Sabtu, 27 Juli 2013

Janda/ Duda Cerai "Hidup" Bisa Secara Menikah Katolik ?


Romo Erwin, saya ingin menanyakan kasus sahabat saya, seorang janda yang bercerai dari suaminya. Janda ini menikah di Gereja Kristen dan mempunyai satu anak. Mereka bercerai secara sipil. Janda ini hendak menikah secara Katolik dengan duda cerai. Sang duda sudah pernah menikah secara Kristen dan Islam dan sudah bercerai juga. Apakah pernikahan ini mungkin? Apakah mereka masih dapat di layani di Gereja Katolik? Terima kasih atas pencerahan Romo.
Elsoli, Medan.

Bapak Elsoli yang baik, terima kasih atas pertanyaan Bapak. Sebagai jawaban awal, saya menegaskan bahwa perkawinan mereka hampir pasti sulit diterima oleh Gereja, mengingat sejarah keduanya mempunyai kesulitan dalam perkawinannya. Perkawinan salah satu pihak yang cerai hidup saja akan menjadi masalah, apalagi dalam hal ini kedua pihak pernah mempunyai catatan perceraian.

Kedua pihak yang beriman Katolik pernah menikah di luar Gereja secara tidak sah (orang Katolik menikah tidak sah jika menikah di luar Gereja Katolik). Pernikahan ini saja membuat keduanya terpisah dari Gereja Katolik, karena terkena eksko munikasi yang disebabkan oleh perkawinan tidak sah mereka.

Meskipun tidak sah secara Katolik, tetapi perkawinan pihak perempuan (janda), perkawinan yang tidak sah secara Katolik, adalah sah secara Kristen, dan dengan demikian menjadi perkawinan yang dianggap sah juga karena perempuan ini menjadi anggota Gereja Kristen. Karena sudah keluar dari Gereja Katolik, dengan demikian perkawinan itu sah secara Protestan dan dianggap sah secara Katolik juga.

Sahnya perkawinan pihak perempuan ini berarti, jika ia mau menikah dengan seseorang dari Gereja Katolik, maka perkawinannya membuatnya terhalang. Ia tidak bisa menikah secara Katolik, karena perkawinannya sudah sah. Gereja tidak memperhitungkan perceraian dari perkawinan yang sudah sah, kecuali karena kematian.

Perkawinan pihak laki-laki (duda dua kali) juga mempunyai permasalahan yang sama. Perkawinan yang kedua tidak diperhitungkan. Cukup perkawinan yang pertama, sudah membuat ia terhalang untuk menikah lagi secara Katolik. Ia juga sudah terekskomunikasi karena perkawinan pertamanya. Maka, perkawinan kedua ini juga sah secara Protestan dan dianggap sah oleh Gereja Katolik. Dengan demikian, pihak laki-laki tidak bisa lagi menikah secara Katolik.

Situasi perkawinan kedua pihak sangat membingungkan dan rumit, maka pernikahan kedua pihak dalam Gereja Katolik juga menjadi sulit. Pertama, mereka harus menyelesaikan masalah ekskomunikasi karena menikah secara tidak sah. Kedua, mereka mempunyai sejarah perkawinan dan perceraian yang buruk, sehingga pernikahan mereka yang baru akan sangat berisiko perceraian lagi jika kurang berhati-hati.

Perkawinan yang berada di luar Gereja memang bisa diceraikan, tetapi ketika harus “berurusan” lagi dengan Gereja Katolik, halnya menjadi sulit.

Karena mereka beragama Katolik, maka pemahaman akan perkawinan keduanya harus diperdalam. Perceraian dari perkawinan di luar Gereja memang lebih mudah, tetapi tidak memberi jaminan menikah di Gereja Katolik mengingat Gereja sangat menghormati ikatan perkawinan agama lain. Melalui “lubang-lubang hukum”, mungkin perkawinan ini dapat diselesaikan, tetapi saya melihat ada risiko dari perkawinan baru mereka, jika dilangsungkan secara Katolik. Pertama, karena pemahaman yang kurang baik tentang kesetiaan, dan yang kedua, tentang pemahaman kesetiaan dalam iman Katolik yang buruk. Perkawinan ini membutuhkan pertobatan penuh kedua pihak yang menikah..

Pastor Alexander Erwin Santoso MSF, Ketua Komisi Kerasulan Keluarga KAJ.
Sumber Artikel : http://www.hidupkatolik.com/, Kamis, 25 Juli 2013 15:48 WIB

6 komentar:

  1. Selamat sore romo saya gadis usia 23 saya sedang menjalani hubungan dgn seorang laki2 duda non katolik saya beragama katolik
    Saya ingin bertanya jika kami ada rencana menikah apa bisa saya tetap menikah di katolik krn itulah impian saya dari dulu tolong jwbnnya romo terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba, usul saya, lebih baik mba cari yang lain.. Jangan sampai menyesal

      Hapus
  2. Selamat sore romo saya gadis usia 23 saya sedang menjalani hubungan dgn seorang laki2 duda non katolik saya beragama katolik
    Saya ingin bertanya jika kami ada rencana menikah apa bisa saya tetap menikah di katolik krn itulah impian saya dari dulu tolong jwbnnya romo terima kasih

    BalasHapus
  3. Selamat siang Romo, saya seorang janda yang ingin menikah dengan seorang perjaka secara pernikahan katolik. Apakah saya boleh melakukan permberkatan nikah di gereja katolik? Tolong di jawab Romo dan Makasih

    BalasHapus
  4. Selamat malam romo, saya seorang bujang dan saya punya teman dekat seorang janda romo dan dia ingin belajar agama khatolik romo dia sudah mantap dengan pilihanya untuk berpindah agama.
    Dan sayapun ingin juga menjalin hubungan yang lebih serius dengan beliau romo(saya ingin bersatu dengan beliau dalam nama Tuhan Yesus)
    Apa kami bisa diberkati dalam Gereja dan dalam nama Bapa Putera dan Roh kudus?
    Saya mohon saran dari Romo?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Slamat malam romo saya seorang janda beragama protestan dan berencana menikah dengan seorang bujangan dari katolik saya pun bersedia menjadi seorang katolik.tp apa kah bisa pernikahan kami ini secara katolik mohon petunjuknya romo

    BalasHapus

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...