Senin, 16 September 2013

Mengenal Zakharia, Pendeta Suci Yahudi Bapa dari Santo Yohanes Pembaptis.

File: Holy Cross Monastery di Yerusalem. Lukisan Georgia 01.JPG
Zakharia dan St Yohanes Pembaptis. 
Sebuah lukisan abad pertengahan Georgia dari Yerusalem.

Zakharia (Ζαχαρίας dalam bahasa Yunani, Zacharias di KJV , Zachary di Douay Rheims-Alkitab ) adalah tokoh dalam Alkitab dan Quran . Dalam Alkitab, dia adalah ayah dari Yohanes Pembaptis, seorang imam dari bani Harun dari suku Lewi, seorang nabi dalam Lukas 1:67-79, dan suami dari Elisabeth yang merupakan sepupu Maria , ibu Yesus.

Dalam Al-Qur'an , Zakharia ( Arab : زكريا; Zakaria) memainkan peran yang sama sebagai ayah dari Yohanes Pembaptis dan peringkat dia sebagai seorang nabi bersama John dan Yesus dan perannya sebagai salah satu manusia Allah sering dirujuk dalam ayat Al-Qur'an.

Menurut Injil Lukas, pada masa pemerintahan Raja Herodes , ada "seorang imam tertentu yang bernama Zakharia, jalannya Abia ", yang istrinya Elisabeth juga dari keluarga imam Harun . Para penginjil menyatakan bahwa kedua orang tua yang benar di hadapan Allah, karena mereka "tidak bersalah" dalam mengamati perintah dan ketetapan Tuhan. Ketika peristiwa terkait dalam Lukas dimulai, pernikahan mereka masih punya anak, karena Elisabeth mandul dan mereka berdua sangat tua ( Lukas 1:5-7 ).

Tugas di bait suci di Yerusalem berganti-ganti antara masing-masing garis keluarga yang telah turun dari yang ditunjuk oleh raja Daud ( 1 Tawarikh 24:1-19 ).  Lukas menyatakan bahwa selama seminggu ketika itu tugas keluarga Zakharia line untuk melayani di "bait Tuhan", banyak untuk melakukan pembakaran ukupan telah jatuh ke Zakharia ( Lukas 1:8-11 ). Injil Lukas menyatakan bahwa sementara Zakharia melayani di altar dupa, seorang malaikat Tuhan muncul dan mengumumkan kepadanya bahwa istrinya akan melahirkan seorang putra, siapa dia menyebutkan Yohanes, dan bahwa anak ini akan menjadi cikal bakal dari Tuhan ( Lukas 1:12-17 ). Mengutip usia lanjut mereka, Zakharia meminta dengan percaya untuk tanda dimana dia akan mengetahui kebenaran nubuatan ini. Dalam jawabannya, malaikat mengidentifikasi dirinya sebagai Gabriel , dikirim khusus oleh Allah untuk membuat pengumuman ini, dan menambahkan bahwa karena keraguan Zakharia dia akan bisu dan "tidak dapat berbicara, sampai hari bahwa hal-hal ini harus dilakukan". Akibatnya, ketika ia pergi ke jamaah menunggu di pengadilan luar kuil, ia tidak mampu berbicara berkat adat ( Lukas 1:18-22 ).

Setelah kembali ke rumahnya di "Hebron, di pegunungan Yehuda", istrinya Elisabeth dikandung. Setelah Elisabeth selesai bulan kelima kehamilannya, sepupunya Maria dikunjungi oleh malaikat Gabriel , dibayangi oleh Roh Kudus dan - meskipun masih perawan - menjadi hamil dengan Yesus. Mary kemudian melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi sepupunya Elisabeth, setelah diberitahu oleh malaikat bahwa Elisabeth adalah bulan keenam kehamilan Maria tetap sekitar tiga bulan sebelum dia kembali ke rumahnya sendiri ( Lukas 1:23-45, 56 ).

Berkas:Cappella Tornabuoni, Zacharias Writes Down the Name of his Son 02.jpg
Lukisan Domenico Ghirlandaio's fresco,
 yang mengambarkan Zakharia menuliskan nama anaknya pada batu tulis.

Elisabeth melahirkan, dan pada hari kedelapan, ketika anak mereka adalah untuk menjadi disunat menurut hukum Taurat, sepupu dan tetangga diasumsikan bahwa ia diberi nama setelah ayahnya. Elisabeth, bagaimanapun, bersikeras bahwa namanya menjadi John, maka keluarga kemudian mempertanyakan suaminya. Begitu Zakharia telah menulis di atas meja menulis: "Namanya adalah Yohanes", ia kembali kemampuan berbicara, dan diberkati "TUHAN, Allah Israel" dengan nubuatan dikenal beberapa sebagai Benedictus ( Lukas 1:57-79 ). Anak itu tumbuh dan "menjadi kuat", tetapi tetap di padang pasir Yudea sampai ia diasumsikan kementerian itu adalah untuk mendapatkan dia nama " Yohanes Pembaptis "( Lukas 1:80, Lukas 3:2-3, Matius 03:01 ).


Zakharia Dalam Tradisi Kristiani. 

Origenes menyarankan bahwa Zakharia disebutkan dalam Matius 23:35 sebagai telah dibunuh di antara Bait dan mezbah mungkin ayah dari Yohanes Pembaptis. Ortodoks tradisi Kristen menceritakan bahwa, pada saat pembantaian Innocents , ketika Raja Herodes memerintahkan pembantaian semua laki-laki di bawah usia dua dalam upaya untuk mencegah Mesias yang dinubuatkan dari datang ke Israel, Zakharia menolak untuk membocorkan keberadaan anaknya (yang bersembunyi), dan karena itu ia dibunuh oleh tentara Herodes . Hal ini juga dicatat dalam Injil Bayi James , seorang apokrif karya dari abad ke-2. Karena menurut Injil Lukas, Maria adalah sepupu Elisabeth, Zakharia mungkin telah tinggal di daerah yang sama di mana keluarga Maria berasal. Namun beberapa sarjana modern menganggap hubungan ini sebagai meragukan. 

Gereja Katolik Roma memperingati dia sebagai santo , bersama dengan Elisabeth, pada 23 September. Ia juga dihormati sebagai seorang nabi dalam Kalender Suci dari Gereja Lutheran pada tanggal 5 September. 

Gereja Ortodoks Timur juga merayakan hari raya Zakharia pada tanggal 5 September , bersama dengan Elisabeth , yang dianggap ibu pemimpin a. Zakharia dan Elisabeth dipanggil dalam beberapa doa selama Ortodoks Misteri dari Penobatan (Sakramen Perkawinan), sebagai imam memberkati pasangan yang baru menikah, mengatakan "Engkau yang wafat ... menerima Zakharia dan Elizabeth, dan wafat membuat keturunan mereka yang Forerunner . .. " dan "... memberkati mereka, ya TUHAN Allah kami, seperti Engkau wafat Zakharia dan Elizabeth ...". Dalam Ortodoks Yunani kalender, Zakharia dan Elizabeth juga diperingati pada tanggal 24 Juni.

Armenia percaya bahwa Biara Gandzasar di Nagorno Karabakh , Azerbaijan berisi peninggalan Zakharia. Namun, relik nya juga disimpan di Gereja Agung Konstantinopel , di mana mereka dibawa oleh praefectus urbi Ursus pada tanggal 4 September, 415. 

File: Makam Avshalom di Lembah Kidron; jpg.
" Yad Avshalom "(Makam Avshalom) di Lembah Kidron , 
sebuah prasasti menunjukkan bahwa itu adalah makam Zakharia

Pada tahun 2003, sebuah prasasti abad ke-4 pada Yad Avshalom , sebuah monumen abad pertama di Yerusalem, yang diuraikan sebagai, "Ini adalah makam Zakaria, martir, pendeta suci, ayah dari Yohanes." Hal ini menunjukkan sebagian ulama bahwa itu adalah tempat pemakaman Zakharia ayah dari Yohanes Pembaptis. Profesor Gideon Foerster di Universitas Ibrani menyatakan bahwa penghitungan prasasti dengan teks Kristen abad ke-6 yang menyatakan bahwa Zakharia dimakamkan dengan "Simon the Elder" dan Yakobus saudara Yesus , dan percaya bahwa keduanya otentik. 

Penyusun : Yohanes Gitoyo.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Zechariah_(priest)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...