Selasa, 09 Maret 2021

Kisah Yudas Iskariot

Yudas Iskariot (mati ~29–33, Ibrani יהודה איש־קריות Yəhûḏāh ʾΚ-qəriyyôṯ), anak Simon Iskariot (Yohanes 6:71), dia juga termasuk salah seorang dari dua belas rasul yang dipilih oleh Yesus Kristus, dan dia bertugas sebagai bendahara (Yohanes 12:6, Yohanes 13:29). Namanya sering dipanggil untuk menuduh seseorang pengkhianatan, dan kadang-kadang kita dibingungkan dengan adanya Rasul Yudas Thadeus .



Yudas Iskariot Menurut tradisi Kristen.

Di kalangan orang Kristen, nama Yudas Iskariot sudah tidak asing lagi. Dia dianggap sebagai pengkhianat karena telah menyerahkan Yesus Kristus kepada imam-imam kepala dengan harga 30 keping perak (Matius 26:14-15). 

Matius 27:5 mencatat bahwa Yudas melemparkan uang perak yang diterimanya ke dalam Bait Suci, lalu pergi menggantung diri, dan kemudian oleh Imam-Imam uang tersebut dibelikan sebidang tanah, yang disebut Tanah Tukang Periuk, sebagai tempat pekuburan orang asing. 

Dalam Kisah Para Rasul 1:18 kemudian diceritakan bahwa Yudas Iskariot telah membeli sebidang tanah sebelum ia akhirnya "jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar" -- tanah tersebut pada akhirnya dinamai Tanah Darah, atau Hakal-Dama.

Dalam suatu pemilihan yang diadakan oleh para murid, posisi Yudas akhirnya digantikan oleh Matias setelah kesebelas murid membuang undi untuk menentukan siapa orang ke-12 yang akan menggantikannya (Kisah Para Rasul 1:26).


Yudas Iskariot Menurut Tradisi Islam.
Menurut Islam, Isa A.S. (Jesus PBUH) tidak dibunuh atau disalib, melainkan Yudas Iskariot yang wajah diserupakan seperti Isa, kemudian disalib oleh orang-orang Yahudi. 


Etimologi Nama Yudas Iskariot.

Dalam bahasa Yunani Perjanjian Baru , Yudas disebut Ιούδας Ισκάριωθ dan Ισκαριώτης. "Yudas" (dieja "Ioudas" dalam bahasa Yunani kuno dan "Iudas" dalam bahasa Latin, Yudas diucapkan di kedua) adalah bentuk Yunani dari nama umum Yehuda (יהודה, Y e hûdâh, Ibrani untuk "Tuhan dipuji"). Ejaan Yunani mendasari nama lain dalam Perjanjian Baru yang secara tradisional diberikan secara berbeda dalam bahasa Inggris: Yehuda dan Jude . Pentingnya "Iskariot" tidak pasti. Ada beberapa teori besar pada etimologi:

  1. Salah satu penjelasan populer berasal Iskariot dari bahasa Ibrani איש - קריות, adalah-Qrîyôth, atau "man of Kerioth ". Injil Yohanes mengacu pada Yudas sebagai "anak Simon Iskariot" (meskipun beberapa terjemahan hanya merujuk kepadanya sebagai "anak Simon" (Yoh 6:71, Yoh 13:26, King James Version)),  menyiratkan itu bukan Yudas, tetapi ayahnya, yang datang dari sana. Beberapa berspekulasi bahwa Kerioth mengacu pada wilayah di Yudea , tetapi juga nama dua kota Yudea diketahui. 
  2. Teori kedua adalah bahwa "Iskariot" mengidentifikasi Yudas sebagai anggota Sicarii . Ini adalah kader pembunuh di antara pemberontak Yahudi berniat mengemudi Romawi dari Yudea. Namun, beberapa sejarawan mempertahankan Sicarii muncul di usia 40-an atau 50-an dari abad ke-1, dalam hal Yudas tidak bisa menjadi anggota. 
  3. Kemungkinan ketiga yang dikemukakan oleh Ernst Wilhelm Hengstenberg adalah bahwa Iskariot berarti "pembohong" atau "yang palsu," mungkin dari bahasa Ibrani אִשְׁקַרְיָא. [8]
  4. Keempat, beberapa telah mengusulkan bahwa kata itu berasal dari kata bahasa Aram yang berarti "warna merah," dari akar סקר. [8]
  5. Kelima, kata itu berasal dari salah satu akar bahasa Aram סכר atau סגר. Ini berarti "untuk menyampaikan," berdasarkan rendering LXX Yesaya 19:04 a-teori yang dikemukakan oleh J. Alfred Morin. 
  6. Akhirnya, julukan dapat dikaitkan dengan cara kematian Yudas, yaitu, menggantung. Ini berarti Iskariot berasal dari semacam Yunani-Aramaic hybrid: ". Penyempitan" אִסְכַּרְיוּתָא, Iskarioutha, "chokiness" atau Hal ini mungkin menunjukkan bahwa julukan itu diterapkan secara anumerta oleh murid-murid yang tersisa, tapi Joan E. Taylor berpendapat bahwa itu adalah nama deskriptif yang diberikan kepada Yudas oleh Yesus, karena murid-murid lain seperti Simon Petrus / Kefas (Kephas = "batu") adalah juga diberikan nama-nama tersebut. 


Peran Yudas Dalam Penyaliban Yesus.

Injil Markus menyatakan bahwa imam-imam kepala sedang mencari cara licik untuk menangkap Yesus . Mereka memutuskan untuk tidak melakukannya selama pesta itu karena mereka takut bahwa orang akan kerusuhan; sebagai gantinya, mereka memilih malam sebelum hari raya untuk menangkapnya. Dalam Injil Lukas, Iblis memasuki Yudas saat ini. 

Menurut Injil Yohanes, Yudas membawa tas uang para murid.  Dia mengkhianati Yesus untuk suap " tiga puluh keping perak ", dengan mengidentifikasi dia dengan ciuman untuk menangkap prajurit dari Imam Kayafas , yang kemudian menyerahkan Yesus kepada Pontius Pilatus tentara.

http://en.wikipedia.org/wiki/Judas_Iscariot
http://id.wikipedia.org/wiki/Yudas_Iskariot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...