Jumat, 15 Maret 2013

Isi Pidato Perdana Paus Fransiskus I Jorge Mario Bergoglio



Paus Fransiskus I menekankan pentingnya persaudaraan di Gereja Katolik Roma dan meminta umat Katolik untuk berdoa bagi Paus Emeritus Benediktus XVI. Hal ini disampaikan Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio dalam pidato pertamanya setelah terpilih menjadi Paus menggantikan Benediktus XVI.



"Sepertinya, para kardinal, saudara saya, telah memilih satu orang dari jauh sana. (Tapi) inilah saya di sini," ujar Paus Francis dengan ramah  mengawali pidato perdananya.

Dia mengucapkan terima kasih atas sambutan umat Katolik terhadap dirinya. Dalam pidato singkatnya tersebut, Paus Fransiskus meminta doa dan dukungan dari seluruh umat Katolik di dunia.

Bergoglio adalah Yesuit pertama yang menjadi Paus dan diyakini telah menjadi runner-up pada pemilihan tahun 2005 lalu. Bergoglio dikenal sebagai "orang lurus", rendah hati dan konservatif. Salah satu pandangannya yang keras telah menyebabkan perdebatan dengan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner. Bergoglio menentang keras perkawinan sesama jenis dan peredaran bebas alat kontrasepsi.

Setelah tampil di Balkon Basilika, Uni Eropa pun mengucapkan selamat padanya dan mendesaknya untuk mempromosikan perdamaian, solidaritas dan martabat manusia di dunia yang berubah dengan cepat.

"Atas nama Uni Eropa, kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kami pada  Anda," kata Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy dan Komisi Eropa Jose Manuel Barroso dalam pernyataan bersama setelah Jorge Mario Bergoglio dari Amerika Latin disebut sebagai Paus.

"Kami berharap pontifikat Anda panjang dan diberkati yang akan memungkinkan kekudusan Anda dan Gereja Katolik untuk mempertahankan dan mempromosikan nilai-nilai fundamental perdamaian, solidaritas dan martabat manusia," tegas mereka.

Sementara itu Sekjen PBB Ban Ki-Moon meminta Paus yang baru bisa meningkatkan hubungan antara berbagai agama di dunia.

Penulis : Johannes Sutanto de Britto
Sumber : http://jaringnews.com/, Kamis, 14 Maret 2013, 03:37 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...