aku?' Dan ia berkata kepada-Nya: `Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.' Kata Yesus kepadanya: `Gembalakanlah domba-domba-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.' Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: `Ikutlah Aku.'” (Yoh 21:15-19)

Jabatan gembala dari Petrus dan para Rasul yang lain termasuk dasar Gereja (Katekismus Gereja Katolik #880-881).


  • Adakah bukti suksesi dari para paus pertama sesudah St Petrus dan siapa sajakah mereka?


Di antara banyak referensi historis mengenai mereka yang mengikuti jejak St Petrus sebagai paus adalah: Pada tahun 189 M, Ireneus menulis dalam Melawan Bidaah-bidaah, “Para Rasul yang terberkati [Petrus dan Paulus], sesudah mendirikan dan membangun Gereja [di Roma] … mewariskan jabatan episkopal kepada Linus” (Melawan Bidaah-bidaah 3:3:3 [189 M]).

Eusebius, seorang ahli sejarah Gereja Perdana, menulis dalam Sejarah Gereja: “Victor… adalah Uskup Roma yang ketigabelas dari Petrus” (The Little Labyrinth [211 M], Eusebius, Sejarah Gereja 5:28:3).

Dalam sebuah dokuman, Peti Obat Melawan Segala Bidaah, Epifanius dari Salamis menulis, “Di Roma, para rasul dan uskup pertama adalah Petrus dan Paulus, kemudian Linus, kemudian Kletus, kemudian Klemens, yaitu Petrus dan Paulus masa sekarang” (Peti Obat Melawan Segala Bidaah 27:6 [375 M]).


  • Adakah Paus Petrus yang lain?


Merupakan suatu tradisi bahwa para paus, ketika mereka dipilih, mengubah nama mereka. Menurut tradisi, hal itu bermula dari Paus Sergius IV (thn 1009-1012). Dikisahkan bahwa nama aslinya adalah Petrus di Porca dan ia mengubahnya, mengingat dirinya tak layak disebut sebagai Petrus II. Sesungguhnya sebelum itu, beberapa paus mengubah nama mereka apabila nama mereka berbau kafir. Pada tahun 533, Yohanes II mengubah namanya karena nama aslinya adalah Merkurius, nama seorang dewa kafir. Tradisi mengubah nama memberikan kesempatan bagi para paus untuk menghormati paus pendahulunya dengan nama yang sama, atau sebagai isyarat visi atau pandangannya. Paus Yohanes Paulus memilih nama ganda dengan menyatukan kedua nama paus pendahulunya. Paus Yohanes Paulus II memilih namanya untuk menyatakan rasa hormat kepada Paus Yohanes Paulus I yang bertahta hanya selama 33 hari, juga untuk menyatakan tekadnya untuk melanjutkan visi pendahulunya itu.


  • Apakah paus mendapatkan bantuan ilahi dalam jabatannya?


Petrus adalah seorang murid Yesus yang lemah, tetapi syukur atas doa Yesus dan atas pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta, Petrus tidak lagi harus mengandalkan kekuatan manusiawinya. Walau dari dirinya sendiri ia hanyalah pasir belaka, namun ia telah menjadi batu karang. Dalam arti yang lebih dalam, Kristus adalah batu karang yang mendirikan GerejaNya di atas Petrus. Para paus sekarang pun memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing, namun demikian, kekuatan Yesus menopangnya dalam mengemban jabatannya melalui kuasa Roh Kudus.


  • Apakah paus mengambil alih peran Kristus di dunia?


Paus disebut sebagai Vicar Kristus, tidak berarti bahwa ia mengambil alih peran Kristus, melainkan Kristus setia kepada janji-Nya, “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:20).

St Ambrosius dari Milan menulis pada tahun 389 M, “Kepada Petruslah Yesus berkata: `Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku' [Mat 16:18]. Di mana Petrus berada, di situ Gereja berada. Dan di mana Gereja berada, di sana tidak ada maut, melainkan kehidupan kekal” (Komentar atas Duabelas Mazmur Daud 40:30 [389 M]).


  • Apa artinya infallibilitas?


Paus adalah Uskup Roma dan gembala seluruh Gereja. Bersama para imam, rekan sekerjanya, para Uskup mempunyai “tugas utama … mewartakan Injil Allah kepada semua orang,” seperti yang diperintahkan Tuhan. Mereka adalah “pewarta iman, yang mengantarkan murid-murid baru kepada Kristus dan mereka pengajar yang otentik atau mengemban kewibawaan Kristus” (Katekismus Gereja Katolik # 888).

Untuk memelihara Gereja dalam kemurnian iman yang diwariskan oleh para rasul, maka Kristus yang adalah kebenaran itu sendiri, menghendaki agar GerejaNya mengambil bagian dalam sifat-Nya sendiri yang tidak dapat keliru. Dengan “cita rasa iman yang adikodrati”, Umat Allah memegang teguh iman dan tidak menghilangkannya di bawah bimbingan Wewenang Mengajar Gereja yang hidup. Wewenang Mengajar Gereja itu harus melindungi umat terhadap kekeliruan dan kelemahan iman dan menjamin baginya kemungkinan obyektif, untuk mengakui iman asli, bebas dari kekeliruan (Katekismus Gereja Katolik # 889, 890).

“Ciri tidak dapat sesat itu ada pada Imam Agung di Roma, kepala dewan para Uskup, berdasarkan tugas beliau, bila selaku gembala dan guru tertinggi segenap umat beriman, yang meneguhkan saudara-saudara beliau dalam iman, menetapkan ajaran tentang iman atau kesusilaan dengan tindakan definitif…Sifat tidak dapat sesat, yang dijanjikan kepada Gereja, ada pula pada Badan para Uskup, bila melaksanakan wewenang tertinggi untuk mengajar bersama dengan pengganti Petrus” terutama dalam konsili ekumenis. Apabila Gereja melalui Wewenang Mengajar tertingginya “menyampaikan sesuatu untuk diimani sebagai diwahyukan oleh Allah” dan sebagai ajaran Kristus, maka umat beriman harus “menerima ketetapan-ketetapan itu dengan ketaatan iman”. Infallibilitas ini sama luasnya seperti warisan wahyu ilahi (Katekismus Gereja Katolik # 891).

Bantuan ilahi juga dianugerahkan kepada pengganti-pengganti para Rasul, yang mengajarkan dalam persekutuan dengan pengganti Petrus, dan terutama kepada Uskup Roma, gembala seluruh Gereja, apabila mereka, walaupun tidak memberikan ketetapan-ketetapan kebal salah dan tidak menyatakannya secara definitif, tetapi dalam pelaksanaan Wewenang Mengajarnya yang biasa mengemukakan satu ajaran, yang dapat memberi pengertian yang lebih baik mengenai wahyu dalam masalah-masalah iman dan susila. Umat beriman harus mematuhi ajaran-ajaran otentik ini dengan: “kepatuhan dan akal budi yang suci”, yang walaupun berbeda dengan persetujuan iman, namun mendukungnya (Katekismus Gereja Katolik # 892).


  • Dapatkah kita menulis surat kepada Paus?


Surat-surat kepada Paus Yohanes Paulus II memecahkan rekor dalam hal banyaknya surat-menyurat yang ditujukan kepada Bapa Suci. Ia menerima surat-surat diplomatik dari para kepala negara, surat-surat yang disampaikan kepadanya melalui para Pengawal Swiss, melalui surat ataupun e-mail. Belakangan ini, ratusan ribu e-mail dikirim ke Vatican pada masa-masa sakitnya yang terakhir. Semua surat disampaikan kepada Paus, tetapi Sekretariat Negara yang akan membalasnya. Diperlukan sembilan orang imam bekerja penuh waktu untuk membaca, meringkas serta membalas sura-surat berbahasa Inggris. Pada perayaan 25 tahun masa pontifikatnya, Paus Yohanes Paulus II menerima begitu banyak e-mail ucapan selamat, hingga rasa syukur dan terima kasihnya ditampilkan sebagai pop-up di situs Vatican: www.vatican.va.


  • Apakah para paus masih mengenakan mahkota?

Posted Image
His Holiness Pope Gregory XVI

Sebelum Paus Yohanes Paulus I memutuskan untuk menghapusnya, dalam upacara penobatan paus, yang biasanya dilakukan sekitar seminggu setelah ia terpilih, dilakukan upacara pemahkotaan. Paus Yohanes Paulus I dan Paus Yohanes Paulus II memilih Misa di lapangan terbuka yang sederhana dalam mengawali misi mereka sebagai Gembala Tertinggi.


  • Apakah paus mempunyai suatu “uraian pekerjaan”?


Dalam Katekismus Gereja Katolik, “pekerjaan” paus dijabarkan sebagai berikut: “Paus dan para Uskup merupakan `pengajar yang otentik, atau mengemban kewibawaan Kristus, artinya mewartakan kepada umat yang diserahkan kepada mereka, iman yang harus dipercaya dan diterapkan dalam perilaku manusia' (LG 25). Wewenang Mengajar biasa yang universal dari Paus dan dari para Uskup yang bersatu dengannya mengajar kepada umat beriman kebenaran yang harus dipercaya, kasih yang harus dihidupi dan kebahagiaan yang patut diharapkan” (# 2034).


Sumber: 
  1. “Papal Facts and Trivia”; Copyright © 1999-2004, Daughters of St. Paul. All Rights Reserved; www.daughtersofstpaul.com, Dikutip dari : http://www.indocell.net/, 19 April 2013.
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Pope

Tidak ada komentar:

Posting Komentar