Minggu, 02 Juni 2013

Komuni, Hadirnya Tubuh dan Darah Kristus Dalam Hidup Anda.


Komuni (dalam bahasa Inggris: communion, dari bahasa Latin: communio yang berarti "berbagi bersama") dalam kekristenan memiliki beberapa makna.  Istilah ini dapat merujuk kepada :

  1. Komuni (Kristen), hubungan antara kaum Kristen sebagai individu maupun Gereja.
  2. Sebuah kelompok dari gereja-gereja atau denominasi Kristen yang saling berhubungan.
  3. Perayaan Ekaristi (Katolik) atau Perjamuan Kudus (Protestan). Sebuah peringatan (ritus) yang dilaksanakan seluruh kaum Kristiani untuk memenuhi perintah Yesus dalam Perjamuan Malam Terakhir untuk diperbuat sebagai peringatan akan Dia.
  4. Komuni Penuh, sebuah istilah eklesiologi Kristen untuk menggambarkan hubungan-hubungan antara dua komunitas atau Gereja Kristen yang berbeda, sambil memelihara beberapa keterpisahan identitas, mengakui satu sama lain bahwa masing-masing mengambil bagian dalam komuni (persekutuan) yang sama dan doktrin-doktrin esensial yang sama.



Komuni dalam Gereja Katolik.


Istilah komuni dalam Gereja Katolik secara umum memiliki makna :
  1. Upacara Komuni dalam Misa, bagian dari perayaan Ekaristi, di mana roti dan anggur yang telah dikonsekrasi kemudian dibagikan kepada umat yang beriman.
  2. Komuni Kudus dalam umat Katolik adalah roti dan anggur yang telah dikonsekrasi dan dibagikan dalam misa. Dengan demikian, menerima roti/anggur tersebut biasanya disebut "menerima komuni" atau "menyambut komuni" kudus. Istilah "komuni kudus" ini seringkali hanya disingkat sebagai "komuni" saja.
  3. Komuni Pertama adalah istilah untuk penerimaan komuni (roti dan anggur yang telah dikonsekrasi)pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara Katolik. Menurut peraturan Gereja, Komuni Pertama untuk anak-anak hanya boleh diterima oleh anak-anak yang sudah dibaptis dan dipersiapkan untuk menyambut (menerima) komuni kudus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda perlu baca juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...