Lokal TV Streaming

Jumat, 03 Mei 2013

Mengenal Bunda Maria Penolong Abadi (Our Lady of Perpetual Help)


Gambar berukuran 935 x 1269 pixel, klik untuk memperbesar.

Bunda Maria Penolong Abadi atau bisa juga disebut Santa Maria Penolong Senantiasa (dalam Bahasa Inggris Our Lady of Perpetual Help atau Our Lady of Succcour juga dalam Bahasa Latin Mater de Perpetuo Succursu) adalah sebuah sebutan kepada Bunda Maria terkait juga dengan sebuah ikon seni periode Byzantium dengan sebutan yang sama pada masa abad ke-13 atau 14 masehi, atau 15 masehi. Ikon ini sudah berada di Roma sejak akhir abad ke-15 dan berada di Gereja St. Alphonsus Liguori, Roma. Di Gereja Ortodoks ikon ini dikenal sebagai Virgin of the Passion atau Theotokos of the Passion.


Lukisan asli dipasang pada altar dengan ukuran 45cm x 53m dan dicat pada kayu walnut dengan latar belakang warna daun keemasan. Lukisan ini kemungkinan dibuat di Kreta sekitar tahun 500-an Masehi, yang dikuasai oleh Republik Venesia. Sekolah Kreta adalah sumber dari banyak ikon yang masuk ke Eropa di abad pertengahan sampai Renaisans. Ikon ini dibersihkan dan direstorasi pada 1866 dan kemudian lagi di 1940. Gambar in diberinya nama BUNDA KITA PENOLONG ABADI. (Our Mother of Perpetual Help).


Para Redemptoris yang ditunjuk sebagai misionaris ikon ini menjadikannya sangat dikenal luas di Gereja Katolik Roma dan kemudian banyak disalin dan dibuat ulang. Replika ikon pada masa kini terpasang di rumah-rumah dan dimana saja. Selama berabad-abad Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks melakukan devosi kepada Santa Perawan Maria sebagai Bunda dari Yesus Kristus. Pada masa kini penghormatan kepada Bunda Maria Penolong Abadi dilakukan setiap tanggal 27 Juni.


Makna Lukisan.


Gambar berukuran 1500 x1200 pixel, klik untuk memperbesar.




Gambar Bunda Maria ini mengandung makna dan nilai teologis yang sangat dalam. Gambar ini bukan hanya mempersatukan Maria dengan Kanak-kanak Yesus, tetapi juga dengan karya keselamatan yang dilaksanakan Yesus dalam wafat-Nya

Gambar ini di lukis oleh seorang seniman dari Eropa Timur dan umurnya sekitar 500tahun. Asal gambar ini dari Pulau Kreta kemudian dibawa ke Roma. Santa Maria dalam suatu penglihatan minta supaya gambar ini diberi tempat di suatu gereja di pusat kota.


Lukisan asli dipasang pada altar dengan ukuran 45cm x 53m dan dicat pada kayu walnut dengan latar belakang warna daun keemasan.
  • Lukisan ini menggambarkan Santa Perawan Maria memakai baju merah gelap dengan mantel biru dan memakai cadar. 
  • Di sisi kiri terdapat Malaikat Mikhael membawa Tombak Suci (Holy Lance) dari penyaliban Yesus. 
  • Di sisi kanan terdapat Malaikat Gabriel yang membawa Salib Patriarkal (Patriarchal cross) dan kuku suci (holy nails). 
  • Di kepala Bunda Maria terdapat bintang yang menandakan perannya sebagai Bintang Laut (Stella Maris) sementara salib di sebelahnya dianggap sebagai penanda dari ikon ini. Ikon ini kemudian menjadi semacam Hodegetria atau komposisi Bunda Maria sebagai tuntunan hidup, dimana Bunda Maria menuntun Putranya. Dikenal dengan istilah Theotokos. 
  • Kanak-kanak Yesus digambarkan sedang berlindung dari penderitaan dalam pelukan Bunda Maria. Ekspresi wajah Bunda Maria sangat khidmat dan memandang langsung kedepan bukan ke anaknya. Yesus digambarkan sedang berlindung dalam pelukan dengan satu sandalnya lepas menggantung. 
Semua huruf yang tertera dalam gambar ini adalah huruf Yunani dan semua kata disingkatkan. Keterangan dari gambar ini adalah sebagai berikut:

  1. Di sebelah kiri dan kanan mahkota Maria tertera Matertheou, yaitu Bunda Allah.
  2. Malaikat di sebelah kiri adalah O Archanggelos Michael, yaitu Malaikat Agung Mikhael. Ia di gambarkan memegang tombak dan lembing serta bejana beris cuka dan empedu.
  3. Malaikat di sebelah kanan adalah O Archanggelos Gabriel. yaitu Malaikat Agung Gabriel. Ia memegang salib dan paku-paku.
  4. Bunda Maria sedang memangku Iesous Kristos, yaitu Yesus Kristus ketika masih kanak-kanak.

Pada Bunda Maria, Kanak-kanak Yesus mendapatkan perlindungan, dengan menggendong dan memegang tangan-Nya; tetapi Bunda Maria tidak memandang-Nya, melainkan memandang orang (kita sendiri) yang berdoa di depan gambar ini.


Jadi gambar ini mengungkapkan 3 peristiwa:

  1. Peristiwa gembira, Maria mendapat kabar gembira dari Malaikat Gabriel
  2. Peristiwa sedih, Yesus yang menderita sengsara dan wafat di kayu salib.
  3. Peristiwa mulia, Yesus dan Maria naik ke surga dan di muliakan di surga dengan mahkota di atas kepala Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus.



Asal-usul dan Penemuan.


Tulisan paling lama mengenai ikon ini dalam Bahasa Latin dan Bahasa Italia pada plakat yang terletak di gereja San Matteo di Via Merulana dimana pertama kali dikunjungi masyarakat pada tahun 1499. Penulis awal tentang ikon ini tidak diketahui, namun berdasar pada perkamen yang menyertai ikon ini, lukisan dicuri oleh seorang pedagang dari Kreta yang berlayar ke Roma. Pedagang tersebut berlayar dan menyembunyikan lukisan tersebut sampai badai menghantam kapalnya dan para pelaut berdoa di depan lukisan tersebut untuk meminta pertolongan. Ketika pedagang tersebut sampai di Roma kemudian jatuh sakit, dan ketika dalam sekarat dia meminta pada pedagang lainnya untuk meletakkan lukisan tersebut di gereja agar bisa dihormati. Pada mulanya pedagang tersebut mengambil kembali lukisan tersebut sampai empat kali sampai pedagang lainnya menceritakan tentang lukisan ini ke istri pedagang pertama. Setelah melihat lukisan yang indah ini istri pedagang pertama mengambilnya dan menggantungnya di rumahnya sendiri. Selanjutnya anak si pedagang, neneknya dan para tetangga tahu mengenai lukisan Bunda Maria ini, dan memohon untuk menyerahkan lukisan tersebut ke paroki. Diceritakan bahwa Santa Perawan Maria kemudian menampakkan diri kepada seorang gadis kecil yang meminta lukisan tersebut ditaruh di antara Basilika Santa Maria Maggiore dan Basilika Santo Yohanes Lateran. Istri pedagang lalu menyerahkan lukisan tersebut kepada Ordo Santo Agustin (Augustinian Friars). Pada 27 Maret 1499 lukisan ini kemudian dipindahkan ke gereja San Matteo hingga 300 tahun kemudian.


Pemindahan dan Restorasi

Pada 1978 André Masséna yang kemudian menjadi gubernur Roma menutup dan menghancurkan beberapa gereja di Roma. Gereja San Matteo di Via Merulana termasuk salah satunya. Santo Agustin kemudian memindahkan lukisan ini ke gereja St. Eusebius, kemudian memasangnya di altar gereja Santa Maria di Posterula. Puluhan tahun kemudian Paus Pius IX mengundang Konggregasi Penebus Mahakudus (Congregation of the Most Holy Redeemer) atau para pastor Redemtoris untuk mendirikan sebuah gereja Maria di Roma, sebagai tanggapan dibangunlah Gereja St. Alphonsus Liguori di Roma. Para pastor Redemtoris yang berada di Via Merulana tidak menyadari bahwa lokasi tersebut pernah menjadi Gereja San Mateo dan menjadi tempat penghormatan kepada lukisan tersebut. Seorang pastor Redemtoris kemudian mendengar cerita tentang lukisan tersebut dan dimana lukisan tersebut pernah dihormati.


Pemelihara saat ini

Pimpinan para pastor Redemtoris, Pastor Nicholas Mauron menjelaskan pada Paus Pius IX yang selanjutnya memutuskan bahwa lukisan tersebut harus ditunjukkan pada masyarakat. Berlokasi di Gereja St. Alphonse, dimana lukisan tersebut pernah dihormati. Tahun 1866 Paus Pius IX menulis memo singkat untuk meminta lukisan tersebut diserahkan pada para Redemtoris. Sebagai gantinya para Redemtoris kemudian memberikan sebuah salinan yang serupa dari lukisan tersebut kepada para Augustinian. Pada penyerahan ini Paus Pius IX memberi nama ikon lukisan ini Bunda Maria Penolong Abadi. Pada 23 Juni, 1867 lukisan ini dimahkotai oleh Dekan Basilika Santo Petrus sebagai penghormatan dan penanda resmi ikon lukisan ini telah mempunyai sebuah nama. Pada 21 April 1866 pimpinan para Redemtoris memberikan satu dari salinan pertama ikon ini kepada Paus. Salinan ini disimpan dengan baik di kapel Redemtoris di Roma. Ikon asli masih dibawah perawatan para Redemtoris di Gereja St. Alphonsus.


Penghormatan Agama



Our Lady of Perpetual Help telah dihormati, yang telah dipopulerkan di kalangan banyak budaya dan di bawah beberapa judul dalam bahasa yang berbeda seperti Nuestra Senora del Perpetuo Socorro, Notre-Dame du Perpétuel Secours, Mater de Perpetuo Succursu, Ina ng Laging Saklolo, dan Bunda Succour Perpetual. Selain ini, Our Lady of Perpetual Bantuan telah nasional santo pelindung dari Haiti .

Amerika Serikat
Pada tahun 1878, Basilika dan Kuil Our Lady of Perpetual Bantuan di Boston, Massachusetts memperoleh salinan resmi ikon menjadi yang pertama di Amerika Serikat . Pada bulan Juni 1922, pertama layanan Amerika novena yang didedikasikan untuk ikon tersebut dibacakan dalam Saint Alphonsus "The Rock" Gereja di St Louis, Missouri , Amerika Serikat.

Republik Filipina
Di antara Katolik Roma di Filipina dan berbagai Filipina masyarakat di seluruh dunia, Our Lady of Perpetual Bantuan secara luas dihormati. Paus Yohanes Paulus II mengadakan misa di National Shrine of Bunda Penolong Abadi di Filipina di mana pengabdian yang sangat populer dan banyak gereja-gereja Katolik mengadakan Rosario , Do'a , Novena dan Misa Ekaristi menghormati Maria setiap hari Rabu menggunakan replika ikon, yang juga banyak ditampilkan dalam rumah, bus dan angkutan umum di Filipina. Devotions ke ikon telah menyebar dari Filipina ke Amerika Serikat. The Perpetual Bantuan Novena menggunakan sama Rabu novena buklet awalnya diterbitkan oleh Redemptoris Bapa dari Irlandia yang memperkenalkan ikon ke Filipina pada awal abad ke-20. Banyak Katolik Roma paroki dengan masyarakat Filipina di luar negeri juga telah mengadopsi tradisi yang sama dari khidmat Rabu novena.

Uruguay
Setidaknya ada tiga gereja paroki berarti di Uruguay didedikasikan untuk Perawan Penolong Abadi:

  • Gereja Our Lady of Perpetual Help dan St Alfonsus di lingkungan Bella Vista, Montevideo
  • Gereja Our Lady of Perpetual Help dan St Eugene di zona La Cruz de Carrasco, Montevideo
  • Gereja Our Lady of Perpetual Help di kotamadya Barros Blancos

Pelindung Nasional Negara Haiti

Menurut Katolik Roma Uskup Guy Sansaricq , mantan presiden Haiti Elie Lescot dan kabinetnya mengajukan petisi kepada Tahta Suci untuk membuat Ibu kami Perpetual Bantuan nasional Pelindung Haiti pada tahun 1942. Banyak orang Haiti kredit Perawan Maria dengan judul ini dalam melakukan mujizat untuk mencegah kolera dan cacar wabah yang melanda negara itu pada tahun 1882. Tahta Suci menyetujui permintaan untuk dukungan di bawah Pontifikat dari Paus Pius XII . Bantuan Perpetual juga hadir dalam berbagai perangko publik Haiti yang digunakan oleh kantor pos Haiti. Pada bulan Januari 2010, Paus Benediktus XVI dipanggil Our Lady of Perpetual Bantuan untuk korban gempa Haiti melalui Uskup Agung Louis Kebreau.

Sumber:
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Our_Lady_of_Perpetual_Help
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Bunda_Maria_Penolong_Abadi
  3. http://www.ekaristi.org/doa/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar