Kamis, 14 Februari 2013

Rabu Abu, Apa Yang Anda Ketahui ?



Dalam agama Kristen tradisi barat (termasuk Katolik Roma dan Protestanisme), Rabu Abu adalah hari pertama masa Pra-Paskah. Dalam bahasa Inggris Rabu Abu disebut "Ash Wednesday". Rabu Abu adalah hari pertama masa puasa dalam Kristen Barat kalender. Terjadi 46 hari sebelum Paskah (termasuk hari Minggu).  Rabu Abu dapat jatuh pada kisaran awal Februari 4 dan hingga akhir 10 Maret.

Menurut Injil kanonik dari Matius , Markus dan Lukas , Yesus menghabiskan 40 hari berpuasa di padang gurun, di mana ia mengalami pencobaan oleh Setan . Rabu Abu menandai awal periode 40-hari liturgi doa dan puasa . Dari 46 hari sampai Paskah, enam hari Minggu dan Minggu dianggap "pesta" hari selama masa Prapaskah.

Pada hari ini umat yang datang ke Gereja dahinya diberi tanda salib dari abu sebagai simbol upacara ini. Simbol ini mengingatkan umat akan ritual Israel kuna di mana seseorang menabur abu di atas kepalanya atau di seluruh tubuhnya sebagai tanda kesedihan, penyesalan dan pertobatan (misalnya seperti dalam Kitab Ester 4:1, 3). 

Dalam Mazmur 102:10 penyesalan juga digambarkan dengan "memakan abu": "Sebab aku makan abu seperti roti, dan mencampur minumanku dengan tangisan." Biasanya pemberian tanda tersebut disertai dengan ucapan, "Bertobatlah dan percayalah pada Injil."


Bagi mereka yang memahaminya dengan diberi abu di dahi, berarti ia akan berupaya menjadi lebih baik. Ia akan melakukan apa selama Prapaskah: lebih banyak berdoa, berpuasa dan berderma. Mereka yang memberikan abu di dahi orang lain menggunakan salah satu rumus yang menekankan: “Bertobatlah dan percayalah kepada Injil” atau “Ingatlah, Anda berasal dari debu, akan kembali menjadi debu.”

Berkas: Carl Spitzweg 003.jpg

Ingat bahwa debu engkau, dan akan kembali menjadi debu engkau.
Kejadian 03:19

Berpaling dari dosa dan menjadi setia kepada Injil.
Markus 01:15


Laporan-laporan anekdot mengatakan ada banyak umat Katolik ke gereja pada hari Rabu Abu, dibandingkan pada hari Minggu. Apakah karena Rabu Abu hanya sekali dalam setahun?

Sejumlah klerus akan memberikan abu di stasiun kereta api  karena umatnya tidak bisa ke gereja.

Denominasi Kristen lainnya, termasuk Anglikan, Lutheran, Metodis dan Presbiterian juga merayakan Rabu Abu, tapi tradisi itu lebih menonjol dalam komunitas Katolik. Pada kenyataannya, hal itu adalah salah satu identitas Katolik.

Apakah dengan menerima abu menyarankan orang berusaha untuk menunjukkan identitasnya ke publik bahkan meskipun mereka merasa sulit menghadiri Misa mingguan? Apakah itu menyentuh kebutuhan masyarakat, terutama dalam dunia yang individualistis?

Sarana sakramental, termasuk abu, rosario, medali, air suci, barang-barang material yang diberkati mengingatkan kita akan Tuhan, dan memiliki tempat khusus dalam komunitas Katolik. Bahkan umat Katolik yang menjauhi dari agama di tangan atau saku mereka sering membawa seutas rosario. Hanya dengan memegangnya dapat memberikan rasa nyaman akan kehadiran Allah.

Sebuah medali santo pelindung menjadi sahabat khusus yang selalu berada bersama Anda. Patung di ruangan dapat menarik Anda di saat-saat tenang.

“Benda-benda material ini menyentuh sisi emosional kita, bagian penting dari pribadi manusia. Kita bisa merasionalisasi tentang Tuhan, Pencipta diciptakan yang mulai semuanya. Kita bisa bangga dengan fisik kita dan orang mengenali kita – tinggi, pendek, berambut pirang, cokelat, hitam atau orang Asia, Afrika, Amerika,” kata Suster Mary Ann Walsh, direktur Hubungan Media Konferensi Waligereja Amerika Serikat.

Ia mengatakan, “Kita hidup dengan jiwa yang memberi kita hidup. Dan semua ini mendukung sisi emosional kita, di mana kita berhubungan dengan orang lain, seringkali tanpa kata, senyum, mengerutkan dahi, yang membuat orang lain paham.”


Bacaan Kitab Suci.

Seringkali pada hari ini bacaan di Gereja diambil dari Alkitab, kitab II Samuel 11-12, perihal raja Daud yang berzinah dan bertobat.

Banyak orang Katolik menganggap hari Rabu Abu sebagai hari untuk mengingat kefanaan seseorang. Pada hari ini umat Katolik berusia 18–59 tahun diwajibkan berpuasa, dengan batasan makan kenyang paling banyak satu kali, dan berpantang.


Rabu Abu Tahun 2013-2019.

Special Upcoming Events  Southport United Methodist Church Ash Wednesday 2013 United Methodist

Rabu Abu jatuh pada tanggal-tanggal berikut pada tahun-tahun mendatang:

  1. 2012 — 22 Februari
  2. 2013 — 13 Februari
  3. 2014 — 5 Maret
  4. 2015 — 18 Februari
  5. 2016 — 10 Februari
  6. 2017 — 1 Maret
  7. 2018 — 14 Februari
  8. 2019 — 6 Maret

Di banyak negara berkebudayaan Katolik Roma di Eropa dan Amerika, Rabu Abu didahului masa karnaval (termasuk misalnya Mardi Gras) yang berakhir pada hari Selasa, sehari sebelum Rabu Abu.

Sumber : 
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Ash_Wednesday
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Rabu_Abu,
  3. http://indonesia.ucanews.com/2013/02/13/sesuatu-yang-perlu-dipahami-dari-rabu-abu/

3 komentar:

  1. mau tanya jadwal misa rabu abu st. kristoforus grogol jam berapa ya?

    BalasHapus
  2. Saya ada pertanyaan dlm group ni...klu katholik terima abu d Anglican atau gereja lain2 sbgai permulaan puasa ianya sah atau tidak...tq

    BalasHapus
  3. Saya ada pertanyaan dlm group ni...klu katholik terima abu d Anglican atau gereja lain2 sbgai permulaan puasa ianya sah atau tidak...tq

    BalasHapus

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...