Jumat, 29 Maret 2013

Pengadilan Terakhir Yesus dalam Injil Nikodemus (Aksi Pilatus)



Berikut saya sajikan kisah pengadilan Yesus 2000-an tahun lalu, kisah ini saya ambil dari Injil Nikodemus, atau dkenal dengan nama "Tindakan Pilatus". Kisah ini tidak akan anda temui di ke-4 injil Sinoptik namun sebagian penggalannya dapat anda temukan di dalamnya. Artikel berikut saya ambil dari : http://www.gnosis.org/library/gosnic.htm dan saya terjemahkan secara kasar lewat "Google Translate", bagi anda yang bisa memperbaikinya bantuanya saya tunggu.

Sebagian besar dari kita selalu menyalahkan Pontius Pilatus sebagai eksekutor penyaliban Yesus.

Dalam kisah ini kita akan menyaksikan peran Kaum Sahedrin, Ahli Taurat, Kaum Farisi berhadapan dengan Nikodemus, Yusuf dari Aritmatea, ke-12 murid Yesus, dan sebagian besar orang yang sudah disembuhkan Yesus, bertarung-habis-habisan untuk membunuh dan membela Yesus di hadapan Pontius Pilatus. Dalam kisah ini pula anda akan mengetahui betapa Pontius Pilatus-pun turut memperjuangkan kebebasan Yesus, namun akhirnya takdir berkata " YESUS HARUS DISALIBKAN!".


Prolog

(Absen dari beberapa manuskrip dan versi).

Saya Ananias (.. Eneas Koptik, Emaus Lat), Pelindung, dari Praetoria rank, pelajari dalam hukum, apakah dari tulisan suci ilahi mengenali Tuhan kita Yesus Kristus dan datang dekat kepadanya dengan iman dan dicatat layak baptisan kudus: dan Saya mencari keluar peringatan yang dibuat pada musim itu di waktu kita menguasai Yesus Kristus, yang orang-orang Yahudi disimpan Pontius Pilatus, dan menemukan peringatan dalam bahasa Ibrani (huruf), dan oleh ridha Allah saya menerjemahkannya ke dalam bahasa Yunani (huruf) untuk menginformasikan semua orang yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus: dalam pemerintahan Tuhan kita Flavius ​​Theodosius, pada tahun ketujuh belas, dan Flavius ​​Valentinianus keenam, di indiction kesembilan [korup: Lat. memiliki tahun kedelapan belas Theodosius, ketika Valentinian diumumkan Augustus, yaitu AD 425].

Kamu semua karena yang membaca ini dan menerjemahkan (atau copy) ke buku-buku lain, ingat saya dan berdoa untuk saya bahwa Allah akan ramah kepada saya dan bermurah hati kepada dosa-dosa saya yang saya telah berdosa terhadap-Nya.

Damai sejahtera bagi mereka yang membaca dan yang mendengar hal ini dan kepada hamba-hamba mereka. Amin.

Pada tahun (al. sembilan belas) kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, kaisar Romawi, dan Herodes, raja Galilea, pada tahun kesembilan belas dari pemerintahannya, pada delapan hari pertama setiap bulan April, yang merupakan 25 Maret, di konsulat dari Rufus dan Rubellio, pada tahun keempat dari 202 Olimpiade, Joseph yang Kayafas menjadi Imam Besar orang Yahudi:

Ini menjadi hal yang setelah salib dan gairah dari Nikodemus Tuhan direkam dan disampaikan kepada imam besar dan seluruh orang-orang Yahudi: dan Nikodemus yang sama mengatur mereka tercantum dalam bahasa Ibrani (huruf).



Saya (Pontius Pilatus)

1 Untuk para imam kepala dan ahli-ahli Taurat berkumpul di dewan, bahkan Hanas dan Kayafas dan Somne (Senes) dan Dothaim (Dothael, Dathaes, Datam) dan Gamaliel, Yudas, dan Levi Nepthalim, Alexander dan Yairus dan sisanya dari orang-orang Yahudi, dan datang Pilatus menuduh Yesus untuk perbuatan banyak, dengan mengatakan: "Kami tahu orang ini, bahwa dia adalah anak Yusuf tukang kayu, diperanakkan Maria, dan ia berkata bahwa ia adalah Anak Allah dan raja, lebih-lebih dia Maha mencemari sabat dan dia akan menghancurkan hukum nenek moyang kita."

Pilatus berkata: "Dan apa hal-hal yang mereka bahwa ia berbuat bakti, dan akan menghancurkan hukum?"

Orang-orang Yahudi berkata: "Kami memiliki hukum bahwa kita seharusnya tidak menyembuhkan siapa pun pada hari Sabat, tetapi orang ini dari perbuatan jahat Nya telah menyembuhkan lumpuh dan membungkuk, yang layu dan buta dan lumpuh, bisu dan mereka yang dimiliki , pada hari Sabat!"

Pilatus berkata kepada mereka: "Dengan apa perbuatan jahat?"

Mereka mengatakan kepadanya: "Dia adalah seorang tukang sihir, dan oleh Beelzebub pangeran dari setan dia mengucilkan setan, dan mereka semua tunduk kepadanya."

Pilatus berkata kepada mereka: "Ini bukan untuk mengusir setan oleh roh jahat, tetapi oleh Asclepius dewa."

2 Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Kami mohon keagungan-Mu bahwa ia muncul sebelum penghakiman kursi-Mu dan didengar". 
Dan Pilatus memanggil mereka kepadanya dan berkata: "Katakan padaku, bagaimana saya bisa yang saya gubernur memeriksa seorang raja?" 
Mereka mengatakan kepadanya: "Kami mengatakan tidak bahwa ia adalah seorang raja, tapi dia firman itu dari dirinya sendiri."

Dan Pilatus disebut utusan (kursor) dan berkata kepadanya: "Biarkan Yesus dibawa ke mari, tapi dengan kelembutan." 
Dan utusan itu pergi keluar, dan ketika ia melihat Yesus dia menyembah dia dan mengambil saputangan yang berada di tangannya dan menyebarkannya di atas bumi dan berkata kepadanya: "Tuhan, berjalan hereon dan masukkan, untuk engkau". 
Ia memanggil gubernur. Dan ketika orang Yahudi melihat apa utusan itu dilakukan, mereka berteriak melawan Pilatus berkata: "Engkau telah membeli Oleh karena itu engkau tidak memanggil dia oleh pemberita untuk masuk, tetapi oleh utusan? "untuk messenger ketika ia melihat dia menyembah Dia dan menyebar keluar saputangan-Nya di atas tanah dan beroleh membuatnya berjalan di atasnya seperti seorang raja!"

3 Pilatus meminta utusan dan berkata kepadanya: "engkau Oleh karena itu melakukan hal ini, dan engkau menyebarkan kerudung Mu atas tanah dan membuat Yesus berjalan di atasnya?" 
Jawab utusan kepada-Nya: "Tuan gubernur, apabila engkau sentest saya ke Yerusalem kepada Alexander, saya melihat Yesus duduk di atas keledai, dan anak-anak dari orang Ibrani diadakan cabang di tangan mereka dan berteriak, dan lain-lain yang tersebar pakaian mereka di bawahnya, mengatakan : Simpan sekarang, engkau bahwa seni dalam tertinggi: diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan."

4 Orang-orang Yahudi berteriak dan berkata kepada utusan: "Anak-anak dari orang Ibrani berteriak dalam bahasa Ibrani: bagaimana kemudian engkau mendatangkan dalam bahasa Yunani?" Jawab utusan kepada mereka: "Aku bertanya salah satu dari orang-orang Yahudi dan berkata: Apa yang mereka berseru dalam bahasa Ibrani? dan ia menafsirkan itu kepadaku."

Pilatus berkata kepada mereka: "Dan bagaimana mereka menangis dalam bahasa Ibrani?" 
Orang-orang Yahudi berkata kepadanya: "Hosanna membrome barouchamma adonai." 
Pilatus berkata kepada mereka: "Dan Hosanna dan sisanya, bagaimana bisa ditafsirkan?" 
Orang-orang Yahudi berkata kepadanya: "Simpan sekarang, engkau bahwa seni dalam tertinggi: diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan." 
Pilatus berkata kepada mereka: "Jika antum saksi dari kata-kata yang dikatakan anak-anak, dimana Maha utusan berdosa?" dan mereka mengadakan perdamaian mereka.

Jawab Gubernur kepada utusan: "Pergilah dan membawanya setelah cara apa engkau layu." 
Dan utusan pergi keluar dan melakukan menurut cara mantan dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, masukkan dalam: dengan engkau" Ia memanggil gubernur.

5 Sekarang ketika Yesus masuk ke dalam, dan ensigns memegang standar, gambar (patung) dari standar membungkuk dan melakukan penghormatan kepada Yesus. Dan ketika orang Yahudi melihat kereta dari standar, bagaimana mereka menundukkan diri dan melakukan penghormatan kepada Yesus, mereka menangis di atas ukuran terhadap ensigns. 
Tetapi Pilatus berkata kepada orang-orang Yahudi: "Marvel kamu tidak bahwa gambar menundukkan diri dan melakukan penghormatan kepada Yesus. ". 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Kami melihat bagaimana ensigns membuat mereka untuk membungkuk dan melakukan penghormatan kepadanya." 
Dan gubernur menyerukan ensigns dan berkata kepada mereka: "Oleh karena itu melakukannya kamu begitu?" 
Mereka mengatakan kepada Pilatus: "Kami adalah orang-orang Yunani dan server dari kuil, dan bagaimana kita bisa melakukan dia hormat? untuk memang, sementara kita memegang gambar mereka membungkuk diri dan melakukan penghormatan kepadanya."

6 Maka kata Pilatus kepada para penguasa rumah ibadat dan tua-tua bangsa: "Pilih Anda keluar pria mampu dan kuat dan membiarkan mereka memegang standar, dan mari kita lihat apakah mereka tunduk dari diri mereka sendiri." 
Dan tua-tua Yahudi dua belas orang yang kuat dan mampu dan membuat mereka untuk memegang standar oleh berenam, dan mereka ditetapkan sebelum kursi pengadilan-gubernur, dan Pilatus berkata kepada utusan: "Bawa dia keluar dari gedung pengadilan ( praetorium) dan membawanya lagi setelah layu cara apa engkau." 
Dan Yesus keluar dari dalam gedung pengadilan, ia dan rasul. Dan Pilatus kepadanya bahwa sebelum mereka memegang gambar dan berkata kepada mereka: "Aku telah bersumpah demi keamanan Caesar bahwa jika standar tidak membungkuk ketika Yesus yang masuk ke dalam, saya akan memenggal kepala Anda."

Dan gubernur memerintahkan Yesus untuk masuk dalam kedua kalinya. Dan utusan melakukan menurut cara mantan dan menyembah Yesus banyak bahwa ia akan berjalan di atas kerudung itu, dan ia berjalan di atasnya dan masuk masuk Dan ketika ia masuk, standar membungkuk diri lagi dan melakukan penghormatan kepada Yesus.

II

1 Sekarang, ketika Pilatus melihatnya ia takut, dan berusaha untuk bangkit dari kursi pengadilan. Dan sementara ia belum berpikir untuk bangkit, isterinya mengirim kepadanya, mengatakan: "Apakah engkau tidak ada hubungannya dengan ini orang benar, karena aku telah menderita banyak hal karena dia pada malam hari." 
Dan Pilatus kepadanya semua orang Yahudi, dan berkata kepada mereka: "Kamu tahu, bahwa istri saya takut akan Tuhan dan favoureth lebih kepada kebiasaan orang-orang Yahudi, dengan Anda?" 
Mereka mengatakan kepadanya: "Ya, kita tahu itu." 
Pilatus berkata kepada mereka: "Lo, istri saya telah mengutus kepadaku, mengatakan: Apakah engkau tidak ada hubungannya dengan pria hanya: karena aku telah menderita banyak hal karena dia pada malam hari." 
Orang-orang Yahudi menjawab dan berkata kepada Pilatus: "Mengatakan kami tidak bagi-Mu bahwa ia adalah seorang penyihir? lihatlah, dia telah mengutus visi dari mimpi kepada isterimu."

2 Dan Pilatus menyebut Yesus kepadanya dan berkata kepadanya: "Apa yang saksi-saksi ini terhadap Engkau? bicara dengan engkau apa-apa?" 
Tetapi Yesus berkata: "Jika mereka tidak memiliki kekuatan mereka akan berbicara apa-apa, karena setiap orang berkuasa atas mulutnya sendiri, untuk berbicara baik atau jahat: mereka akan melihat itu."

3 Para pemimpin Yahudi menjawab dan berkata kepada Yesus: "Apa yang harus kita lihat? Pertama, bahwa engkau wast lahir dari perzinahan, kedua, bahwa kelahiran Mu di Betlehem adalah penyebab pembunuhan anak-anak, ketiga, bahwa ayahmu dan ibumu, Joseph Maria melarikan diri ke Mesir karena mereka tidak memiliki keyakinan di hadapan rakyat."

4 Maka kata tertentu dari mereka yang berdiri, orang-orang yang saleh dari orang-orang Yahudi: "Kami mengatakan bahwa ia tidak datang dari percabulan, tetapi kita tahu bahwa Yusuf bertunangan kepada Maria, dan ia tidak dilahirkan dari percabulan." 
Pilatus berkata kepada orang-orang Yahudi yang mengatakan bahwa ia datang dari percabulan: "ini Anda katakan tidak benar untuk ada espousals, karena ini juga mengatakan yang bangsa Anda." 
Hanas dan Kayafas berkata kepada Pilatus: "Banyak itu dari kita berseru bahwa ia lahir dari percabulan, dan kami tidak percaya, tetapi ini adalah penganut agama dan murid-Nya." 
Dan Pilatus Hanas dan Kayafas kepadanya dan berkata kepada mereka: "Apa yang menjadi proselit?" 
Mereka mengatakan kepadanya: "Mereka lahir anak dari Yunani, dan sekarang mereka menjadi orang-orang Yahudi." 
Lalu kata mereka "yang bilang aku bahwa ia tidak dilahirkan dari zinah, bahkan Lazarus, Asterius, Antonius, Yakub, Amnes, Zenas, Samuel, Ishak, Phinees, Krispus, Agripa dan Yudas: Kami tidak dilahirkan proselit (tidak Yunani, Koptik .), tapi kami adalah anak-anak Yahudi dan kami berbicara kebenaran, karena sesungguhnya kami hadir di espousals Yusuf dan Maria."

5 Dan Pilatus kepada-Nya kedua belas orang yang mengatakan bahwa ia tidak dilahirkan dari zinah, dan berkata kepada mereka: "Aku menyumpahi kamu demi keamanan Caesar, yang hal-hal yang benar yang telah kamu mengatakan, bahwa ia tidak dilahirkan dari perzinahan?" 
Mereka mengatakan kepada Pilatus: "Kami memiliki hukum yang kita bersumpah tidak, karena itu adalah dosa: Tapi biarkan mereka bersumpah dengan keamanan Caesar bahwa hal itu tidak seperti yang kita katakan, dan kami akan dihukum mati." 
Pilatus berkata kepada Hanas dan Kayafas: "Jawaban kamu tidak ada hal-hal ini?" 
Hanas dan Kayafas berkata kepada Pilatus: "Kedua belas orang yang diyakini mengatakan bahwa ia tidak dilahirkan dari percabulan, namun banyaknya seluruh kita berseru bahwa ia lahir dari perbuatan zina, dan seorang tukang sihir, dan berkata bahwa dia adalah Anak Allah dan raja, dan kita tidak percaya."

6 Dan Pilatus menyuruh orang banyak itu untuk pergi keluar, menyelamatkan dua belas pria yang mengatakan bahwa ia tidak dilahirkan dari percabulan dan ia diperintahkan Yesus harus dipisahkan: dan Pilatus berkata kepada mereka: "Untuk apa penyebab mereka ingin membunuh dia ?" 
Mereka mengatakan kepada Pilatus: "Mereka memiliki rasa iri, karena ia menyembuhkan bekas pada hari Sabat." 
Kata Pilatus: karena suatu pekerjaan baik mereka ingin membunuh dia? 
Mereka mengatakan kepadanya: "Ya."

III

1 Dan Pilatus dipenuhi dengan kemarahan dan pergi keluar tanpa gedung pengadilan dan berkata kepada mereka: "saya sebut Matahari untuk menyaksikan bahwa aku menemukan kesalahan dalam diri manusia ini." 
Orang-orang Yahudi menjawab dan berkata kepada gubernur: "Jika orang ini adalah bukan penjahat kami tidak akan menyerahkan dia kepadamu". 
Dan Pilatus mengatakan: "Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukum Anda." 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Tidak halal bagi kita untuk menempatkan seseorang untuk mati." 
Pilatus berkata: "Sudahkah Tuhan dilarang untuk membunuh Anda, dan memungkinkan saya?"

2 Dan Pilatus masuk lagi ke dalam gedung pengadilan dan memanggil Yesus terpisah dan berkata kepadanya: "Engkau inikah raja orang Yahudi?" 
Yesus menjawab dan berkata kepada Pilatus: "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?" 
Jawab Pilatus: Yesus: "Apakah saya juga seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala telah menyerahkan engkau kepadaku: apa yang telah kauperbuat?" 
Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini, sebab jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, hamba-Ku akan berjuang bahwa saya tidak harus disampaikan kepada orang Yahudi, tetapi sekarang adalah kerajaan saya tidak dari sini." 
Pilatus berkata kepadanya: "engkau seorang raja, maka?" 
Yesus menjawab: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja, untuk alasan ini saya lahir dan saya datang, bahwa setiap orang yang berasal dari kebenaran harus mendengar suara saya." 
Pilatus berkata kepadanya: "Apakah kebenaran itu?"
Kata Yesus kepadanya: "Kebenaran adalah surga." 
Kata Pilatus: "Apakah tidak ada kebenaran di atas bumi?" 
Yesus berkata kepada Pilatus: "kaulihat bagaimana bahwa mereka yang berbicara kebenaran dihakimi dari mereka yang memiliki otoritas di bumi."

IV

1 Lalu Pilatus meninggalkan Yesus di gedung pengadilan dan pergi keluar untuk orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: "Saya menemukan kesalahan dalam dirinya." 
Orang-orang Yahudi berkata kepadanya: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah ini dan dalam tiga hari untuk membangunnya." 
Kata Pilatus: "Apa Bait Allah?"
Orang-orang Yahudi berkata: "Apa yang Salomo dibangun dalam empat puluh dan enam tahun, tapi yang ini firman pria yang akan menghancurkan dan membangunnya kembali dalam tiga hari." 
Pilatus berkata kepada mereka: "Saya tidak bersalah terhadap darah orang ini hanya kamu melihat itu." Orang-orang Yahudi berkata: "darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kita."

2 Dan Pilatus memanggil para tua-tua dan para imam dan orang-orang Lewi kepadanya dan berkata kepada mereka diam-diam: "Jangan begitu, sebab tidak ada yang layak dihukum mati kadarnya kamu menuduhnya, karena tuduhan Anda tentang penyembuhan dan mencemarkan atas hari Sabat." 
Para tua-tua dan para imam dan orang Lewi mengatakan: "Jika seorang pria menghujat terhadap Caesar, dia layak dihukum mati atau tidak?" 
Pilatus berkata: "Dia layak kematian." 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Jika seorang pria menjadi layak mati jika dia menghujat Caesar, ini Manusia berkuasa dihujat melawan Allah."

3 Lalu gubernur memerintahkan semua orang Yahudi untuk pergi keluar dari gedung pengadilan, dan ia menyebut Yesus kepadanya dan ia berkata kepadanya: "Apa yang harus saya lakukan dengan engkau? "
Yesus berkata kepada Pilatus: "Lakukan seperti firman telah diberikan kepadamu." 
Kata Pilatus: "Bagaimana Sudahkah itu diberikan?" 
Yesus berkata: "Musa dan para nabi itu meramalkan tentang kematian saya dan naik lagi." 
Sekarang orang-orang Yahudi bertanya secara diam-diam dan mendengar, dan mereka mengatakan kepada Pilatus: "Apa needest engkau mendengar lebih lanjut dari penghujatan ini?" 
Pilatus berkata kepada orang-orang Yahudi: "Jika kata ini menjadi penghujatan, mengambil kamu dia untuk penghujatan, dan membawanya ke dalam rumah ibadat dan hakimilah Dia menurut hukum Anda. "
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Hal ini terkandung dalam hukum kita, bahwa jika seorang pria dosa terhadap seorang pria, dia layak untuk menerima empat puluh garis menyimpan satu: tapi dia yang menghujat melawan Allah, bahwa ia harus dirajam dengan rajam."

4 Pilatus berkata kepada mereka: "Ambillah Dia dan membalaskan dendam diri dari dirinya dengan cara apa kamu akan." 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Kami akan bahwa ia akan disalibkan." 
Pilatus berkata: "Dia tidak deserveth untuk disalibkan."

5 Sekarang sebagai gubernur tampak sekeliling pada banyak orang Yahudi yang berdiri, ia melihat banyak menangis Yahudi, dan berkata: "Tidak semua keinginan banyak bahwa ia harus dihukum mati." 
Yang lebih tua dari orang-orang Yahudi berkata: "Untuk tujuan ini telah orang banyak itu dari kita datang, bahwa ia harus dihukum mati." 
Pilatus berkata kepada orang-orang Yahudi: "Oleh karena itu seharusnya dia mati?" 
Orang-orang Yahudi berkata: "Karena ia menyebut dirinya Anak Allah, dan seorang raja."

V

1 Tetapi orang tertentu, Nikodemus, seorang Yahudi, datang dan berdiri di hadapan gubernur dan berkata: "Aku mohon kepadamu, baik (saleh) tuan, tawaran saya berbicara beberapa kata." 
Kata Pilatus: "Katakanlah ". 
Nikodemus berkata: "Aku berkata kepada para tua-tua dan para imam dan orang Lewi dan kepada semua banyak orang Yahudi di sinagoga: Oleh karena itu bersaing kamu dengan orang ini? Orang ini berbuat banyak tanda dan indah, yang tidak ada orang dilakukan, tidak akan melakukan: biarkan dia sendirian dan tidak merancang kejahatan apapun terhadap dirinya: jika tanda-tanda yang ia berbuat bakti berasal dari Allah, mereka akan berdiri, tetapi jika mereka menjadi laki-laki, mereka akan menjadi sia-sia. Untuk Musa sesungguhnya, ketika ia dikirim Allah ke Mesir melakukan banyak tanda-tanda, yang diperintahkan Allah kepadanya yang harus dilakukan sebelum Firaun, raja Mesir, dan di sana ada beberapa orang hamba Firaun, Yanes dan Yambres, dan mereka juga melakukan tanda-tanda tidak sedikit, dari mereka yang Musa lakukan, dan Mesir menahan mereka sebagai dewa, bahkan Yanes dan Yambres: dan sedangkan tanda-tanda yang mereka lakukan itu bukan dari Allah, mereka tewas dan mereka juga yang percaya pada mereka. Dan sekarang biarkan orang ini pergi, karena ia tidak layak dihukum mati."

2 Orang-orang Yahudi berkata kepada Nikodemus: "Engkau menjadi muridnya dan engkau bicara dengan atas namanya." 
Nikodemus berkata kepada mereka: "Apakah gubernur juga menjadi muridnya, bahwa ia mengucapkan atas namanya? tidak Caesar mengangkatnya kepada martabat ini?" 
Dan orang-orang Yahudi mengamuk dan kertak gigi mereka terhadap Nikodemus. 
Pilatus berkata kepada mereka: "Oleh karena itu gnash kamu gigi Anda melawan dia, wherens telah kamu dengar kebenaran?" 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Nikodemus: "Maka engkau menerima kebenaran dan bagiannya. "
Nikodemus berkata: "Amin, Amin: semoga aku menerima itu sebagai kamu katakan."

VI

1 Sekarang salah satu dari orang-orang Yahudi datang ke depan dan besought gubernur bahwa ia bisa berbicara sepatah kata pun. 
Jawab Gubernur: "Jika engkau mengatakan apa pun, berbicara tentang." 
Dan orang Yahudi berkata: "Tiga puluh delapan tahun dan berbaring di tempat tidur saya dalam penderitaan sakit, dan pada kedatangan Yesus banyak yang dimiliki dan diletakkan dengan penyakit penyelam disembuhkan oleh-Nya, dan tertentu (setia) pemuda mengambil kasihan pada saya dan membawaku dengan tempat tidur saya dan membawa saya kepada-Nya, dan ketika Yesus melihat saya dia punya kasih sayang, dan berfirman kata kepadaku: Ambil tilammu dan berjalan. Dan aku mengambil tidur saya dan berjalan." 
Orang-orang Yahudi berkata kepada Pilatus: "Tanyakan padanya apa yang hari itu diinjak dia sembuh?" 
Dia yang menyembuhkan berkata: "Pada hari Sabat." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Apakah kita tidak menginformasikan engkau begitu, bahwa pada hari Sabat Ia menyembuhkan bekas dan mengucilkan setan?"

2 Dan Yahudi lain datang ke depan dan berkata: "Aku dilahirkan buta: Aku mendengar kata-kata tetapi saya melihat wajah tak bertuan, dan seperti Yesus lewat aku menangis dengan suara nyaring: Kasihanilah aku, Wahai putera Daud. Dan ia mengambil kasihan pada saya dan meletakkan tangannya di atas mataku dan aku dapat melihat dengan segera." 
Dan Yahudi lain datang ke depan dan berkata: "Aku tertunduk dan ia membuat saya lurus dengan kata. "
Yang lain berkata: "Aku adalah penderita kusta, dan dia menyembuhkan saya dengan kata."

VII

Dan seorang wanita tertentu yang bernama Bernice (.. Beronice Koptik, Veronica Lat) menangis keluar dari kejauhan mengatakan: "Saya memiliki masalah darah (pendarahan) dan menjamah jumbai jubah-Nya, dan mengalir darah saya tinggal yang saya punya dua belas tahun." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Kami memiliki hukum bahwa seorang wanita tidak akan datang untuk memberikan kesaksian."

VIII

Dan lain-lain tertentu, bahkan banyak baik laki-laki dan perempuan berseru: "Orang ini adalah seorang nabi dan setan tunduk kepadanya." 
Pilatus berkata kepada mereka yang mengatakan: "The setan tunduk kepadanya: Karena itu tidak guru Anda juga tunduk kepadanya?" 
Mereka mengatakan kepada Pilatus: "Kita tidak tahu." 
Lainnya juga mengatakan: "Dia membangkitkan Lazarus yang sudah mati keluar dari makamnya setelah empat hari." 
Dan gubernur takut dan berkata kepada semua banyak orang Yahudi: "Oleh karena itu akan kamu menumpahkan darah tak berdosa?"

IX

1 Ia memanggil kepadanya Nikodemus dan mereka dua belas orang yang mengatakan bahwa ia tidak dilahirkan dari zinah, dan berkata kepada mereka: "Apa yang harus saya lakukan, karena ada bangunlah hasutan antara orang-orang?" 
Mereka mengatakan kepadanya: "Kami tidak tahu, biarkan mereka melihat itu." 
Sekali lagi Pilatus menyerukan semua banyak orang Yahudi dan berkata: "Kamu tahu bahwa kamu ada kebiasaan, bahwa pada hari raya Roti Tidak Beragi aku membebaskan seorang tahanan kepada Anda. Sekarang saya memiliki seorang tahanan di bawah kutukan di penjara, pembunuh, Barabas dengan nama, dan ini juga yang akan mendampingi Yesus sebelum Anda, kepada-Nyalah Aku menemukan kesalahan: Siapa yang kamu kehendaki aku melepaskan kepadamu?" 
Tapi mereka berteriak: "Barabas." 
Pilatus berkata: "Apa yang harus saya lakukan dengan Yesus yang disebut Kristus?" 
Orang-orang Yahudi berkata: "Ia harus disalibkan." 
Tapi tertentu dari orang-orang Yahudi menjawab: "Engkau bukan teman Kaisar jika engkau membiarkan orang ini pergi, karena ia menyebut dirinya Anak Allah dan raja: engkau karena memiliki dia untuk raja, dan bukan Caesar."

2 Dan Pilatus adalah murka dan berkata kepada orang-orang Yahudi: "Bangsa Anda selalu memberontak terhadap hasutan dan kamu dermawan Anda." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Melawan apa yang dermawan?" 
Kata Pilatus: "Menurut yang saya dengar, Allahmu membawa kamu keluar dari Mesir keluar dari perbudakan keras, dan memimpin Anda aman melalui laut sebagai oleh lahan kering, dan di padang gurun ia dipelihara dengan manna dan burung puyuh memberi Anda, dan memberi Anda air minum dari batu, dan memberikan kepadamu hukum. Dan dalam semua hal kamu memprovokasi Allahmu marah, dan mencari suatu anak lembu tuangan, dan marah Allahmu dan ia berusaha untuk membunuh Anda: Musa dan membuat permohonan untuk Anda dan kamu tidak dihukum mati. Dan sekarang kamu jangan menuduh saya bahwa saya benci raja (kaisar)."

3 Ia bangkit dari kursi pengadilan dan mencari kesempatan untuk berangkat. Dan orang-orang Yahudi berteriak, dengan mengatakan: "Kami tahu raja kami, bahkan Caesar dan bukan Yesus. Karena sesungguhnya orang-orang majus membawa hadiah dari timur kepadanya seperti kepada raja, dan ketika Herodes mendengar dari orang-orang bijak bahwa seorang raja lahir, ia berusaha untuk membunuh dia, dan ketika ayahnya Yusuf tahu bahwa, ia mengambil dia dan ibu dan mereka melarikan diri ke Mesir. Dan ketika Herodes mendengar hal itu dia menghancurkan anak-anak dari orang Ibrani yang lahir di Betlehem."

4 Dan ketika Pilatus mendengar kata-kata ini dia takut. Dan Pilatus membungkam orang banyak, karena mereka masih menangis, dan berkata kepada mereka: "Jadi, kemudian, ini dia yang dicari Herodes?" 
Orang-orang Yahudi berkata: "Ya, ini dia." 
Dan Pilatus mengambil air dan mencuci tangannya sebelum matahari, mengatakan: "Saya tidak bersalah terhadap darah orang ini hanya kamu melihat itu." 
Sekali lagi orang-orang Yahudi berteriak: "darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami."

5 Pilatus memerintahkan jilbab yang akan ditarik sebelum diinjak penghakiman-kursi ia duduk, dan berkata kepada Yesus: "Mu bangsa Maha engkau dihukum (engkau dituduh) sebagai seorang raja: karena telah saya memutuskan supaya engkau pertama kali dicambuk sesuai dengan hukum kaisar saleh, dan kemudian digantung di atas kayu salib di kebun mana Engkau telah diambil: dan membiarkan Dysmas dan Gestas dua penjahat disalibkan dengan engkau."

X

1 Lalu Yesus pergi keluar dari gedung pengadilan dan dua penjahat dengan dia. Dan ketika mereka datang ke tempat mereka menanggalkan pakaiannya dan Girt dia dengan kain linen dan meletakkan mahkota duri mengenai kepalanya: juga juga mereka digantung dua penjahat. 
Tetapi Yesus berkata: "Bapa ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan." Dan prajurit membagi pakaian-Nya di antara mereka.

Dan orang-orang berdiri melihat kepadanya, dan imam-imam kepala dan penguasa dengan mereka mencemoohkan Dia, berkata: "Dia telah menyelamatkan orang lain membiarkan dia menyelamatkan dirinya: jika ia menjadi anak Allah [membiarkan dia turun dari salib]." 
Dan prajurit juga mengolok-olokkan Dia, datang dan menawarkan kepadanya cuka dengan empedu, dan mereka mengatakan: "Jika Engkau Raja orang Yahudi, menyelamatkan dirimu sendiri."

Dan Pilatus setelah kalimat memerintahkan tuduhannya yang akan ditulis untuk judul dalam huruf Yunani dan Latin dan Ibrani sesuai dengan mengatakan orang Yahudi: "bahwa dia adalah Raja orang Yahudi."

2 Dan salah satu penjahat yang digantung [oleh Gestas nama] berbicara kepadanya, mengatakan: "Jika Engkau Mesias, simpan dirimu sendiri, dan kita." 
Tapi Dysmas menjawab menegurnya, mengatakan: "Engkau Dost sama sekali tidak takut kepada Tuhan, melihat engkau dalam kecaman yang sama? dan kami memang adil, karena kita menerima pahala karena dari perbuatan kita, tetapi orang ini, telah melakukan apa-apa salah." 
Dan ia berkata kepada Yesus: Ingat saya, Tuhan, di kerajaan-Mu. Dan Yesus berkata kepadanya: "Sesungguhnya, Aku berkata kepadamu, bahwa hari ini engkau akan (art) dengan Aku di dalam Firdaus."

XI

1 Dan itu sekitar jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh tanah itu sampai jam tiga, untuk matahari gelap: dan tabir Bait Suci terbelah terbelah di tengah-tengah. Maka Yesus memanggil dengan suara nyaring dan berkata: "Bapa, baddach ephkid rouel, yang ditafsirkan: Ke tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." 
Dan setelah berkata demikian ia menyerahkan nyawa-Nya. Dan ketika kepala pasukan melihat apa yang telah dilakukan, ia memuliakan Allah, katanya: "Orang ini benar." 
Dan semua orang banyak yang datang untuk melihat, ketika mereka melihat apa yang dilakukan memukul dada mereka dan kembali.

2 Tetapi perwira melaporkan kepada gubernur hal-hal yang telah terjadi, dan ketika gubernur dan istrinya mendengar, mereka yang sakit kesal, dan tidak makan atau minum hari itu. Dan Pilatus menyuruh orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: "Apakah kamu melihat bahwa yang datang untuk lulus?" 
Tapi mereka mengatakan: "Ada sebuah gerhana matahari setelah semacam terbiasa."

3 Dan kenalannya telah berdiri jauh, dan wanita yang datang dengan Yesus dari Galilea, amati hal-hal ini. Tapi seorang pria tertentu yang bernama Yusuf, menjadi konselor, kota Arimatea, yang juga dirinya mencari Kerajaan Allah orang ini pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Dan dia mengambil itu dan membungkusnya dengan kain linen bersih dan meletakkannya di sebuah makam hewn mana adalah belum pernah dimakamkan seseorang.

XII

1 Sekarang ketika orang Yahudi mendengar bahwa Yusuf telah meminta mayat Yesus, mereka berusaha untuk dia dan untuk dua belas orang yang mengatakan bahwa Yesus tidak dilahirkan dari zinah, dan bagi Nikodemus dan banyak orang lain yang telah maju hadapan Pilatus dan dinyatakan baiknya bekerja. Tapi semua mereka menyembunyikan diri mereka sendiri, dan Nikodemus hanya terlihat dari mereka, karena ia adalah seorang pemimpin agama Yahudi. 
Dan Nikodemus berkata kepada mereka: "Bagaimana kamu datang ke rumah ibadat?" 
Orang-orang Yahudi berkata kepadanya: "Bagaimana Syibli datang ke rumah ibadat? karena engkau konfederasi dengan dia, dan bagian-Nya akan menyertai engkau dalam kehidupan yang akan datang". 
Nikodemus berkata: "Amin, Amin." 
Demikian juga Yusuf juga datang maju dan berkata kepada mereka: "Mengapa kamu jengkel terhadap saya, untuk itu saya meminta mayat Yesus? lihatlah aku telah membaringkannya dalam kuburan baru saya, setelah membungkusnya dengan kain bersih, dan aku berguling batu di atas pintu gua. Dan kamu tidak ditangani dengan baik dengan hanya satu, karena kamu tidak bertobat ketika kamu menyalibkan Dia, namun kamu juga menusuknya dengan tombak."

Tetapi orang-orang Yahudi memegang pada Yusuf dan memerintahkan dia untuk diletakkan di perlindungan sampai hari pertama minggu itu: dan mereka berkata kepadanya: "Engkau Tahu bahwa alloweth waktu kita untuk tidak melakukan apa-apa terhadap engkau, karena dawneth Sabat: tapi tahu bahwa engkau tidak mendapatkan pemakaman, tetapi kami akan memberikan daging-Mu kepada unggas di langit." 
Jusuf berkata kepada mereka: "Ini adalah firman Goliat sombong yang mencela Allah yang hidup dan Daud suci. Karena Allah dikatakan oleh nabi: Pembalasan adalah milikku, dan saya akan membalas, demikianlah firman Tuhan. Dan sekarang, lo, salah satu yang tidak disunat, namun disunat dalam hati, mengambil air dan mencuci tangannya sebelum matahari, mengatakan: Saya Innocent dari darah orang ini hanya kamu melihat itu. Lalu kamu menjawab Pilatus dan berkata: darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami. Dan sekarang Saya takut murka Tuhan datang kepadamu dan kepada anak-anak Anda, seperti yang kamu katakan." 
Tetapi ketika orang-orang Yahudi mendengar kata-kata yang mereka wax pahit dalam jiwa, dan menangkap berpegang pada Yusuf dan membawanya dan menutup dirinya di sebuah rumah dimana ada jendela, dan penjaga ditetapkan pada pintu: dan mereka menyegel pintu tempat di mana Yusuf diam.

2 Dan pada hari Sabat penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi membuat suatu peraturan bahwa semua orang harus muncul di rumah ibadat pada hari pertama minggu itu. Dan semua orang banyak bangun pagi-pagi dan mengambil dewan di sinagoga dengan apa kematian mereka harus membunuhnya. Dan ketika dewan didirikan mereka memerintahkan dia untuk dibawa dengan tidak hormat yang besar. Dan ketika mereka telah membuka pintu mereka tidak menemukan Dia. Dan semua orang berada di samping mereka sendiri dan kagum, karena mereka menemukan segel ditutup, dan Kayafas memiliki kuncinya. Dan mereka berani tidak lagi menumpangkan tangan kepada mereka yang telah berbicara dalam nama Yesus di hadapan Pilatus.

XIII

1 Dan sementara mereka belum duduk di rumah ibadat dan kagum karena Yusuf, datanglah beberapa penjaga yang orang-orang Yahudi telah meminta Pilatus untuk menjaga kubur Yesus supaya barangkali murid-muridnya harus datang dan mencuri dia pergi. 
Mereka berbicara dan menyatakan kepada para penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi apa yang telah terjadi: bagaimana bahwa ada gempa bumi yang dahsyat, dan kami melihat seorang malaikat turun dari surga, dan ia berguling batu itu dari mulut gua, dan duduk di atasnya. Dan dia bersinar seperti salju dan seperti kilat, dan kami sangat ketakutan dan berbaring seperti orang mati. 
Dan kami mendengar suara malaikat berbicara dengan wanita yang menunggu di kubur itu, dengan mengatakan: "kamu takut tidak, karena aku tahu bahwa kamu mencari Yesus yang disalibkan.Dia tidak ada di sini: dia bangkit, seperti katanya. Ayo, lihatlah tempat Ia berbaring, dan pergi dengan cepat dan berkata kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati, dan di Galilea."

2 Orang-orang Yahudi berkata: "Dengan apa yang wanita berfirman dia?" 
Mereka penjaga berkata: "Kita tidak tahu siapa mereka." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Jam berapa itu?" 
Mereka penjaga berkata: "Pada tengah malam." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Dan mengapa engkau tidak mengambil wanita?" 
Mereka penjaga mengatakan: "Kami menjadi seperti mati saya melalui ketakutan, dan kami melihat tidak melihat cahaya hari, bagaimana kita kemudian bisa membawa mereka?" 
Orang-orang Yahudi berkata: "Seperti Tuhan hidup, kami yakin Anda tidak. Mereka pengawal mengatakan kepada orang-orang Yahudi: tanda Begitu banyak melihat kamu dalam orang itu, dan kamu tidak percaya, bagaimana kemudian harus kamu percaya kita? Sesungguhnya kamu benar sware 'sebagai Tuhan itu hidup', karena Ia hidup memang." 
Sekali lagi mereka dari penjaga berkata: "Kami telah mendengar bahwa kamu tutup mulut dia yang meminta mayat Yesus, dan bahwa kamu skala pintu, dan ketika kamu telah membukanya kamu tidak menemukannya. Berikan Karena itu sadarlah Yusuf dan kami akan memberikan Yesus." 
Orang-orang Yahudi berkata: "Yusuf berangkat ke kota-Nya sendiri." 
Mereka pengawal mengatakan kepada orang-orang Yahudi: "Yesus juga telah bangkit, seperti yang kita telah mendengar tentang malaikat, dan dia berada di Galilea."

3 Dan ketika orang-orang Yahudi mendengar kata-kata mereka sangat ketakutan, mengatakan: "Waspadalah supaya jangan ada laporan ini didengar dan semua miring orang kepada Yesus." 
Dan orang-orang Yahudi mengambil nasihat dan meletakkan banyak uang dan memberikannya kepada para prajurit, dengan mengatakan: "Katakanlah kamu: Sementara kita tidur murid-muridnya datang pada malam hari dan mencuri dia pergi. Dan jika ini datang ke sidang gubernur kita akan membujuknya dan mengamankan Anda." 
Dan mereka mengambil uang itu dan berbuat seperti yang mereka diperintahkan. [Dan ini ucapan mereka diterbitkan di luar negeri di antara semua pria. lat.]

XIV

1 Sekarang Phinees imam tertentu yang bernama Addas dan seorang guru dan Aggaeus (.. Ogias Koptik, Egias lat) seorang Lewi datang dari Galilea ke Yerusalem dan mengatakan para penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi, mengatakan: "Kami melihat Yesus dan murid-muridnya duduk di atas gunung yang disebut Mamilch (Mambre atau Malech lat, Mabrech Koptik..), dan dia berkata kepada murid-murid-Nya: Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah kepada setiap makhluk (seluruh ciptaan): dia yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi ia disbelieveth yang harus dihukum. [Dan tanda-tanda ini harus mengikuti atas mereka yang percaya: dalam nama-Ku mereka akan mengusir setan, mereka akan berbicara dengan bahasa baru, mereka akan mengambil ular, dan jika mereka minum setiap hal yang mematikan itu tidak akan menyakiti mereka: mereka akan meletakkan tangan atas sakit dan mereka akan sembuh] Dan. sedangkan Yesus belum berbicara kepada para murid-Nya kita melihat dia terangkat ke surga."

2 Para tua-tua dan para imam dan orang Lewi mengatakan: "Berikan kemuliaan kepada Allah Israel dan membuat pengakuan kepadanya: apakah kamu memang (atau yang kamu lakukan) mendengar dan melihat hal-hal yang telah kamu mengatakan kepada kami?" 
Mereka yang mengatakan mereka berkata: "Sebagai TUHAN, Allah nenek moyang kita Abraham, Ishak, dan Yakub hidup, kita mendengar hal-hal ini dan kami melihat dia terangkat ke surga." 
Para tua-tua dan para imam dan orang Lewi berkata kepada mereka: "Kedatangan kamu untuk tujuan ini, supaya kamu memberitahu kami, atau datang kamu untuk membayar janji Anda kepada Tuhan?" 
Dan mereka berkata: "Untuk membayar janji kami kepada Allah." 
Para tua-tua dan imam-imam kepala dan orang-orang Lewi berkata kepada mereka: "Jika kamu datang untuk membayar janji Anda kepada Allah, untuk tujuan apa ini kisah menganggur yang telah kamu mengoceh sebelum semua orang?" 
Phinees imam dan Addas guru dan Aggaeus Lewi mengatakan kepada para penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi: "Jika kata-kata yang telah kamu berbicara dan melihat akan dosa, lo, kita berada di depan Anda: lakukan kepada kita sebaik disangka dalam Anda mata. Dan mereka mengambil kitab hukum dan adjured mereka bahwa mereka seharusnya tidak lagi memberitahu siapapun kata-kata ini: dan mereka memberi mereka makan dan minum, dan menempatkan mereka keluar dari kota: apalagi mereka memberi mereka uang, dan tiga laki-laki untuk pergi bersama mereka, dan mereka mengatur mereka dalam perjalanan mereka sejauh Galilea, dan mereka berangkat dalam damai."

3 Sekarang ketika orang-orang ini berangkat ke Galilea, imam-imam kepala dan penguasa rumah ibadat dan para tetua berkumpul di rumah ibadat, dan menutup pintu gerbang, dan meratap dengan ratapan yang besar, mengatakan: "Apa ini tanda yang datang ke lulus dalam Israel?" 
Tapi Amlas dan Kayafas mengatakan: "Oleh karena itu yang kamu terganggu? mengapa menangis kamu? Tahukah kamu, bahwa murid-muridnya memberikan banyak emas kepada mereka yang membuat kubur itu dan mengajar mereka untuk mengatakan bahwa seorang malaikat turun dan berguling batu itu dari pintu makam?" 
Tetapi para imam dan tua-tua berkata: "Jadilah begitu, bahwa murid-murid-Nya tidak mencuri tubuhnya, tetapi bagaimana jiwanya masuk ke dalam tubuhnya, dan bagaimana dia Barangsiapa tinggal di Galilea? "
Tapi mereka tidak bisa menjawab hal-hal ini, dan hampir pada akhirnya berkata: "Tidak halal bagi kita untuk percaya tidak disunat. [Lat. (Dan Koptik, dan Arm..): Seharusnya kita untuk percaya para prajurit, bahwa seorang malaikat turun dari surga dan berguling batu itu dari pintu makam? tetapi sebenarnya murid-muridnya memberi. . . kubur. Tidak tahukah kamu, bahwa tidak halal bagi orang Yahudi untuk percaya setiap kata yang tidak disunat, mengetahui bahwa mereka yang menerima lebih baik dari kami telah berbicara sesuai seperti yang kita mengajar mereka.]"

XV

Dan Nikodemus bangkit dan berdiri di hadapan dewan, mengatakan: "Ye mengatakan baik. Tidak tahukah kamu, hai umat Tuhan, orang-orang yang turun dari Galilea, bahwa mereka takut akan Allah dan orang-orang substansi, membenci ketamakan (kebohongan, Lat.), Pria perdamaian? Dan mereka telah mengatakan kepada Anda dengan sumpah, mengatakan: Kami melihat Yesus di atas Gunung Mamilch dengan murid-murid-Nya dan bahwa ia mengajarkan mereka semua yang kamu dengar dari mereka, dan, kata mereka, kita melihat dia terangkat ke surga. Dan tidak ada seorangpun yang meminta mereka dengan cara apa ia diambil. Karena seperti sebagai kitab suci Kudus telah mengajarkan kita bahwa Elias juga diangkat ke surga, dan Eliseus berseru dengan suara nyaring, dan Elias melemparkan jubah berbulu pada Eliseus, dan Eliseus melemparkan jubah itu kepada Yordania dan melewati dan pergi kepada Yerikho. Dan anak-anak para nabi menemuinya dan berkata: Eliseus, di mana Mu lord Elias? dan dia mengatakan bahwa dia diangkat ke surga. Dan mereka berkata kepada Eliseus: Sudahkah bukan roh menangkapnya dan melemparkannya pada salah satu gunung? tetapi marilah kita mengambil hamba-hamba kami dengan kami dan mencari setelah dia. Dan mereka membujuk Eliseus dan ia pergi bersama mereka, dan mereka mencari dia tiga hari dan menemukan dia tidak: dan mereka tahu bahwa ia telah diambil. Dan sekarang dengarkanlah aku, dan mari kita kirim ke seluruh daerah (al. pegunungan) Israel dan melihat apakah Kristus tidak diambil oleh semangat dan cor pada salah satu gunung. Dan ini mengatakan senang mereka semua, dan mereka dikirim ke seluruh daerah (pegunungan, Lat.) Dan mencari Yesus dan menemukan dia tidak. Tapi mereka menemukan Yusuf di Arimatea, dan tidak ada orang yang berani meletakkan tangan atasnya."

2 Dan mereka mengatakan kepada para tetua dan para imam dan orang Lewi, mengatakan: "Kami pergi sekitar seluruh daerah Israel, dan kami menemukan bukan Yesus, tetapi Joseph kami temukan di Arimatea." Dan ketika mereka mendengar Yusuf mereka bersukacita dan memuliakan Allah Israel. Dan para penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi mereka berunding bagaimana mereka harus bertemu dengan Yusuf, dan mereka mengambil volume kertas dan menulis kepada Joseph kata-kata ini:

"Damai sejahtera bagimu. Kita tahu bahwa kita telah berdosa terhadap Allah dan terhadap engkau, dan kami telah berdoa kepada Allah Israel yang bersedia melakukan engkau hendak datang kepada nenek moyangmu dan kepada anak-anakmu (lat. Tapi Engkau berdoa kepada Allah Israel, dan ia menyampaikan . engkau dari tangan kita Maka sekarang bersedia melakukan, & c) untuk kita semua bermasalah, karena ketika kita membuka pintu kami menemukan engkau tidak: dan kita tahu bahwa kita merancang nasihat jahat melawan engkau, tetapi Tuhan membantu engkau.. Dan Tuhan sendiri membuat tidak berlaku (tersebar) nasihat kami terhadap engkau, hai ayah Yusuf, engkau yang terhormat di antara semua orang seni."

3 Dan mereka memilih keluar dari semua tujuh orang Israel yang teman-teman Yusuf, yang juga Yusuf sendiri menyumbang teman-temannya, dan penguasa dari rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi berkata kepada mereka: Lihat: jika ia menerima surat dan membacanya , tahu bahwa ia akan datang dengan Anda bagi-kami, tetapi jika ia tidak membacanya, tahu bahwa dia jengkel dengan kami, dan salut kamu dia dengan damai dan kembali kepada kami. Dan mereka memberkati laki-laki dan membiarkan mereka pergi.

Lalu orang-orang datang kepada Yusuf dan melakukan penghormatan kepadanya, dan berkata kepadanya: "Damai sejahtera bagimu. Dan ia mengatakan: Damai sejahtera bagi kamu dan kepada semua orang Israel." 
Dan mereka memberinya buku dari surat ini, dan Yusuf menerima dan membacanya dan memeluk (atau mencium) dengan surat dan memuji Allah dan berkata: "Terpujilah Tuhan Allah, yang Maha Israel ditebus dari menumpahkan darah tak berdosa, dan terpujilah Tuhan, yang mengutus malaikat-Nya dan berlindung saya di bawah sayapnya". 
(Dan ia mencium mereka) dan mengatur meja depan mereka, dan mereka tidak makan dan minum dan berbaring di sana.

4 Dan mereka bangun pagi-pagi dan berdoa: Yusuf dan dibebani nya dia-ass dan pergi dengan laki-laki, dan mereka datang kepada kota suci, bahkan Yerusalem. Dan semua orang datang menemui Yusuf dan menangis: "Damai sejahtera bagi-Mu masuk-in." 
Dan ia berkata kepada semua orang: "Damai sejahtera bagi kamu", dan semua orang menciumnya. Dan orang-orang berdoa dengan Yusuf, dan mereka terkejut saat melihat dirinya.

Dan Nikodemus menerima dia ke rumahnya dan membuat pesta besar, dan disebut Hanas dan Kayafas dan tua-tua dan para imam dan orang Lewi kepada rumahnya. Dan mereka membuat gembira makan dan minum dengan Yusuf. Dan ketika mereka telah dinyanyikan suatu lagu (atau memuji Allah) setiap orang pergi kepada rumahnya. Tapi Yusuf tinggal di rumah Nikodemus.

5 Dan pada keesokan harinya, yang persiapan, para penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi bangkit pagi-pagi dan datang ke rumah Nikodemus, dan Nikodemus menemui mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu." 
Dan mereka mengatakan: "Damai sejahtera bagimu", dan Yusuf dan kepada semua rumah-Mu dan semua rumah Yusuf. Dan ia membawa mereka ke rumahnya. 
Dan seluruh Mahkamah Agama ditetapkan, dan Yusuf duduk di antara Hanas dan Kayafas dan tidak ada orang yang berani berbicara kepadanya kata. Dan Yusuf berkata: "Mengapa kamu memanggil saya?"
Dan mereka memberi isyarat kepada Nikodemus bahwa ia harus berbicara kepada Yusuf. Dan Nikodemus membuka mulutnya dan berkata kepada Yusuf: "Bapa, Engkau tahu, bahwa para dokter Pendeta dan para imam dan orang Lewi berusaha untuk mempelajari masalah kepadamu." 
Dan Yusuf berkata: "Menanyakan kamu." 
Dan Hanas dan Kayafas mengambil kitab hukum dan adjured Yusuf berkata: "Berikan kemuliaan kepada Allah Israel dan membuat pengakuan kepadanya:" [untuk Achar, ketika ia adjured dari nabi Yesus (Joshua), foresware tidak sendiri tetapi menyatakan kepada dia segala sesuatu dan menyembunyikan bukan kata darinya: Engkau karena itu juga menyembunyikan bukan dari kami begitu banyak sebagai sebuah kata." 
Dan Yusuf: "Saya tidak akan menyembunyikan satu kata dari Anda]" 
Dan mereka berkata kepadanya:. "Kami sangat kesal karena engkau Engkau telah membeli mohon mayat Yesus dan wrappedst dalam kain linen bersih dan Engkau telah membeli membaringkannya di dalam kubur. Dan untuk alasan ini kami menempatkan engkau dalam perlindungan di sebuah rumah dimana ada jendela, dan kami menaruh kunci dan segel pada pintu, dan penjaga tidak menjaga tempat dimana engkaupun dahulu tutup mulut. Dan pada hari pertama minggu itu kita membukanya dan menemukan engkau tidak, dan kami sakit bermasalah, dan takjub jatuh pada semua orang dari Tuhan sampai kemarin. Sekarang, oleh karena itu, menyatakan kepada kita apa yang menimpa kamu."

6 Berkatalah Yusuf: "Pada hari persiapan tentang jam kesepuluh kamu tidak menutup saya, dan saya terus ada hari Sabat keseluruhan. Dan pada tengah malam saat aku berdiri dan berdoa rumah dimana kamu diam saya diangkat oleh empat penjuru, dan saya melihat seperti ada kilatan cahaya di mata-Ku, dan dipenuhi dengan rasa takut aku jatuh ke bumi. Dan satu membawa saya dengan tangan dan dihapus saya dari tempat yang diinjak saya telah jatuh, dan kelembaban air ditumpahkan pada saya dari kepala saya bagi kakiku, dan bau salep muncul lubang hidung saya. Dan dia mengusap wajah saya dan mencium saya dan berkata kepadaku: Jangan takut, Yusuf: membuka matamu dan melihat siapa itu yang berbicara dengan engkau. Dan aku melihat ke atas dan melihat Yesus dan saya gemetar, dan menyangka bahwa itu adalah roh: dan saya mengatakan perintah: dan dia berkata mereka dengan saya. Dan [seperti] kamu tidak tahu bahwa roh, jika ada orang yang bertemu dan mendengar perintah-perintah, segera fleeth. Dan ketika saya merasa bahwa ia mengatakan mereka dengan saya, saya berkata kepadanya: Rabi Elias? Dan dia berkata kepadaku: Saya bukan Elias. Dan aku berkata kepadanya: Siapakah Engkau, Tuhan? Dan dia berkata kepadaku: Akulah Yesus, yang tubuhnya Engkau mohon Pilatus, dan Engkau telah membeli pakaian saya di kain bersih dan menutupi wajahku dengan serbet, dan berbaring saya di gua baru-Mu dan menggulung batu besar di atas pintu gua. Dan saya berkata kepadanya bahwa berbicara dengan saya: Tunjukkan tempat di mana aku meletakkan engkau. Dan dia membawa saya dan menunjukkan tempat di mana aku membaringkannya, dan kain linen berbaring di dalamnya, dan serbet yang ada pada wajahnya. Dan aku tahu bahwa itu adalah Yesus. Dan dia membawa saya dengan tangan dan menempatkan aku di tengah-tengah rumah-Ku, pintu ditutup, dan meletakkan saya di tempat tidur saya dan berkata kepadaku: Damai sejahtera bagimu. Dan dia menciumku dan berkata kepadaku: Sampai empat puluh hari akan berakhir pergi tidak keluar dari rumahmu, sebab sesungguhnya aku pergi kepada saudara-saudaraku ke Galilea."

XVI

1 Dan ketika penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi mendengar kata-kata Yusuf yang menjadi seperti orang mati dan jatuh ke tanah, dan mereka berpuasa sampai jam tiga. Dan Nikodemus dengan Annas Yusuf menghibur dan Kayafas dan para imam dan orang Lewi, mengatakan: "Bangunlah dan berdiri di atas kaki Anda dan roti rasa dan memperkuat jiwa Anda, karena besok adalah hari Sabat TUHAN." 
Dan mereka bangkit dan berdoa kepada Allah dan tidak makan dan minum, dan berangkat setiap orang ke rumahnya.

2 Dan pada hari Sabat (al. kami) guru dan para imam dan orang Lewi duduk dan mempertanyakan satu sama lain dan berkata: "Apa ini murka yang menimpa kita? karena kita tahu ayahnya dan ibunya." 
Levi guru berkata: "Aku tahu bahwa orang tuanya takut akan Allah dan terus tidak kembali sumpah mereka dan perpuluhan dibayar tiga kali setahun. Dan ketika Yesus lahir, orang tuanya membawa dia kepada tempat ini dan memberikan korban sembelihan dan korban bakaran kepada Tuhan. 
Dan [Ketika] Simeon guru besar membawanya ke dalam pelukannya dan berkata: Sekarang biarkanlah engkau hamba-Mu, Tuhan, pergi dalam damai sejahtera bagi mataku telah melihat keselamatan-Mu yang telah Engkau dipersiapkan sebelum menghadapi semua orang, cahaya untuk meringankan orang kafir dan kemuliaan umat-Mu Israel." 
Dan Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria ibunya: "Aku memberikan kepadamu kabar gembira tentang anak ini. "
Kata Maria: "Baik, Tuanku?" 
Dan Simeon berkata kepadanya: "Baik. Lihatlah, ia ditetapkan untuk jatuh dan bangkit kembali dari banyak orang di Israel, dan untuk berbicara menentang tanda: dan pedang akan menembus hati-Mu juga, bahwa pikiran hati banyak dapat terungkap."

3 Mereka mengatakan kepada Levi guru: "Bagaimana engkau tahu semuanya hal-hal ini?" 
Levi berkata kepada mereka: "tahukah kamu, bahwa darinya aku belajar hukum?" 
Dewan mengatakan kepadanya: "Kami akan melihat ayahmu. Dan mereka dikirim setelah ayahnya, dan minta kepada-Nya, dan ia berkata kepada mereka: Mengapa kamu tidak percaya anak saya?" 
Simeon yang diberkati dan benar, dia mengajarinya hukum." 
Jawab Dewan: "Rabi Levi, adalah kata yang benar yang telah engkau berbicara?" 
Dan dia berkata: "Memang benar."

Kemudian penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi mengatakan di antara mereka sendiri: "Ayo, mari kita kirim ke Galilea kepada tiga orang yang datang dan memberitahu kami tentang ajaran-Nya dan mengambil-up, dan biarkan mereka memberitahu kita bagaimana mereka melihatnya diambil. "
Dan kata ini senang mereka semua, dan mereka mengirim tiga orang yang sebelumnya telah pergi bersama mereka ke Galilea dan berkata kepada mereka: "Katakanlah kepada Rabbi Addas dan Rabbi Phinees dan Rabbi Aggaeus: kesejahteraan atas dirimu dan semua yang dengan Anda. Sejauh pertanyaan besar Maha muncul di dewan, kami telah mengirim kepada Anda untuk menghubungi Anda kepada tempat suci Yerusalem."

4 Lalu orang-orang pergi ke Galilea dan menemukan mereka duduk dan merenungkan hukum, dan memberi salam kepada mereka dalam damai. 
Dan orang-orang yang berada di Galilea berkata kepada mereka yang datang kepada mereka: "Salam seluruh Israel. Dan mereka mengatakan: Damai sejahtera bagi kamu. Sekali lagi mereka berkata kepada mereka: Oleh karena itu yang kamu datang?" 
Dan mereka yang dikirim berkata: Ia memanggil dewan Anda bagi-kota suci Yerusalem. Dan ketika orang-orang mendengar bahwa mereka diperintahkan oleh dewan, mereka berdoa kepada Allah dan duduk makan dengan laki-laki dan tidak makan dan minum, lalu bangkit dan datang dalam damai Yerusalem.

5 Dan pada keesokan harinya dewan didirikan di rumah ibadat, dan mereka memeriksa mereka, dengan mengatakan: "Apakah kamu dalam sangat akta melihat Yesus duduk di atas Mamilch gunung, sewaktu dia mengajar sebelas murid-Nya, dan melihat kamu dia diambil?" 
Dan pria menjawab mereka dan berkata: "Bahkan ketika kita melihat dia diambil, meskipun demikian apakah kita menceritakannya kepadamu."

6 Annas berkata: "Set mereka terpisah dari satu sama lain, dan mari kita lihat apakah agreeth kata-kata mereka." 
Dan mereka membedakan mereka dari satu sama lain, dan mereka sebut Addas pertama dan berkata kepadanya: "Bagaimana Yesus telah kaulihat diambil?" 
Addas berkata: "Ketika Yesus masih duduk di atas Mamilch Gunung dan mengajar murid-muridnya, kami melihat awan yang menaungi dia dan murid-muridnya: dan awan membawanya ke langit, dan murid-muridnya berbaring (al. berdoa, berbaring) di wajah mereka di atas bumi." 
Dan mereka disebut Phinees imam, dan menanyainya juga, mengatakan: "Bagaimana Yesus telah kaulihat diambil?" 
Dan ia berbicara dengan cara seperti. Dan lagi mereka bertanya Aggaeus, dan ia juga dimaksudkan-cara seperti. Dan dewan mengatakan: "Hal ini terkandung dalam hukum Musa: Di mulut dua atau tiga akan setiap kata dibentuk."

Abuthem (Bouthem Gr, Abudem lat, Abuden, Abuthen Arm, om Koptik.....) Guru berkata: "Ada tertulis dalam kitab Taurat: Henokh berjalan dengan Allah dan tidak, karena Allah telah mengangkatnya. Jaeirus guru berkata: Juga kami telah mendengar tentang kematian Musa suci dan belum melihatnya, sebab ada tertulis dalam hukum Tuhan: Lalu Musa meninggal di mulut Tuhan, dan tidak ada seorangpun yang tahu kuburnya sampai hari ini. Dan Rabbi Levi mengatakan: Karena itu adalah bahwa Rabbi Simeon mengatakan ketika ia melihat Yesus: Lihatlah, Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan kembali banyak orang di Israel dan untuk tanda diucapkan melawan? Dan Rabbi Ishak mengatakan: Ada tertulis dalam kitab Taurat: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, yang akan berjalan di depanmu untuk menjaga engkau di segala cara yang baik, karena nama saya disebut atasnya."

7 Maka kata Hanas dan Kayafas: "Kamu telah mengatakan hal-hal baik yang tertulis dalam hukum Musa, bahwa tidak ada seorangpun melihat kematian Henokh, dan tidak ada orang bernama kematian Musa. Tetapi Yesus berbicara di hadapan Pilatus, dan kita tahu bahwa kita melihat dia menerima Buffet dan spittings di wajahnya, dan bahwa tentara memakaikan Dia mahkota duri dan bahwa ia dicambuk dan menerima kecaman dari Pilatus, dan bahwa ia disalibkan di tempat tengkorak dan dua pencuri dengan dia, dan bahwa mereka memberinya minum anggur asam empedu, dan bahwa Longinus prajurit menikam lambung-Nya dengan tombak, dan bahwa Yusuf ayah terhormat kami memohon tubuhnya, dan bahwa, ketika ia berkata, Ia bangkit kembali, dan bahwa (lit. as) tiga guru mengatakan: Kami melihat dia terangkat ke surga, dan bahwa Rabbi Levi berbicara dan memberikan kesaksian tentang hal-hal yang diucapkan oleh Rabbi Simeon, dan bahwa ia berkata: Lihatlah anak ini ditetapkan untuk jatuh dan bangkit kembali dari banyak orang di Israel dan untuk tanda berbicara menentang."

Dan semua guru berkata kepada semua orang dari Tuhan: "Jika ini beroleh terjadi dari Tuhan, dan itu ajaib di mata kita, pastilah kamu akan tahu, hai Yakub, bahwa ada tertulis: Terkutuklah adalah setiap orang yang menggantungkan pada pohon. Dan satu kitab teacheth: Dewa-dewa yang dibuat tidak langit dan bumi akan binasa."

Dan para imam dan orang Lewi berkata satu sama lain: "Jika peringatan itu bertahan sampai Sommos (Copt. Soum) yang disebut Jobel (yaitu Jubilee), ketahuilah bahwa ia akan menang selama-lamanya dan meningkatkan untuk dirinya sendiri orang-orang baru."

Kemudian penguasa rumah ibadat dan para imam dan orang Lewi menegur seluruh Israel, mengatakan: "Terkutuklah bahwa orang yang akan menyembah apa yang tangan manusia telah membuat, dan terkutuklah orang yang akan menyembah makhluk samping Sang Pencipta." 
Dan semua orang berkata: "Amin, Amin."

Dan semua orang menyanyikan sebuah himne kepada Tuhan dan berkata: "Terpujilah Tuhan yang Maha sisanya diberikan kepada orang Israel sesuai dengan segala yang dia berbicara. Ada hantu tidak ada satu kata jatuh ke tanah dari semua perkataan yang baik yang ia berbicara kepada Musa hamba-Nya. Tuhan Allah kita akan bersama kami karena ia dengan nenek moyang kita: janganlah ia meninggalkan kita. Dan janganlah ia menghancurkan kita dari balik hati kita kepada-Nya, dari berjalan di segala jalan-Nya dan menjaga ketetapan-Nya dan penilaian yang ia diperintahkan nenek moyang kita. Dan Tuhan akan menjadi Raja atas seluruh bumi pada hari itu. Dan akan ada satu Tuhan dan namanya satu, bahkan Tuhan Raja kita: Dialah yang akan menyelamatkan kita."

"Tidak ada yang seperti Engkau, ya Tuhan. Engkau besar, ya Tuhan, dan besar adalah nama-Mu."

"Menyembuhkan kita, ya Tuhan, dengan kekuatan-Mu, dan kami akan sembuh: menyelamatkan kita, Tuhan, dan kita pasti akan diselamatkan, karena kita adalah bagian-Mu dan milik pusakamu.

Dan Tuhan tidak akan meninggalkan umat-Nya demi nama-Nya yang besar, karena Tuhan telah mulai membuat kita menjadi umat-Nya.

Dan ketika mereka semua dinyanyikan lagu ini mereka berangkat masing-masing ke rumahnya, memuliakan Allah. [Untuk itu adalah kemuliaan, dunia tanpa akhir. Amin.]"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...