Selasa, 25 Desember 2012

Kisah Yusuf "Ayah" Yesus

File: Saint Joseph dengan bayi Yesus oleh Guido Reni, c 1635.jpg
 Saint Joseph dengan bayi Yesus, 
karya Guido Reni (c. 1635)

Yusuf ( Ibrani יוֹסֵף, "Yosef", Yunani : Ἰωσήφ) adalah tokoh dalam Injil , suami dari Maria ibu Yesus dan penjaga Yesus . Dalam Katolik Roma , Ortodoks Timur dan Anglikan tradisi Kristen ia dianggap sebagai Saint Joseph.

Para surat St. Paulus, umumnya dianggap sebagai catatan awal Kristen yang masih ada, tidak membuat referensi untuk ayah Yesus, demikian pula Injil Markus, umumnya dianggap yang pertama dari Injil. Penampilan pertama dari Yusuf karena itu dalam Injil dari Matius dan Lukas . 

Masing-masing berisi silsilah Yesus menelusuri nenek moyangnya kembali kepada Raja Daud, namun keduanya dari anak-anak yang berbeda dari Daud, Matius mengikuti garis kerajaan utama dari Salomo , sementara Lukas mengikuti garis kecil dari Nathan, yang lain anak Daud dan Batsyeba . Akibatnya semua nama antara Daud dan Yusuf berbeda. Menurut Matius "Yakub adalah ayah dari Yusuf," sedangkan menurut Lukas, Yusuf, atau mungkin Yesus, dikatakan "dari Eli . " Beberapa ulama mendamaikan silsilah dengan melihat garis keturunan Salomo dalam Matius sebagai garis besar kerajaan Yusuf, dan keturunan Nathanic dalam Lukas menjadi garis kecil Maria. 

File: Bartolomé Esteban Murillo Perez 003.jpg
Holy Family with the Holy Spirit (Keluarga Kudus dengan Roh Kudus)
karya Murillo , 1675-1682.

Matius dan Lukas juga Injil hanya untuk menyertakan narasi kelahiran bayi Yesus, dan sekali lagi mereka berbeda. Dalam Lukas, Yusuf hidup di Nazaret dan perjalanan ke Betlehem sesuai dengan persyaratan sensus Romawi. Selanjutnya, Yesus lahir di sana. Dalam Matius, Yusuf di Betlehem, kota Daud, di mana Yesus dilahirkan, dan kemudian pindah ke Nazaret bersama keluarganya setelah kematian Herodes. Matius adalah satu-satunya Injil untuk memasukkan narasi pembunuhan bayi dan pengungsian ke Mesir : mengikuti kelahiran tersebut, Yusuf tetap di Betlehem untuk jangka waktu yang tidak ditentukan (mungkin dua tahun) sampai dipaksa oleh Herodes untuk berlindung di Mesir; pada kematian Herodes ia membawa keluarganya kembali ke Yudea , dan berdiam di Nazaret. Setelah titik ini tidak disebutkan lebih lanjut dengan nama Yusuf, meskipun kisah Yesus dalam Bait Allah, di tahun ke-12 Yesus, termasuk referensi untuk "kedua orangtuanya". 

Matius mencatat empat mimpi di mana Yusuf supranatural diinstruksikan sebelumnya, dan setelah itu, kelahiran dan tahun-tahun awal Yesus. Dalam mimpi pertama, malaikat menegaskan kepada Yusuf bahwa Maria adalah dengan anak, dikandung oleh Roh Kudus, bahwa dia akan melahirkan seorang putra yang diberi nama Yesus, Siapa yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka, dan Yusuf harus, karena itu, tidak akan enggan untuk menikahinya. Dalam mimpi kedua, malaikat memberitahu Yusuf untuk membawa Maria dan Yesus ke Mesir (dari Betlehem) dan tetap sampai malaikat menginstruksikan lanjut, karena Herodes berusaha untuk membunuh Yesus. Dalam mimpi ketiga Yusuf, malaikat menginstruksikan Yusuf untuk kembali keluarganya ke Israel, yang menyiratkan bahwa Herodes sudah mati. Namun, Yusuf mendengar bahwa putra Herodes Arkhelaus memerintah di Yudea, dan dia takut untuk melanjutkan perjalanan. Dalam mimpi keempat, Allah sendiri memperingatkan Yusuf untuk menghindari kembali ke Yudea (Betlehem). Yusuf kemudian mengendap Maria dan Yesus di wilayah Galilea di Nazareth.


Yesus diidentifikasi dalam Injil Matius 13:55 sebagai putra seorang τέκτων (tekton) dan Injil Markus 6:3 menyatakan bahwa Yesus adalah seorang tekton sendiri tekton tradisional telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "tukang kayu"., tetapi kata yang agak umum (dari akar yang sama yang memberi kita "teknis" dan "teknologi") yang dapat menutup pembuat benda dalam berbagai bahan, bahkan pembangun.  Tetapi hubungan khusus dengan tukang kayu adalah konstan dalam Kristen awal tradisi; Justin Martyr (w. ca. 165) menulis bahwa Yesus membuat kuk dan bajak , dan ada referensi awal yang sama.

John Dominic Crossan menempatkan tekton ke dalam konteks historis yang lebih menyerupai seorang pekerja keliling dari satu tukang didirikan, menekankan marginalitas dalam populasi di mana seorang petani yang memiliki tanah bisa menjadi sangat makmur. Sarjana lain berpendapat bahwa tekton sama bisa berarti seorang pengrajin yang sangat terampil dalam kayu atau logam lebih bergengsi, mungkin menyelenggarakan workshop dengan beberapa karyawan, dan mencatat sumber merekam kekurangan pengrajin terampil pada saat itu.  Geza Vermes menyatakan bahwa istilah 'tukang kayu' dan 'anak seorang tukang kayu yang digunakan dalam Yahudi Talmud untuk menandakan orang yang sangat terpelajar, dan ia menunjukkan bahwa deskripsi Yusuf sebagai 'naggar' (tukang kayu) bisa menunjukkan bahwa ia dianggap bijaksana dan sangat melek dalam Taurat.


File: Georges de La Tour. St Joseph, yang Carpenter.JPG
St Yusuf Tukang Kayu, karya Georges de La Tour, 1640-an

Pada saat Yusuf, Nazaret adalah sebuah desa terpencil di Galilea , sekitar 65 km dari Kota Suci Yerusalem , yang hampir tidak disebutkan dalam hidup non-Kristen teks dan dokumen. Arkeologi atas sebagian besar situs dibuat tidak mungkin oleh bangunan berikutnya, tapi dari apa yang telah digali dan makam di daerah sekitar desa, diperkirakan bahwa penduduk adalah paling banyak sekitar 400. Itu, bagaimanapun, hanya sekitar 6 kilometer dari kota Tzippori (kuno "Sepforis"), yang dihancurkan oleh Romawi pada tahun 4 BC, dan setelah itu mahal dibangun kembali. Analisis lanskap dan bukti lain menunjukkan bahwa dalam hidup Yusuf Nazareth adalah "berorientasi" kota terdekat, yang memiliki penduduk sangat Yahudi meskipun dengan banyak tanda Helenisasi,  dan sejarawan telah berspekulasi bahwa Yusuf dan kemudian Yesus juga mungkin telah bepergian setiap hari untuk bekerja pada pembangunan kembali. Khususnya teater besar di kota ini telah disarankan, meskipun hal ini telah menimbulkan banyak kontroversi atas kencan dan isu-isu lainnya. Sarjana lain melihat Yusuf dan Yesus sebagai pengrajin desa secara umum, bekerja di kayu, batu dan logam pada berbagai pekerjaan.

Terakhir kali Yusuf muncul secara pribadi dalam Injil apapun adalah kisah Paskah kunjungan ke Bait Allah di Yerusalem ketika Yesus adalah 12 tahun, ditemukan hanya dalam Lukas. Seperti kisah masa cerita didaktis, menekankan kesadaran Yesus misinya datang: di sini Yesus berbicara kepada orang tuanya (keduanya) dari "ayah saya," yang berarti Tuhan, tetapi mereka gagal untuk memahami (. Lukas 2:41 - 51 ).

Tak satu pun dari Injil menyebutkan Yusuf sebagai hadir pada setiap acara selama pelayanan Yesus dewasa '. The Injil sinoptik , bagaimanapun, berbagi adegan di mana orang-orang Nazaret , Yesus 'kampung, meragukan Yesus' status sebagai seorang nabi karena mereka tahu keluarganya. Dalam Markus 6:3, yang mereka sebut "anak Maria" Yesus bukannya penamaan ayahnya. Dalam Matius , panggilan warga kota Yesus "anak tukang kayu," lagi tanpa penamaan ayahnya, dan sekali lagi ia memiliki saudara bernama Yakobus, Yoses, Simon dan Yudas ( Matius 13:53-58 ). Dalam Lukas 3:23 "Dan Yesus sendiri mulai menjadi sekitar tiga puluh tahun, yang (seperti yang seharusnya) anak Yusuf, yang [anak] Heli," dan Lukas tidak menyebutkan saudara laki-laki ( Lukas 4 :16-30 ). Dalam Lukas nada positif, sedangkan dalam Markus dan Matius itu meremehkan. Insiden ini tidak muncul sama sekali dalam Yohanes, namun dalam cerita paralel Yahudi kafir mengacu pada "Yesus anak Yusuf, yang ibu bapa kita tahu "( Yohanes 6:41-51 ).


Selama Yesus berkarya Yusuf telah meninggal ?

Yusuf tidak disebutkan hadir di pernikahan di Kana pada awal misi Yesus, atau pada kisah akhir hidup Yesus. Jika ia telah hadir di Penyaliban, dia menurut hukum adat Yahudi wajib untuk mengambil jenasah Yesus, tetapi peran ini bukan dilakukan oleh Yusuf dari Arimatea. Juga akan Yesus memiliki ibu mempercayakan kepada perawatan Yohanes itu suaminya masih hidup. 

Yusuf dihormati sebagai santo di Katolik, Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, Anglikan, dan Lutheran agama. Dalam tradisi Katolik dan lainnya, Yusuf adalah santo pelindung para pekerja dan memiliki beberapa hari raya . Dia juga dinyatakan sebagai santo pelindung dan pelindung Gereja Katolik oleh Paus Pius IX pada tahun 1870, dan merupakan pelindung beberapa negara dan wilayah. Dengan pertumbuhan Mariologi , bidang teologis Josephology juga telah berkembang dan sejak 1950-an untuk mempelajari pusat itu telah terbentuk. 


Yesus memilik saudara ?
Injil kanonik menciptakan masalah: mereka menyatakan dengan jelas bahwa Maria adalah perawan ketika ia mengandung Yesus, dan bahwa Yusuf bukan ayahnya, namun ayah Yusuf adalah penting untuk membangun keturunan Daud Yesus, dan ia dan Maria adalah suami begitu banyak dan istri bahwa perceraian hanya bisa membubarkan serikat mereka (Matius 1:19).  Situasi teologis rumit oleh referensi Injil Yesus '"saudara-saudara" (diulang dalam Paulus, di mana James disebut "saudara Kristus") , dan oleh kenyataan bahwa ia digambarkan jelas oleh Injil Yohanes dan Markus sebagai "anak Yusuf" dan "anak tukang kayu."  Dari abad ke-2 kepada penulis 5th mencoba untuk menjelaskan bagaimana Yesus dapat sekaligus menjadi anak "Allah "serta" anak Yusuf ". 

Posisi modern pada pertanyaan tentang hubungan antara Yusuf dan Maria Perawan bervariasi. The Gereja Ortodoks Timur , yang nama istri pertama Yusuf sebagai Salome, menyatakan bahwa Yusuf adalah seorang duda dan hanya bertunangan, tetapi tidak pernah menikah, dengan Maria, dan bahwa referensi untuk Yesus '"saudara" adalah untuk anak-anak Yusuf dan Salome. Posisi Gereja Katolik , berasal dari tulisan Saint Jerome , adalah bahwa Yusuf adalah suami Maria, tetapi referensi untuk Yesus '"saudara-saudara" harus dipahami sebagai sepupu atau langkah-saudara. Dalam kedua kasus, doktrin gereja dari Keperawanan Abadi berarti bahwa Yusuf dan Maria tidak pernah memiliki hubungan seksual. Gereja-gereja Protestan, mengikuti prinsip Lahir Virgin (perawan) tapi tidak dari Keperawanan Abadi, tidak memegang pandangan yang kuat pada subjek. 


Kisah Yesus dan Yusuf dalam tulisan apokrif

File: Sir John Everett Millais 002.jpg
Lukisan Christ in the House of his Parents, karya John Everett Millais

Yang pertama untuk menawarkan solusi adalah apokrif Protoevangelium Yakobus , yang ditulis sekitar 150 AD. Injil asli tidak pernah mengacu pada usia Yusuf, namun James menyajikan dia sebagai seorang pria tua yang dipilih oleh banyak (yaitu, oleh Allah) untuk mengawasi Perawan. Saudara Yesus disajikan sebagai anak Yusuf oleh pernikahan sebelumnya, dan bertahun-tahun dan kebenaran menjelaskan mengapa ia belum pernah berhubungan seks dengan istrinya: "Saya menerima dia dengan banyak sebagai istri saya, dan dia belum istri saya, tapi dia telah dikandung oleh Roh Kudus ". 

Protoevangelium itu sangat populer, tetapi membuka kemungkinan bahwa Yusuf mungkin memiliki hubungan dengan Maria setelah kelahiran Yesus ("dia belum istri saya ..."). Beberapa abad kemudian mengembangkan doktrin bahwa Maria adalah seorang perawan tidak hanya pada saat konsepsi dan kelahiran Kristus, namun sepanjang hidupnya, berarti bahwa kemungkinan ini harus dikeluarkan. The apokrif Sejarah Yusuf Carpenter , yang ditulis pada abad ke-5 dan dibingkai sebagai biografi Yusuf didikte oleh Yesus, menjelaskan bagaimana Yusuf, berusia 90 (Protoevangelium itu tidak diberikan Joseph usia tertentu), seorang duda dengan empat anak laki-laki dan dua anak perempuan , diberikan jawab atas dua belas tahun Maria, yang kemudian tinggal di rumahnya mengangkat bungsu anaknya Yakobus (penulis seharusnya Protoevengelium) sampai dia siap untuk menikah pada usia 14 ½. Kematian Yusuf pada usia 111, dihadiri oleh malaikat dan menegaskan keperawanan abadi Maria , membutuhkan sekitar setengah cerita. 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Saint_Joseph, 22 Desember 2012, 04:30 UTC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...