Jumat, 22 Februari 2013

Mengenal Seluk Beluk Jalan Salib.



Jalan Salib (atau Jalan Salib, dalam bahasa Latin , Via Crucis, juga disebut Via Dolorosa atau Way of Sorrows adalah serangkaian representasi artistik yang menggambarkan kisah sengsara Yesus saat membawa Salib menjelang peristiwa penyaliban-Nya dan sebelum ia meninggal

Jalan Salib merupakan salah satu bentuk visualisasi devosi mengenang setiap peristiwa derita yang dirasakan Yesus disetiappemberhentiannya. Sebagian besar Katolik Roma biasanya menggunakan lukisan, relief yang memuat setiap peristiwa sengsara di setiap pemberhentiannya, bahkan ada pula yang di visualisasi dalam bentuk drama yangbiasa disebut Tablo.

File: Ulm Neu-Ulm Lebendiger Kreuzweg 2.011 Bild 11.JPG

Devosi ini bisa dilakukan kapan saja, tapi paling umum dilakukan pada masa Pra-Paskah, terutama pada Hari Jumat Agung dan pada Jumat malam selama masa Pra-Paskah.


Sejarah Jalan Salib

Ide Devosi Jalan Salib pada mulanya berasal dari ziarah ke Yerusalem. Adanya sebuah keinginan untuk mereproduksi tempat-tempat suci di negeri-negeri lain tampaknya telah terwujud di cukup tanggal awal.

St Petronius , Uskup Bologna

Pada biara Santo Stefano di Bologna sekelompok kapel terhubung dibangun pada awal abad ke-5, dengan St Petronius , Uskup Bologna, yang dimaksudkan untuk mewakili kuil yang lebih penting dari Yerusalem, dan karena itu, biara ini menjadi akrab dikenal sebagai "Hierusalem." 

Ini mungkin dapat dianggap sebagai titik awal dikenalnya istilah Stasiun (tempat pemberhentian pada jalan salib) berkembang, meskipun lumayan yakin bahwa tidak ada yang kita miliki sebelumnya tentang abad ke-15 benar-benar dapat disebut Jalan Salib dalam pengertian modern. Meskipun beberapa wisatawan yang mengunjungi Tanah Suci selama tiga belas, kedua belas, dan 14 abad (misalnya Riccoldo da Monte Croce di , Burchard Gunung Sion , James of Verona ), menyebutkan "Via Sacra," yaitu, rute menetap sepanjang yang peziarah dilakukan, tidak ada dalam catatan mereka untuk mengidentifikasi dengan Jalan Salib, seperti yang kita mengert saat ini. 

Penggunaan awal dari "stasiun," diterapkan pada perhentian-tempat terbiasa di Sacra Via di Yerusalem, terjadi dalam cerita dari peziarah Inggris, William Wey, yang mengunjungi Tanah Suci pada pertengahan abad ke-15, dan dijelaskan peziarah mengikuti jejak Kristus di kayu salib. Pada tahun 1521 sebuah buku berjudul Geystlich Strass dicetak dengan ilustrasi dari stasiun di Tanah Suci.

Katowice Panewniki, Franciscan Monastery - Stations of the Cross

Sejarah Jalan Salib di mulai di abad ke 14, di perkenalkan oleh para biarawan dari Ordo Fransiskan (OFM), lebih-lebih sejak St. Fransiskus Asisi mengalami stigmata. Jalan Salib disebut sebagai Via Dolorosa dikembangkan oleh Fransiskan setelah mereka diberikan administrasi tempat suci Kristen di Yerusalem pada tahun 1342.

Selama abad 15 dan 16 para biarawan Ordo Fransiskan (OFM) mulai membangun serangkaian kuil outdoor (tempat pemberhentian) di Eropa untuk menduplikasi rekan-rekan mereka di Tanah Suci. Jumlah stasiun bervariasi antara tujuh dan tiga puluh, tujuh adalah umum. Ini biasanya ditempatkan, seringkali dalam bangunan kecil, sepanjang pendekatan ke gereja, seperti dalam satu set 1.490 oleh Adam Kraft , yang mengarah ke Johanneskirche di Nuremberg . 

Sejumlah contoh desa didirikan sebagai objek wisata di kanan mereka sendiri , biasanya pada bukit berhutan menarik. Ini termasuk Sacro Monte di Domodossola (1657) dan Sacro Monte di Belmonte (1712), dan merupakan bagian dari Monti Sacri dari Piedmont dan Lombardy Situs Warisan Dunia, bersama dengan contoh-contoh lain pada tema renungan yang berbeda. Dalam patung-patung sering mendekati hidup-ukuran dan sangat rumit. Pada 1686, sebagai jawaban atas permohonannya, Paus Innocent XI diberikan kepada para Fransiskan hak untuk mendirikan stasiun dalam gereja-gereja mereka. Pada 1731, Paus Clement XII diperluas ke semua gereja hak untuk memiliki stasiun, asalkan ayah Fransiskan mendirikannya, dengan persetujuan dari uskup setempat. Pada saat yang sama jumlah itu tetap pada empat belas. Pada tahun 1857, para uskup Inggris diizinkan untuk mendirikan stasiun sendiri, tanpa campur tangan seorang imam Fransiskan, dan pada tahun 1862 hak ini diperpanjang kepada para uskup di seluruh gereja. 

File: HK 16 Caine Rd 60.405 lob.JPG
Lorong Jalan Salib di Gereja Katedral Hongkong


Selanjutnya Devosi jalan salib disebarluaskan di seluruh Gereja Katolik Roma dalam periode abad pertengahan. Meski demikian Devosi Jalan Salib ini kurang diperingati oleh gereja-gereja Anglikan dan Lutheran.  

Pada awalnya Jalan Salib tidak ada perhentian-perhentian seperti sekarang. Rute yang ditempuh dalam rangka Jalan Salib berubah dari waktu ke waktu. Malahan, masing-masing kelompok umat menawarkan sejumlah perhentian berbeda dan menetapkannya pada lokasi yang berbeda pula. Sampai pada abad ke 18, Paus Klemens XII menetapkan jumlah dan lokasi perhentian Jalan Salib secara definitif sampai sekarang.

Ibadat Jalan Salib juga kini menjadi bagian tak terpisahkan dari tempat-tempat peziarahan katolik, misalnya Gua Maria atau Gereja. Begitu juga di dalam setiap gereja Katolik, pasti memasang perhentian-perhentian Jalan Salib.


Signifikansi Spiritual Devosi Jalan Salib.

Tujuan dari Stasiun adalah untuk membantu umat beriman untuk berziarah spiritual doa, melalui merenungkan adegan kepala penderitaan dan kematian Kristus. Hal ini telah menjadi salah satu devosi yang paling populer untuk Katolik Roma, dan sering dilakukan dalam semangat perbaikan bagi penderitaan dan penghinaan yang diderita Yesus selama sengsara-Nya. 

Dalam karyanya ensiklik surat, Miserentissimus Redemptor , pada reparasi, Paus Pius XI yang disebut Kisah Reparasi kepada Yesus Kristus kewajiban bagi umat Katolik dan menyebut mereka sebagai "semacam kompensasi yang akan diberikan untuk cedera" sehubungan dengan penderitaan Yesus.  Paus Yohanes Paulus II disebut Kisah Reparasi sebagai "upaya terus-menerus untuk berdiri di samping salib tak berujung di mana Anak Allah terus disalibkan". 



Perhentian Jalan Salib

File: Normandie Manche Avranches3 tango7174.jpg
Enamel set pemberhentian Jalan Salib diGereja Notre-Dame-des-Champs, Avranches

  • Bentuk Tradisional.
Set awal tujuh adegan biasanya nomor 2,3,4,7,6 dan 14 dari daftar di bawah ini. Set standar dari 17 ke abad ke-20 ini terdiri dari 14 gambar atau patung yang menggambarkan adegan berikut:

  1. Yesus dihukum mati
  2. Yesus membawa salib-Nya
  3. Yesus jatuh pertama kalinya
  4. Yesus bertemu Ibunya
  5. Simon dari Kirene membantu Yesus memikul salib itu
  6. Veronica menyeka wajah Yesus
  7. Yesus jatuh kedua kalinya
  8. Yesus bertemu para wanita Yerusalem
  9. Yesus jatuh ketiga kalinya
  10. Yesus dilucuti pakaiannya
  11. Penyaliban : Yesus dipaku di salib
  12. Yesus mati di kayu salib
  13. Yesus diturunkan dari salib ( Deposisi atau Lamentation )
  14. Yesus diletakkan di dalam kubur .

Meskipun tidak secara tradisional bagian dari Stasiun, para Kebangkitan Yesus kadang-kadang dimasukkan sebagai stasiun kelima belas.


  • 14 Perhentian Yang Alkitabiah


Dari empat belas Stasiun tradisional Salib, hanya delapan memiliki dasar biblis yang jelas. Stasiun 3, 4, 6, 7, dan 9 yang tidak secara khusus dibuktikan dalam Injil (khususnya, tidak ada bukti dari stasiun 6 yang pernah dikenal sebelumnya abad pertengahan) dan Stasiun 13 (mewakili tubuh Yesus yang diturunkan dari salib dan diletakkan di pangkuan ibu-Nya Maria) tampaknya untuk memperindah catatan injil ', yang menyatakan bahwa Yusuf dari Arimatea membawa Yesus turun dari salib dan menguburkannya. 

Untuk menyediakan versi ini pengabdian lebih erat selaras dengan rekening Alkitab, Paus Yohanes Paulus II memperkenalkan bentuk baru dari pengabdian, yang disebut Jalan Alkitab Salib pada hari Jumat Agung 1991. Dia merayakan bentuk yang berkali-kali tetapi tidak secara eksklusif di Colosseum di Roma . 

Pada tahun 2007, Paus Benediktus XVI menyetujui set stasiun untuk meditasi dan perayaan publik: Mereka mengikuti urutan ini:

  1. Yesus di Taman Getsemani,
  2. Yesus dikhianati oleh Yudas dan ditangkap,
  3. Yesus dihukum oleh Sanhedrin ,
  4. Yesus ditolak oleh Petrus ,
  5. Yesus dihakimi oleh Pilatus,
  6. Yesus dicambuk dan dimahkotai duri,
  7. Yesus mengambil salib-Nya,
  8. Yesus dibantu oleh Simon untuk memikul salib-Nya,
  9. Yesus bertemu para wanita Yerusalem,
  10. Yesus disalibkan,
  11. Yesus berjanji kerajaan-Nya kepada pencuri yang bertobat,
  12. Yesus mempercayakan Maria dan John sama lain,
  13. Yesus mati di kayu salib,
  14. Yesus diletakkan di dalam kubur.




Jalan Salib di era Modern

File: Cristo Caido (Nicola Fumo, San Ginés, Madrid) 01.jpg
Patung Kejatuhan Kristus yang dibuat oleh Nicolò Fumo Tahun 1698.

Pengabdian ini dapat dilakukan secara pribadi oleh umat beriman, membuat jalan mereka dari satu stasiun ke yang lain dan mengatakan doa, atau dengan memiliki langkah selebran wasit dari salib untuk menyeberang sementara umat beriman membuat tanggapan. Stasiun itu sendiri harus terdiri dari, setidaknya, empat belas salib kayu, gambar saja tidak mencukupi, dan mereka harus diberkati oleh seseorang dengan otoritas untuk stasiun ereksi.

Dalam Gereja Katolik Roma, Paus Yohanes Paulus II memimpin doa umum tahunan Jalan Salib di Roma Colosseum pada hari Jumat Agung. Awalnya, Paus sendiri membawa salib dari stasiun ke stasiun, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ketika usia dan kelemahan terbatas kekuatannya, John Paul memimpin perayaan dari tahap di Bukit Palatine , sementara yang lain membawa salib. Hanya beberapa hari sebelum kematiannya pada tahun 2005, Paus Yohanes Paulus II mengamati Salib dari kapel pribadinya. Setiap tahun orang yang berbeda diundang untuk menulis teks meditasi untuk Stasiun. Komposer masa lalu dari Stasiun Paus termasuk beberapa non-Katolik. Paus sendiri menulis teks untuk Jubileum Agung tahun 2000 dan menggunakan Stasiun tradisional.

Perayaan Salib terutama umum pada hari Jumat Prapaskah, terutama Jumat Agung . Perayaan masyarakat biasanya disertai dengan berbagai lagu dan doa-doa. Terutama umum sebagai iringan musik adalah Mater Stabat . Pada akhir setiap stasiun Te Adoramus terkadang dinyanyikan. The Haleluya juga dinyanyikan, kecuali selama Prapaskah.



Secara struktural, Mel Gibson 's film tahun 2004, The Passion of the Christ , mengikuti Jalan Salib.  Stasiun keempat belas dan terakhir, pemakaman tersebut, tidak jelas digambarkan (dibandingkan dengan tiga belas lainnya) tetapi tersirat sejak tembakan terakhir sebelum judul kredit Yesus dibangkitkan dan akan meninggalkan makam.



Debat
Tempat kebangkitan Kristus
Beberapa ahli liturgi yang modern mengatakan Stasiun tradisional Salib tidak lengkap tanpa adegan akhir yang menggambarkan makam kosong dan / atau kebangkitan Yesus , karena Yesus bangkit dari kematian adalah bagian integral dari pekerjaan penyelamatan-Nya di bumi. Advokat dari bentuk tradisional dari Stasiun berakhir dengan tubuh Yesus yang ditempatkan di makam mengatakan Stasiun dimaksudkan sebagai meditasi pada penebusan kematian Yesus, dan bukan sebagai gambaran lengkap, kematian-Nya kebangkitan hidup, dan.
Para Stasiun Kebangkitan (juga dikenal dengan nama Latin Via Lucis) digunakan di beberapa gereja di Paskah untuk merenungkan Kebangkitan dan Kenaikan Yesus Kristus .


Gereja Katolik Ukraina Byzantine 

Sebagai bagian dari proses de-Latinization, Bizantium Ukraina Gereja Katolik menghilangkan pengabdian dari Salib. Menanggapi hal ini, sebuah kelompok skismatik disebut Society of Saint Josaphat (SSJK) telah dibentuk dengan sebuah seminari sendiri di Lviv dengan tiga puluh siswa saat ini .


Musik

Franz Liszt menulis Via Crucis untuk paduan suara, penyanyi solo dan piano atau organ atau harmonium pada tahun 1879. David Bowie dianggap 1.976 lagunya, " Stasiun ke Stasiun "sebagai" sangat prihatin dengan stasiun salib. " Michael Valenti ( dikenal terutama sebagai komposer Broadway) menulis, dengan nyanyian Diane Seymour, Oratorio menggambarkan empat belas Jalan Salib yang berjudul "The Way." Itu perdana pada tahun 1991. Stefano Vagnini tahun 2002 Oratorio modular, Via Crucis, komposisi untuk organ, komputer, paduan suara, string orkestra dan kuartet kuningan, menggambarkan empat belas Salib.

Sebagai Salib yang berdoa selama musim Prapaskah dalam gereja Katolik, setiap stasiun secara tradisional diikuti oleh ayat Mater Stabat, disusun dalam abad ke-13 oleh Jacopane Fransiskan da Todi.



http://en.wikipedia.org/wiki/Stations_of_the_Cross
http://www.imankatolik.or.id/jalansalib.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...