Jumat, 24 Mei 2013

Yohanes Pembaptis, Sang Perintis Kedatangan Anak Domba.



Yohanes Pembaptis ( Ibrani : יוחנן המטביל, Yohanan ha-mmaṭbil, Arab : يوحنا المعمدان Yuhanna Al-Ma'madan, bahasa Aram : ܝ ܘ ܚ ܢ ܢ Ioḥanan, Yunani : Ὁ Ἅγιος / Τίμιος Ἐνδοξος Προφήτης, Πρόδρομος καὶ Βαπτιστής Ἰωάννης Ho hagios / Timios Endoxos, Prophḗtēs, Prodromos, KAI Baptistḗs Ioánnes). Yohanes Pembaptis adalah seorang pengkhotbah dan tokoh agama besar disebutkan dalam Injil Canonical dan Qur ' an, Ia adalah tokoh besar dan dianggap sebagai nabi di agama Kristen , Islam , The Baha'i Faith, dan Mandaeism .

Yohanes Pembaptis adalah anak dari Elisabet, saudara sepupu Maria, ibu Yesus. Ayahnya, Zakharia adalah seorang imam dari rombongan Abia yang bertugas di Bait Allah. Dalam Katolik, Yohanes disimbolkan dengan seorang pertapa mengenakan pakaian dari bulu domba yang sedang berkhotbah dan bersanding dengan seekor domba dan tanggal peringatannya adalah 24 Juni dan 29 Agustus.

Yohanes diberi gelar Pembaptis karena pekerjaannya yaitu membaptis orang-orang Israel untuk mempersiapkan kedatangan Tuhan Yesus. Setelah Yesus, yang berselisih usia 6 bulan dengan Yohanes, berumur 30 tahun dan akan memulai pelayananNya, maka Ia mendatangi Yohanes untuk dibaptiskan.


Kelahiran.

Kelahiran Yohanes Pembaptis tercantum dalam Injil Lukas pasal pertama.
Awalnya pasangan Elisabet dan Zakharia tidak dikaruniai anak, karena Elisabet mandul. Suatu hari Zakharia bertugas membakar ukupan di Bait Allah. Tiba-tiba malaikat Gabriel menampakkan diri kepadanya dan memberitahukan bahwa Tuhan akan mengaruniakan anak laki-laki padanya yang akan dinamai Yohanes dan banyak orang akan bersuka cita atas kelahirannya. Anak itu akan menyiapkan umat Israel untuk menyambut datangnya Mesias. Zakharia tidak percaya karena Elisabet dan dirinya sudah lanjut. Karena itu ia menjadi bisu sampai anaknya lahir.

Yohanes adalah utusan Allah yang mendahului Yesus. Yesus mengatakan: "Di antara mereka yang dilahirkan oleh wanita tidak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis." (Matius 11:11). Masa kecil Yohanes tidak banyak diketahui, kecuali ketika masih dalam kandungan Elisabet, ia melonjak kegirangan sewaktu Maria berkunjung ke rumah ibunya.


Perhitungan waktu.

Pemberitahuan kelahiran Yohanes terjadi saat imam Zakharia dari rombongan Abia, melakukan tugasnya di Bait Allah. (Lukas 1:5) Rombongan Abia adalah kelompok ke-8 dari 24 kelompok imam yang bergiliran melakukan tugas di Bait Allah (1 Tawarikh 24:7-18). Ada pakar yang berpendapat giliran ini biasanya jatuh pada awal bulan Sivan dalam kalender Yahudi atau sekitar bulan Juni kalender Masehi. Dengan demikian Elisabet mulai hamil pada bulan Juni atau segera setelahnya.

Jika kehamilan dimulai bulan Juni, maka Yohanes Pembaptis diperkirakan lahir bulan Maret-April di tahun berikutnya, menurut kalender Masehi, yaitu sekitar Paskah Yahudi.


Karya.

Beberapa sarjana berpendapat bahwa kehidupan rohaninya banyak dipengaruhi oleh para petapa Essenes , yang mengharapkan kiamat dan dipraktekkan ritual terkait kuat dengan baptisan, meskipun tidak ada bukti langsung untuk mendukung ini.

Pada usia 30 tahun Yohanes muncul sebagai pengkhotbah di tepi Sungai Yordan dan berseru, "Bertobatlah kerajaan Allah sudah dekat!". Kemudian masyarakat mengaku dosa dan bersedia dibaptis oleh Yohanes. Ketika orang menanyakan siapakah dirinya ia menjawab,"Akulah suara yang berseru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! Aku membaptis kamu dengan air. Tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal. Dia yang datang kemudian daripadaku. Membuka tali kasutNya pun aku tak pantas".


Yohanes memiliki banyak pengikut, termasuk orang-orang yang kemudian dipilih Yesus menjadi rasulNya. Yesus sendiri meminta untuk dibaptis olehnya. Ketika itu Yohanes berseru,"Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia!" Dan dari surga berseru pula suara,"Engkaulah AnakKu yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan!".

Kebanyakan sarjana Alkitab setuju bahwa Yohanes membaptis Yesus di "Betania yang di seberang sungai Yordan", dengan rendam dalam air bersama Yesus dari tepi timur. Yohanes Pembaptis juga disebutkan oleh sejarawan Yahudi Josephus, di Aram Matius, dalam Pseudo-Clementine sastra, dan dalam Al-Qur'an . 


Yohanes Pembaptis perintis Jalan Kedatangan Yesus ?


Ada beberapa ayat dalam Perjanjian Lama yang ditafsirkan oleh orang Kristen sebagai kenabian Yohanes Pembaptis dalam peran ini. Ini termasuk sebuah bagian dalam Kitab Maleakhi 3:1 yang mengacu pada nabi yang akan mempersiapkan jalan Tuhan:
"Sesungguhnya Aku akan menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan saya: dan Tuhan, yang kamu cari, akan tiba-tiba datang ke bait-Nya, bahkan utusan dari perjanjian, yang kamu senang dalam: lihatlah, dia akan datang , demikianlah firman TUHAN semesta alam. " - Maleakhi 3:01

dan juga di akhir bab berikutnya dalam Maleakhi 4:5-6 yang mengatakan,
"Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia sebelum datangnya hari besar dan dahsyat TUHAN: Dan dia akan mengubah hati para ayah kepada anak-anak, dan hati anak-anak untuk ayah mereka, supaya aku datang dan memukul bumi dengan kutukan. "

Orang-orang Yahudi pada zaman Yesus diharapkan Elia datang sebelum Mesias, memang, beberapa orang Yahudi modern terus menunggu Elia datang juga, seperti di Piala Elia Nabi di Passover Seder . Inilah sebabnya mengapa para murid meminta Yesus dalam Matius 17:10,
"Mengapa guru Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?. ' Para murid kemudian diberitahu oleh Yesus bahwa Elia datang dalam pribadi Yohanes Pembaptis,
"Yesus menjawab," Yang pasti, Elia datang dan akan memulihkan segala sesuatu. Tetapi Aku berkata kepadamu, Elia sudah datang, dan mereka tidak mengenalinya, tetapi telah dilakukan kepadanya segala sesuatu yang mereka inginkan. Dengan cara yang sama Anak Manusia akan menderita di tangan mereka. "Kemudian para murid mengerti bahwa ia sedang berbicara tentang Yohanes Pembaptis". - Matius 17:11-13

Bagian-bagian ini diterapkan kepada Yohanes dalam Injil Sinoptik.  Injil Yohanes menunjukkan bahwa Yohanes Pembaptis menyangkal hal ini,
"Sekarang ini adalah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia siapa dia. Dia tidak gagal untuk mengakui, tapi mengaku bebas," Aku bukan Mesias. "Mereka bertanya," Lalu siapa kau ? ? Apakah engkau Elia "Dia berkata," Aku tidak "" Apakah Anda nabi? "Jawab Dia," Tidak "-. Yohanes 1:19-21



Kematian.


Tak lama setelah pembaptisan Yesus, Yohanes dipenjarakan karena mengecam pernikahan Raja Herodes Antipas dengan Herodias, isteri saudara sepupunya. Pada suatu pesta di istana, Herodes sangat bersukaria atas tarian Salome, putri Herodias, dan berjanji akan memberikan apa saja yang diminta. Gadis itu bertanya kepada Herodias, maka Herodias menuntut kepala Yohanes dan Herodes pun memerintahkan untuk memenggal Yohanes. Kisah ini tercatat dalam ketiga Injil Sinoptik: Matius 14:1-12, Markus 6:14-29, dan Lukas 9:7-9.

Abad-1 sejarawan Yahudi Josephus memberikan akun sedikit berbeda dalam Antiquities orang Yahudi. Yosefus menulis bahwa Herodes telah menangkap Yohanes karena Yohanes memiliki begitu banyak pengikut yang Herodes takut mereka mungkin akan mulai pemberontakan. Herodes kemudian telah dia dieksekusi (Ant. 18,116-118).


Sebuah rekening Yohanes Pembaptis ditemukan dalam seluruh manuskrip yang ada dari Antiquities Yahudi (buku 18, bab 5, 2) oleh Flavius ​​Josephus (37-100):
"Sekarang beberapa orang Yahudi berpikir bahwa kehancuran tentara Herodes datang dari Allah, dan bahwa sangat adil, sebagai hukuman atas apa yang dia lakukan terhadap Yohanes, yang disebut Pembaptis, karena Herodes membunuh dia, yang adalah seorang pria yang baik, dan memerintahkan orang Yahudi untuk melakukan kebajikan, baik untuk kebenaran terhadap satu sama lain, dan takwa terhadap Allah, dan sebagainya untuk datang ke baptisan, karena bahwa mencuci [dengan air] akan diterima dia, jika mereka memanfaatkan itu, tidak Untuk yang menempatkan diri [atau remisi] dari beberapa dosa [hanya], tapi untuk pemurnian tubuh, seandainya masih bahwa jiwa adalah benar-benar dimurnikan terlebih dahulu dengan kebenaran Sekarang ketika [banyak] lain datang dari dalam kelompok tentang dirinya, untuk. mereka sangat sangat tersentuh [atau senang] dengan mendengarkan kata-katanya, Herodes, yang takut kalau-kalau pengaruh besar Yohanes memiliki lebih dari orang mungkin memasukkannya ke dalam kekuasaannya dan kecenderungan untuk meningkatkan pemberontakan, (karena mereka sepertinya siap untuk melakukan hal apapun dia harus menasihati,) pikir lebih baik, dengan menempatkan dia sampai mati, untuk mencegah kerusakan yang mungkin menyebabkan, dan tidak membawa dirinya ke dalam kesulitan, dengan hemat seorang pria yang mungkin membuat dia bertobat itu ketika akan terlambat. demikian ia mengirim seorang tahanan, dari marah mencurigakan Herodes, untuk Makerus , kastil saya sebelumnya disebutkan, dan ada dihukum mati. Sekarang orang-orang Yahudi memiliki pendapat bahwa kehancuran pasukan ini dikirim sebagai hukuman atas Herodes, dan tanda ketidaksenangan Allah kepadanya. 

Seperti bagian lain dalam Josephus yang berkaitan dengan tema-tema Kristen, kekhawatiran tetap atas apakah bagian itu adalah bagian dari teks asli Yosefus atau sebaliknya tambahan kemudian - dapat tanggal kembali tidak lebih dari awal abad ke-3 ketika dikutip oleh Origen di Contra Celsum . Menurut ayat ini, eksekusi John dipersalahkan atas kekalahan Herodes menderita c. 36 AD.


MakamYohanes Pembabtis.

File: Nabi Yahya Masjid, Sebastia, c. 1920.jpg
Masjid Nabi Yahya di daerah Sebastiya, dekat Nablus, West Bank Samaria, diyakini sebagai tempat Yohanes Pembaptis dimakamkan.


Penguburan-tempat Yohanes Pembaptis berada di Sebaste di Samaria , dan disebutkan terbuat dari itu peninggalan dihormati di sana sekitar pertengahan abad ke-4. Para sejarawan Rufinus dan Theodoretus catatan bahwa kuil itu dinodai bawah  Julian the Apostate itu sekitar tahun 362, tulang yang sebagian dibakar. Sebagian dari relik diselamatkan dibawa ke Yerusalem , kemudian ke Alexandria , di mana pada tanggal 27 Mei 395, mereka diletakkan di basilika yang baru didedikasikan untuk Forerunner di bekas tempat kuil Serapis . Makam di Sebaste melanjutkan, bagaimanapun, untuk dikunjungi oleh saleh peziarah , dan St Jerome menjadi saksi keajaiban yang bekerja di sana.

Apa yang menjadi kepala Yohanes Pembaptis sulit untuk menentukan. Nicephorus dan Simeon Metaphrastes mengatakan bahwa Herodias punya itu terkubur di benteng Makhaerus (sesuai dengan Josephus).

Penulis lain mengatakan bahwa itu dikebumikan di istana Herodes di Yerusalem, ada ditemukan selama pemerintahan Konstantinus I , dan dari situ diam-diam dibawa ke Emesa , di Phoenicia , di mana ia tersembunyi, tempat yang tersisa tidak diketahui selama bertahun-tahun, sampai akhirnya diwujudkan oleh wahyu pada 453.

Namun, kain pemenggalan kepala St John disimpan di Katedral Aachen . Gereja Kristen Ortodoks Koptik juga mengklaim memegang relik St Yohanes Pembaptis. Ini dapat ditemukan di sebuah biara di Mesir Hilir antara Kairo dan Alexandria. Hal ini dimungkinkan, dengan izin dari para biarawan, untuk melihat makam asli di mana sisa-sisa yang ditemukan. Klaim jelas dan mengejutkan berkaitan dengan kota Halifax di West Yorkshire , Inggris, di mana kepala Yohanes Pembaptis muncul di mantel-of-senjata resmi.

Beberapa lokasi yang berbeda mengklaim memiliki kepala terpenggal Yohanes Pembaptis. Diantaranya: Masjid Umayyah di Damaskus, San Silvestro di Capite di Roma, dan Museum Residenz di Munich, Jerman (kediaman resmi Wittelsbach penguasa Bavaria 1385-1918). kepala lainnya adalah pernah berkata akan diadakan oleh Ksatria Templar di Katedral Amiens di Perancis (dibawa pulang oleh Wallon de Sarton dari Perang Salib Keempat di Konstantinopel ), di Antiokhia di Turki (nasib pasti), dan gereja paroki di Tenterden di Kent, di mana itu diawetkan sampai Reformasi.

Sumber :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Yohanes_Pembaptis
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/John_the_Baptist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...